Letak Astronomis Vietnam serta Keuntungannya

Sebelum membahas letak geologis, geografis dan letak astronomis vietnam, perlu Anda ketahui bahwa Vietnam ini berada di sebelah timur semenanjung Indocina, Asia Tenggara. Dahulu Vietnam telah dijajah oleh China dan kebudayaan yang ada di Vietnam pun bercampur dengan budaya China.

Selain itu, Vietnam juga pernah terbagi menjadi dua wilayah yang berbeda, yaitu wilayah Republik Demokratik Vietnam di bagian utara dan Republik Vietnam di bagian selatan. Akan tetapi pada tahun 1976, kedua wilayah ini kembali bersatu dan menjadi Republik Sosialis Vietnam.

Letak Astronomis Vietnam

Ibu kota Negara Vietnam adalah Hanoi dan memiliki luas sekitar 329.560 km2. Kemudian untuk letak astronomis negara Vietnam yaitu berada di garis lintang 8º LS dan 22º LS, sedangkan untuk garis bujurnya terletak di 104º BT dan 108 º BT.

Letak astronomis suatu wilayah tentu akan berakibat dengan iklim, ekonomi, dan perbedaan zona waktu di wilayah tersebut. Maka dari itu, setiap negara memiliki jumlah iklim dan zona waktu yang berbeda-beda, terutama untuk negara Vietnam.

Letak Geografis Negara Vietnam

Meskipun Vietnam merupakan negara yang tidak begitu besar, namun jumlah penduduk di sini juga cukup padat yaitu 80 juta orang. Bahkan dalam jumlah keseluruhan penduduk etnis Vietnam mencapai 85%. Kemudian untuk letak geografis vietnam, silahkan simak penjelasan berikut ini:

  • Pada bagian selatan Negara Vietnam berbatasan langsung dengan Laut China Selatan
  • Pada bagian utara Negara Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat China
  • Untuk bagian barat Vietnam berbatasan langsung dengan Negara Laos dan Negara Kamboja
  • Sedangkan untuk bagian timur Negara Vietnam berbatasan dengan Laut China Selatan dan Teluk Tonkin

Letak Geologis Vietnam

Selain letak astronomis Vietnam dan letak geografisnya, memahami letak geologis Negara Vietnam juga sangat penting. Pada bagian utara Negara Vietnam merupakan daerah pegunungan Tanah Tinggi Timur Tonkin, tingginya mencapai lebih dari 1.000 m.

Sementara itu, puncak tertinggi di Vietnam adalah Gunung Phan Xi Pang dengan ketinggian mencapai 3.143 m. Kemudian untuk wilayah utara Vietnam ini terdapat Delta Sungai Song Hong, awalnya sungai ini hanya berbentuk teluk kecil dari Teluk Tonkin.

Berikutnya bagian selatan Negara Vietnam, di wilayah ini terdapat Pegunungan Annam dengan puncak tertingginya yaitu unung Ngoc Linc dan Gunung Chu Sin Yang. Selain itu, di wilayah selatan ini juga didominasi oleh Sungai Mekong yang luasnya mencapai 40.000 km2.

Dikarenakan Sungai Mekong yang memiliki anak sungai sangat banyak dan membawa lumpur aluvial, hal ini membuat daratan di sekitarnya bertambah luas setiap tahunnya. Selain itu, masih ada beberapa sungai lagi di Vietnam seperti Sungai Merah, Sungai Songcaudan Sungai Songgam Songcay.

Keuntungan Letak Geografis Negara Vietnam

Letak geografis Negara Vietnam ternyata memberikan beberapa keuntungan. Keuntungan yang pertama, Vietnam memiliki sumber daya alam seperti minyak, gas bumi, batu-batuan, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu dapat menambah pendapatan negara Vietnam menjadi lebih baik.

Vietnam juga memiliki tanah yang subur, sehingga sektor pertanian di negara ini berkembang pesat dan mampu menghasilkan produk berkualitas. Selain itu, di Vietnam juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat beragam.

Dari penjelasan di atas, letak astronomis, geologis, dan geografis suatu negara atau wilayah, hal ini akan memberikan pengaruh besar terhadap wilayah tersebut. Seperti letak astronomis vietnam yang mampu memberikan berbagai macam keuntungan untuk negara tersebut.

Artikel Terkait :

Letak Astronomis Filipina, Geologis, dan Geografisnya
Letak Astronomis Malaysia, Geografis, dan Pengaruhnya
Letak Astronomis Thailand, Geografis, dan Pengaruhnya

Leave a Comment