Letak Astronomis Negara Laos dan Sumber Daya Alamnya

Setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk letak negara itu sendiri. Begitu juga negara-negara di Asia Tenggara, seperti Laos. Letak astronomis Laos juga menyebabkan iklim dan keadaan alam yang berbeda.

Meski berada dalam satu kawasan Asia Tenggara, Laos memiliki banyak perbedaan dengan negara lainnya. Berikut penjelasan lengkap mengenai negara Laos sesuai dengan letak geografis, letak astronomis, dan geologisnya:

Letak Astronomis Laos

Anda bisa mengetahui lokasi suatu negara dengan tepat melalui letak astronomisnya, yakni garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis khayal yang berguna untuk menentukan lokasi di bumi, sementara garis bujur merupakan garis khayal yang ditarik dari kutub utara sampai kutub selatan.

Secara keseluruhan, letak astronomis negara ASEAN berada di 28° LU-11°LS dan 93° BT-141° BT. Berikut letak astronomis Laos:

  1. Menurut letak garis lintangnya, Laos berada di titik 14° LU – 22° LU.
  2. Menurut letak garis bujurnya, Laos ada di titik 100° BT – 107° BT.

Letak astronomis Laos ini mempengaruhi berbagai hal, seperti iklim sampai pembagian waktu.

1.     Iklim

Letak negara-negara di ASEAN sangat dekat dengan garis khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis, termasuk Laos.

Sepanjang tahun, wilayah Asia Tenggara berada di garis lintang rendah (khatulistiwa) yang membuat intensitas mataharinya tinggi. Laos merupakan negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

2.     Kelembaban Udara

Kebanyakan negara ASEAN mempunyai kelembaban udara yang tinggi. Hal ini karena adanya curah hujan dan penguapan yang tinggi sehingga kelembaban udara Laos juga tinggi.

3.     Pembagian Waktu

Selain iklim dan kelembaban udara, letak astronomis juga mempengaruhi pembagian waktu. Laos memiliki tiga pembagian waktu, yaitu GMT+7, GMT+8, dan GMT+9.

Baca Juga : Letak Astronomis Myanmar

Letak Geologis Laos

Secara geologis, setiap negara di Asia Tenggara berada di wilayah lempeng Eurasia termasuk Laos. Lempeng Eurasia merupakan lempeng yang menyatukan benua Eropa dengan benua Asia.

Wilayah Laos lebih banyak berisi hutan yang menutupi pegunungan dan perbukitan. Laos sendiri tak memiliki daerah perairan atau laut karena berada di tengah-tengah negara ASEAN.

Laos juga terkenal sebagai negara yang subur. Hal ini karena adanya lembah sungai yang cukup subur, yakni lembah Sungai Mekong.

Baca Juga : Letak Astronomis Brunei Darussalam

Letak Geografis Laos

Laos dikelilingi oleh beberapa negara, seperti Myanmar, Thailand, China, Kamboja, dan Vietnam. Berbagai gugusan pegunungan, sungai, plato, dan dataran tinggi memenuhi area geografis Laos sekitar 70%.

Letak geografis tersebut membuat potensi sumber daya alam Laos ada di bidang energi (hydropower), pertanian, pertambangan, perkebunan, dan pariwisata. Sayangnya, Laos memiliki kualitas SDM yang rendah, infrastruktur yang minim, dan birokrasi pemerintah yang lambat.

Baca Juga : Letak Astronomis Vietnam

Sumber Daya Alam Laos

Meski termasuk negara yang tak memiliki laut, Laos memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Hal ini karena sumber daya alam Laos yang kaya.

Laos memiliki sumber daya alam yang beragam dan berpotensi bagus untuk negaranya. Tak tanggung-tanggung, salah satu sumber daya alamnya menjadi penyumbang pendapatan terbesar.

Berikut beberapa keuntungan yang Laos berdasarkan letak geografisnya.

1.     Hasil Pertanian

Hasil pertanian Laos terkenal sangat baik. Hal ini karena letak geografisnya yang terdiri dari wilayah pegunungan dan perbukitan membuat tanahnya subur.

Tak heran pertanian menjadi andalan bagi negara tersebut. Bahkan bertani menjadi salah satu pekerjaan yang menyerap banyak tenaga kerja. Kegiatan bertani biasanya dilakukan di dekat lembah sungai Mekong atau dataran rendah.

Umumnya, para petani menanam padi, jagung, buah-buahan, hingga kopi. Namun, hasil pertanian Laos yang utama adalah padi. Biasanya, penduduk memanfaatkannya untuk makanan pokok di rumah.

2.     Hasil hutan melimpah

Sekitar 55% wilayah Laos terdiri dari hutan. Jenis hutan yang dimiliki Laos termasuk hutan hujan tropis seperti Indonesia dan Malaysia.

Tempat yang paling banyak ditutupi oleh hutan adalah pegunungan dan perbukitan. Beberapa jenis pohon yang banyak ditemui adalah pohon kayu merah, kayu jati, dan kayu besi.

Hasil hutan yang melimpah tersebut bukan hanya digunakan untuk kepentingan dalam negeri, namun juga diekspor untuk menambah penghasilan negara.

3.     Pertambangan

Salah satu sumber daya alam Laos adalah pertambangan. Terdapat tiga komoditas mineral utama yang banyak diminati oleh para investor, mulai dari tembaga, emas, dan batu bara. Selain itu, Laos juga memiliki hasil tambang lainnya, seperti timah dan perak.

Kini, Anda sudah mengetahui letak astronomis Laos hingga letak geologisnya. Hal tersebut menghasilkan sumber daya alam yang beragam yang bermanfaat untuk negara dan penduduknya.

Artikel Terkait :

Letak Astronomis Filipina
Letak Astronomis Malaysia
Letak Astronomis Thailand

Leave a Comment