Letak Astronomis Jepang dan Kondisi Geografisnya

Ketika berbincang mengenai Jepang, hal pertama yang mungkin muncul di benak Anda adalah potensi alam yang menarik. Maka tidak mengherankan jika Jepang menjadi destinasi wisata masyarakat dunia. Potensi alam ini tentunya tidak lepas dari kondisi geografis dan letak astronomis Jepang.

Negara yang mendapat julukan sebagai Negeri Sakura ini berada di pertemuan lempengan kerak bumi yang membuatnya sering mengalami gempa bumi, bahkan tsunami. Untuk mengetahui letak astronomis dan geografis negara Jepang, berikut ini ulasan selengkapnya:

Letak Astronomis Jepang

Jepang merupakan salah satu negara di kawasan Asia Timur yang dilewati rangkaian jalur gunung api Asia Pasifik yang masih aktif, maka tidak mengherankan jika sering terjadi gempa. Berikut ini merupakan letak astronomis Jepang dilihat dari garis khayal yang terbentang di atasnya:

  • Dilihat dari garis khayal yang melintang dari utara menuju ke selatan, Jepang terletak di 30° LU (Lintang Utara) – 47° LS (Lintang Selatan).
  • Dilihat dari garis khayal yang membujur dari barat menuju ke timur, Jepang terletak di 128° BT (Bujur Timur) – 146° BT (Bujur Timur).

Letak Geografis Jepang dan Keuntungannya

Jepang merupakan negara yang terletak di kawasan benua Eurasia paling timur. Negeri Sakura ini mempunyai luas wilayah sekitar 376.520 km2 dengan batas laut yang relatif luas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mata pencaharian penduduk Jepang sekaligus pertahanan negara.

Jepang mempunyai karakteristik wilayah yang hampir sama seperti Indonesia berupa pulau besar serta pulau kecil. Pulau-pulau besar yang terdapat di wilayah negara Jepang antara lain Hokkaidou, Shikoku, Kyushu, dan Honshu, serta beberapa kepulauan seperti Ogasawara, Nansei, dan Izu.

Sebagian besar wilayah Jepang berupa gunung dan hutan, sehingga mayoritas masyarakatnya terkonsentrasi di dataran tinggi dan sebagian lagi di daerah pantai. Meski berada di lempeng yang berbahaya, letak geografis Jepang memberi keuntungan dalam bidang pertanian dan perikanan.

Dilihat dari letaknya secara geografis, sebelah barat wilayah Jepang berbatasan langsung dengan perairan Selat Korea dan Laut Jepang dan sebelah timur berbatasan langsung dengan perairan Samudra Pasifik.

Sementara itu, untuk wilayah Jepang di sebelah utara berbatasan langsung dengan perairan Laut Okhstock dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan perairan Laut Cina Timur dan perairan Laut Filipina.

Letak geografis Jepang inilah yang membuat negara ini mempunyai bentang alam yang indah dengan berbagai keragaman budaya yang menarik. Keuntungan yang dimiliki negara Jepang berdasarkan letak dan kondisi geografisnya antara lain sebagai berikut ini:

1.   Mempunyai 4 Macam Musim

Sesuai dengan letak astronomis Jepang, negara ini mempunyai 4 macam musim dalam setahun yaitu semi, gugur, salju, dan panas. Masing-masing daerah di negara ini juga memiliki rentang musim yang berbeda-beda, sehingga ada daerah yang mengalami musim panas lebih lama atau sebaliknya.

Karena bentuk negara Jepang yang memanjang dari utara ke selatan, negara ini memiliki perbedaan iklim yang relatif besar. Bila bagian utara pulau Hokkaidou merupakan daerah dingin, maka pulau Okinawa yang berada di sebelah selatan memiliki daerah yang beriklim tropis.

Tidak hanya itu saja, meski sama-sama berada di kawasan pulau Honshuu, cuaca di sisi perairan Laut Jepang dengan Samudra Pasifik juga sudah jauh berbeda. Karena alasan inilah, Jepang memiliki budaya, bentang alam, dan makanan khas yang sangat beragam.

2.   Memiliki Budaya yang Sangat Beragam

Selain mempunyai 4 macam musim, keuntungan lain dari kondisi geografis dan letak astronomis negara Jepang yaitu kebudayaan yang sangat beragam. Beberapa kebudayaan Jepang antara lain kabuki, origami, kimono, budaya minum ocha (teh), ikebana, geisha, Harajuku, dan lain sebagainya.

Meski perkembangan iptek di negara ini sangat maju dan canggih, masyarakat Jepang masih menjunjung tinggi kelestarian budaya asli mereka. Wilayah Jepang juga dibagi menjadi beberapa prefektur di mana setiap daerah mempunyai budaya yang menjadi ciri khasnya masing-masing.

3.   Perekonomian yang Maju

Dengan kondisi geografis Jepang, negara ini memiliki perekonomian yang maju terutama dalam bidang pertanian dan pertambangan. Negara ini juga memiliki daerah perairan yang cukup luas dengan jumlah ikan yang melimpah.

Hal inilah yang membuat sebagian besar masyarakat Jepang bermata pencaharian sebagai nelayan. Selain itu, Jepang juga menganut sistem perekonomian bebas (liberal), sehingga menunjang produksi beberapa barang elektronik terutama untuk kepentingan ekspor.

Penjelasan tentang letak astronomis Jepang di atas bisa dijadikan sebagai referensi dan tambahan ilmu bagi Anda. Dengan kondisi geografis dan bentang alam yang indah, Jepang menjadi salah satu negara maju dalam bidang ekonomi dan iptek sekaligus destinasi wisata masyarakat dunia.

Leave a Comment