Letak Astronomis Malaysia, Geografis, dan Pengaruhnya

Malaysia merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, tepatnya pulau Kalimantan. Dilihat dari letak astronomis Malaysia, negara yang mendapat julukan Negeri Jiran ini memang berdekatan dengan wilayah Indonesia.

Kenampakan alam Malaysia juga mirip dengan Indonesia yaitu pinggiran laut yang landai, hutan yang lebat, dan perbukitan. Untuk mengetahui letak astronomis dan kondisi geografis Negara Malaysia, mari simak ulasan berikut ini:

Letak Astronomis Malaysia

Letak Malaysia berada di kawasan lintang utara bumi, tepatnya pada bagian utara dari garis khatulistiwa. Dilihat dari peta, wilayah Malaysia terbagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh perairan Laut Cina Selatan.

Berdasarkan letak astronomis Malaysia berada pada 1° LU (Lintang Utara) sampai dengan 7° LU (Lintang Utara) dan 100°40’ BT (Bujur Timur) sampai dengan 104°02’ BT (Bujur Timur). Karena letaknya secara astronomis inilah, Malaysia memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata 27° Celsius.

Dengan iklim tropis, Malaysia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Untuk musim penghujan biasanya terjadi pada bulan November hingga Maret dengan curah hujan rata-rata 2.540 mm/tahun.

Sementara itu, untuk musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Juni hingga September. Karena letaknya yang cukup berjauhan dan terpisah oleh perairan Laut Cina Selatan, temperatur di wilayah Malaysia Barat lebih rendah jika dibandingkan dengan temperatur di wilayah Malaysia Timur.

Letak Geografis Malaysia

Secara geografis, luas wilayah Negara Malaysia secara keseluruhan yaitu sekitar 329.750 km2. Untuk wilayah Malaysia Barat memiliki luas sekitar 131.587 km2 yang mencakup Semenanjung Malaysia, sedangkan Malaysia Timur memiliki luas sekitar 200.969 km2 yang mencakup Serawak dan Sabah.

Wilayah Malaysia Barat sendiri memiliki 11 negara bagian yaitu Johor, Selangor, Melaka, Kelantan, Negeri Sembilan, Pulau Pinang, Perak, Pahang, Kedah, Terengganu, dan Perlis. Untuk batas-batas wilayah negara Malaysia, berikut ini penjelasannya:

Letak Geografis Malaysia Timur:

  • Sebelah timur wilayah Malaysia Timur berbatasan dengan perairan Laut Sulawesi.
  • Sebelah barat wilayah Malaysia Timur berbatasan dengan Indonesia dan perairan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah utara wilayah Malaysia Timur berbatasan dengan Negara Filipina dan Brunei Darussalam.
  • Sebelah selatan wilayah Malaysia Timur berbatasan dengan Negara Indonesia.

Letak Geografis Malaysia Barat:

  • Sebelah timur wilayah Malaysia Barat berbatasan dengan perairan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah barat wilayah Malaysia Barat berbatasan dengan perairan Selat Malaka.
  • Sebelah utara wilayah Malaysia Barat berbatasan dengan Thailand.
  • Sebelah selatan wilayah Malaysia Barat berbatasan dengan Indonesia dan Singapura.

Pengaruh Letak Astronomis dan Geografis Malaysia

Sesuai dengan letak astronomis Malaysia dan geografisnya, ada beberapa pengaruh yang cukup menguntungkan. Salah satunya karena Malaysia memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang baik. Berikut ini merupakan beberapa pengaruh dari letak Malaysia secara astronomis dan geografis:

1.   Komoditi Pertanian yang Melimpah

Sebagai salah satu negara tropis, komoditi pertanian di Malaysia sangat melimpah seperti kelapa sawit, kakao, karet, dan hasil pertanian lainnya. Salah satu komoditi terbesar dan ekspor unggulan dari Negeri Jiran ini yaitu karet.

2.   Hasil Tambang Melimpah

Tidak hanya hasil pertaniannya saja yang melimpah, letak astronomis dan kondisi geografis Malaysia juga berpengaruh pada hasil tambangnnya. Salah satu hasil tambang terbesar yang dihasilkan Malaysia yaitu timah dan membuatnya diklaim sebagai negara penghasil timah terbesar di dunia.

Penjelasan mengenai letak astronomis Malaysia di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi dan tambahan wawasan. Tidak hanya menyimpan potensi alam yang melimpah, Malaysia juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dan diminati wisatawan dari berbagai negara.

Baca Juga :

Letak Astronomis Jepang dan Kondisi Geografisnya
Letak Astronomis Amerika Serikat
Letak Astronomis Australia
Letak Astronomis Thailand

Leave a Comment