Letak Geografis Kamboja, Astronomis, dan Geologisnya

Kawasan Asia Tenggara memang memiliki banyak negara dengan karakteristiknya masing-masing, tak terkecuali dengan negara Kamboja. Kondisi alam di negara ini tidak lepas dari letak geografis Kamboja, astronomis, dan geologisnya.

Negara yang berbentuk monarki konstitusional dan dipimpin oleh seorang raja ini memiliki karakter fisik, sosial, dan budaya yang cukup berbeda dari negara-negara Asia Tenggara lainnya. Untuk mengetahui letak geografis dan astronomis Kamboja, berikut ulasan selengkapnya:

Letak Astronomis Kamboja

Kamboja atau yang dikenal juga dengan sebutan Kampuchea ini merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang berada di kawasan Asia Tenggara. Tidak jauh berbeda dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya, letak Kamboja berada pada titik garis lintang dan garis bujur yang berdekatan.

Secara astronomis, letak garis bujur dan garis lintang Negara Kamboja mempengaruhi kondisi iklim di negara ini. Kamboja berada pada garis 10° LU (Lintang Utara) sampai dengan 14°LU (Lintang Utara) dan 104° BT (Bujur Timur) sampai dengan 108° BT (Bujur Timur).

Baca Juga : Letak Astronomis Negara Laos

Letak Geologis Negara Kamboja

Kondisi alam yang ada di Kamboja juga dipengaruhi letak geologisnya. Secara geologis, negara ini berada pada lempeng Eurasia yang menghubungkan antara benua Eropa dengan Asia.

Negara ini memiliki deretan pegunungan yang memiliki ketinggian kisaran 700 sampai 900 meter yang mengelilinginya. Pada bagian utara wilayah Kamboja terdapat pegunungan Dong Rek, sedangkan pada bagian barat terdapat pegunungan Cardamon.

Tidak hanya pegunungan saja, negara yang beribukotakan di Phnom Penh ini juga memiliki gunung dengan ketinggian kurang lebih 1.771 mdpl yaitu Gunung Phnum Aoral. Sementara itu, di bagian timur negara ini terdapat beberapa plato antara lain plato Ratanikiri dan plato Mondol.

Baca Juga : Letak Astronomis Myanmar, Geografis dan Keadaan Alamnya

Letak Geografis Kamboja

Apabila Anda melihat negara ini melalui peta, letak geografis Kamboja memang berbatasan langsung dengan beberapa daratan wilayah negara Asia Tenggara lainnya. Negara yang terletak di kawasan Indocina ini memiliki luas wilayah sekitar 181.035 km2.

Sebagian besar wilayah Kamboja merupakan daratan dan hanya sekitar 2% saja merupakan wilayah perairan. Hal inilah yang membuat kenampakan alam negara Kampuchea ini bisa dikatakan unik karena bentuknya menyerupai sebuah piring.

  • Wilayah Kamboja sebelah timur berbatasan langsung dengan wilayah Negara Vietnam.
  • Wilayah Kamboja sebelah barat berbatasan langsung dengan wilayah Negara Thailand.
  • Wilayah Kamboja sebelah utara berbatasan langsung dengan wilayah Negara Thailand dan Laos.
  • Wilayah Kamboja sebelah selatan berbatasan langsung dengan perairan Teluk Siam atau teluk Thailand.

Dengan letak geografis Kamboja yang seperti ini, negara ini memiliki beberapa potensi alam yang menguntungkan. Berikut ini beberapa keuntungan yang dipengaruhi oleh letak geografis negara Kamboja:

1.   Keanekaragaman Hayati

Meski tidak sekaya negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya, keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Kamboja tidak kalah banyak. Dengan wilayah negara yang tidak terlalu luas, varietas flora dan fauna di negara Kamboja cukup beragam.

Hal ini tentunya dipengaruhi oleh bentang alam di Kamboja seperti barisan pegunungan dan perbukitan yang menjadi habitat asli berbagai macam flora dan fauna. Selain itu, Kamboja juga memiliki dataran besar Tonle Sap yang menjadi habitat berbagai macam ikan air tawar.

2.   Hasil Pertanian yang Melimpah

Berdasarkan letak geografis Kamboja dan astronomisnya, negara ini berada di kawasan iklim tropis sehingga memiliki tanah yang subur. Karena kesuburan tanahnya, hasil pertanian di negara ini cukup melimpah bahkan menjadi komoditas ekspor utama.

3.   Hasil Hutan

Tidak hanya hasil pertanian yang melimpah, Kamboja juga memiliki potensi alam berupa hasil hutan yang cukup banyak. Hal ini tentunya didukung dengan kondisi alam Kamboja yang sebagian besar merupakan daratan yang ditutupi hutan.

Ada berbagai macam hutan yang terdapat di negara Kamboja antara lain hutan bambu, hutan cemara, hutan semi-hijau, hutan bakau, hutan gugur, dan hutan rawa. Hasil hutan Kamboja ini sangat potensial untuk mendukung perekonomian negara ini.

4.   Sumber Daya Mineral

Meski tidak sebanyak negara lainnya, Kamboja juga memiliki beberapa sumber daya mineral yang cukup penting seperti bijih besi, emas, batu mulia, mangan, dan batu bara.

Penjelasan mengenai letak geografis Kamboja beserta astronomis dan geologisnya dapat Anda jadikan sebagai tambahan wawasan dan referensi. Kamboja juga menjadi destinasi wisata yang potensial, salah satunya Angkor Wat yang merupakan candi terbesar di dunia.

Artikel Terkait :

Letak Astronomis Brunei Darussalam Serta Memahami Kondisi Geologisnya
Letak Astronomis Vietnam serta Keuntungannya
Letak Astronomis Filipina, Geologis, dan Geografisnya
Letak Astronomis Malaysia, Geografis, dan Pengaruhnya
Letak Astronomis Thailand, Geografis, dan Pengaruhnya

Leave a Comment