Letak Astronomis Amerika Serikat, Geologis, dan Geografisnya

Sebagai salah satu negara adidaya, Amerika Serikat memang memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia. Negara ini juga menjadi incaran wisatawan mancanegara karena menyimpan potensi wisata yang menarik. Namun, tahukah Anda mengenai letak astronomis Amerika Serikat?

Tahukah Anda bagaimana kondisi geografis dari negara adikuasa ini? Untuk mengenal lebih jauh tentang letak astronomis, geografis, dan geologis negara Amerika Serikat, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

Letak Astronomis Amerika Serikat

Setelah hancurnya Uni Soviet, Amerika Serikat memang dikenal sebagai negara adikuasa di seluruh dunia. Negara yang dikenal dengan sebutan Negeri Paman Sam ini memiliki kekuatan yang sudah perlu diragukan lagi baik dari segi politik, ekonomi, dan industri hiburan.

Letak astronomis Amerika Serikat berada di 24° LU (Lintang Utara) sampai dengan 49° LU (Lintang Utara) dan 30° BB (Bujur Barat) sampai dengan 66° BB (Bujur Barat). Negeri Paman Sam ini memiliki luas mencapai 9,3 juta km2 dengan sistem pemerintahan berupa Republik Federal.

Letak Geologis Amerika Serikat

Sesuai dengan letak astronomisnya, negara Amerika Serikat memiliki beberapa iklim yang berbeda-beda. Pada bagian selatan, Amerika Selatan memiliki iklim tropis. Sementara itu, Amerika Serikat bagian utara memiliki iklim dingin dan Amerika bagian tengah memiliki iklim sedang.

Adanya perbedaan iklim ini dipengaruhi oleh letak geologis Amerika Serikat. Berikut ini merupakan kondisi geologis kawasan Amerika Serikat:

  • Wilayah Amerika di bagian barat merupakan wilayah pantai yang cukup sempit, karena berbatasan langsung dengan perairan Samudra Pasifik.
  • Wilayah Amerika Serikat di bagian timur merupakan dataran pantai Barat yang membentang. Selain pantai, bagian timur Amerika Serikat juga terdapat Pegunungan Rocky yang tinggi sehingga cukup menghalangi pergerakan angin dari Samudra Pasifik.
  • Bagian timur Amerika Serikat dari kompleks Pegunungan Rocky merupakan wilayah dataran yang luas berupa great plain dan central plain, serta mengalir Sungai Mississippi.
  • Di sebelah timurnya lagi, terdapat Pegunungan Alleghany dan Appalachia yang memiliki ketinggian cukup rendah.
  • Di bagian ujung timur dari wilayah Amerika Serikat merupakan dataran Pantai Atlantik yang tanahnya cukup subur sehingga daerah ini memiliki jumlah penduduk yang sangat padat.
  • Amerika Serikat memiliki daratan terendah yaitu Death Valley dengan suhu terpanas yang pernah terjadi pada tanggal 10 Juli 1913 yaitu 56° Celsius.
  • Amerika Serikat memiliki Danau Crater yang menjadi danau paling dalam dengan kedalaman 589 meter. Danau yang terletak di Oregon (Amerika Serikat) ini merupakan hasil dari salju yang mencair dan curah hujan yang mengisi kawah gunung api Mazama.

Letak Geografis Amerika Serikat dan Keuntungannya

Jauh sebelum Indonesia merdeka, Amerika Serikat sudah lebih dulu merdeka tepatnya pada tanggal 4 Juli 1776. Negara adikuasa ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kenegaraannya, Berikut ini merupakan letak geografis negara Amerika Serikat:

  • Wilayah Amerika Serikat bagian utara berbatasan langsung dengan wilayah Negara Kanada.
  • Wilayah Amerika Serikat bagian selatan berbatasan langsung dengan Negara Meksiko dan Teluk Meksiko.
  • Wilayah Amerika Serikat bagian timur berbatasan langsung dengan perairan Samudra Atlantik.
  • Wilayah Amerika Serikat bagian barat berbatasan langsung dengan perairan Samudra Pasifik.

Berdasarkan letak geografisnya, ada beberapa keuntungan yang dimiliki oleh negara adidaya satu ini. Berikut ini beberapa keuntungan dari letak geografis Amerika Serikat:

1.   Sumber Daya Alam Melimpah

Berdasarkan letak geografis dan astronomisnya, negara Amerika Serikat memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Sumber daya alam ini dikelola dan dikembangkan secara maksimal untuk kepentingan industri.

Beberapa sumber daya alam yang dimiliki oleh Amerika Serikat antara lain batu bara, tembaga, uranium, minyak bumi, dan gas alam.

2.   Keanekaragaman Hayati

Letak astronomis Amerika Serikat juga mempengaruhi keragaman hayati yang dimiliki seperti persebaran flora dan fauna. Negara ini memiliki setidaknya 17 ribu spesies tumbuhan berpembuluh dan lebih dari 1.800 jenis tumbuhan berbunga.

Untuk faunanya sendiri, Amerika Serikat memiliki setidaknya 400 mamalia, 500 reptil, 750 burung, 91.000 spesies serangga, dan spesies amfibi. Negara ini juga memiliki kenampakan alam yang beragam seperti hutan hujan tropis, tundra, dan gurun.

3.   Potensi Pariwisata

Negeri Paman Sam ini dikenal sebagai destinasi wisata yang terkenal di seluruh dunia, terutama wisata alamnya. Deretan pegunungan yang menjadi incaran para wisatawan antara lain pemandangan di kawasan Florida, California, Grand Canyon, dan masih banyak lagi.

Letak astronomis Amerika Serikat memang menjadi salah satu alasan mengapa negara ini memiliki potensi alam yang sangat beragam. Sebagai negara adikuasa yang sudah terkenal di seluruh dunia, Amerika Serikat sangat maju dalam bidang industri, politik, ekonomi, dan bidang lainnya.

Baca Juga : Letak Astronomis Jepang dan Kondisi Geografisnya

Leave a Comment