Letak Astronomis Thailand, Geografis, dan Pengaruhnya

Thailand merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang banyak dikunjungi masyarakat dunia untuk berlibur, melanjutkan studi, atau perjalanan bisnis. Dilihat dari letak astronomis Thailand, Thailand memiliki kondisi geografis yang hampir mirip dengan Indonesia.

Thailand juga dikenal sebagai wilayah Buddhis, karena negara ini memiliki beberapa kerajaan seperti Sukhothai, Lan Chang, dan Lanna. Agar Anda makin paham dengan letak astronomis dan geografis Negara Thailand, berikut ulasan selengkapnya:

Letak Astronomis Thailand

Sama seperti Indonesia, Thailand juga menjadi salah satu negara yang terletak di lokasi yang strategis. Negara yang mendapat julukan Negeri Gajah Putih ini terletak di 5° LU (Lintang Utara) sampai dengan 21° LU (Lintang Utara) dan 97° BT (Bujur Timur) sampai dengan 106° BT (Bujur Timur).

Negara ini menggunakan bahasa sehari-hari yaitu bahasa Thai. Selain itu, beberapa daerah juga sering menggunakan bahasa lain seperti bahasa Inggris dan China. Sesuai dengan letaknya secara astronomis, Thailand memiliki 2 iklim yaitu tropis dan subtropis, serta 3 musim yaitu panas, hujan, dan dingin.

Untuk wilayah Thailand sebelah utara memiliki cuaca yang lebih dingin dibandingkan wilayah Thailand sebelah selatan. Pada bulan Mei-November biasanya akan mengalami musim penghujan di wilayah pedalaman, musim panas pada bulan Maret-Mei, dan musim dingin pada bulan November-Mei.

Letak Geografis Thailand

Thailand memiliki luas daratan sekitar 510.890 km2 dan luas perairan sekitar 2.230 km2 yang memanjang hingga ke semenanjung Malaysia. Karena tergolong luas, negara ini masuk dalam urutan ke-52 sebagai negara yang besar di dunia.

Berikut ini merupakan letak geografis Negara Thailand berdasarkan batas-batas wilayahnya:

  • Wilayah Thailand bagian utara berbatasan langsung dengan wilayah Negara Laos dan Myanmar.
  • Wilayah Thailand bagian selatan berbatasan dengan perairan Teluk Thailand dan Malaysia.
  • Wilayah Thailand bagian timur berbatasan langsung dengan wilayah Negara Kamboja dan Laos.
  • Wilayah Thailand bagian barat berbatasan dengan perairan Laut Andaman dan ujung Myanmar.

Pengaruh Letak Astronomis dan Geografis Thailand

Berdasarkan letak astronomis Thailand dan letak geografisnya, Thailand memiliki potensi alam dan keanekaragaman hayati yang melimpah. Berikut ini beberapa pengaruh letak astronomis dan geografis Negara Thailand:

1.   Kondisi Alam

Sebagai salah satu negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis, kondisi alam di Thailand relatif bermacam-macam. Berikut ini keadaan alam Thailand di berbagai wilayah:

  • Bagian tengah Negara Thailand merupakan daerah dataran rendah yang subur dan terdapat sebuah sungai yang berfungsi sebagai irigasi yaitu Sungai Chao Phraya.
  • Bagian utara dan barat Negara Thailand didominasi dengan daerah pegunungan. Salah satu gunung yang berada di kawasan ini yaitu Gunung Doi Inthanon yang memiliki puncak paling tinggi sekitar 2.594 meter di atas permukaan laut.
  • Bagian timur negara Thailand merupakan daerah pegunungan plato atau pegunungan kapur.
  • Bagian selatan Negara Thailand terdapat perairan Semenanjung Melayu.

2.   Keanekaragaman Hayati

Thailand memiliki setidaknya 300 jenis mamalia yang tersebar di seluruh wilayahnya. Thailand memiliki lebih dari 900 spesies burung dan mengklaim bahwa negaranya merupakan negara dengan keanekaragaman burung terbesar di kawasan benua Asia.

Selain keragaman fauna, Thailand juga dikenal sebagai negara penghasil beras terbesar di kawasan Asia Tenggara. Maka tidak mengherankan apabila negara ini mendapat julukan Lumbung Padi Asia.

3.   Zona Waktu

Karena letaknya yang berdekatan dan sejajar dengan wilayah Negara Indonesia, zona waktu di Negara Thailand tidak memiliki perbedaan dengan zona waktu di Indonesia. Baik Thailand maupun Indonesia, keduanya memiliki zona waktu yang sama yaitu UTC +7.

Penjelasan mengenai letak geografis dan letak astronomis Thailand di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, iklim dan kondisi alam di Thailand memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia.

Artikel Terkait :

Letak Astronomis Australia, Geografis, dan Pengaruhnya
Letak Astronomis Amerika Serikat, Geologis, dan Geografisnya
Letak Astronomis Jepang dan Kondisi Geografisnya

Leave a Comment