Letak Astronomis Benua Amerika Beserta Geologis dan Geografisnya

Amerika merupakan salah satu benua terbesar di antara benua-benua lainnya yang ada di dunia. Benua ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Untuk mengetahui letak astronomis benua Amerika beserta letak geografis dan geologisnya, mari simak ulasan berikut:

Letak Astronomis Benua Amerika

Secara astronomis, letak suatu negara atau benua berada pada garis yang membelah bumi yaitu garis secara vertikal dan horizontal. Dampak atau pengaruh yang ditimbulkan dari adanya garis lintang dan garis bujur ini adalah kondisi iklim di wilayah tersebut.

Letak astronomis benua Amerika yaitu berada pada posisi 83° LU (Lintang Utara) sampai dengan 55° LS (Lintang Selatan) dan 10° BB (Bujur Barat) sampai dengan 170° BB (Bujur Barat). Dengan letak astronomisnya yang seperti ini, kondisi iklim di benua Amerika juga bervariasi.

Benua Amerika memiliki iklim yang bervariasi antara lain iklim Arktik di Kanada bagian utara dan Alaska, iklim darat di sekitar danau-danau besar, iklim tropis di Brazil (Amerika Selatan), dan iklim subtropis di dataran rendah Mississippi dan sekitar Tanjung Kennedy.

Selain itu, ada pula iklim semi gurun di gurun Patagonia dan Nevada Basin, iklim laut di sepanjang utara pantai Samudra Pasifik dan Amerika Serikat, iklim stepa di sebelah timur pegunungan Rocky, dan iklim kering di Amerika Serikat bagian barat.

Letak Geologis Benua Amerika

Selain dilihat dari segi astronomisnya, benua Amerika dilihat dari letak geologisnya terletak di antara barisan pegunungan yang membentang dari bagian utara ke selatan. Di bagian barat benua Amerika juga terdapat pegunungan Rocky.

Kemudian membujur ke bagian selatan terdapat pegunungan Sierra Nevada dan pegunungan Cascade. Deretan pegunungan yang membentang di sepanjang benua terbesar di dunia ini juga masuk dalam golongan Sirkum Pasifik dengan beberapa gunung api yang masih aktif.

Sementara itu, di bagian timur benua Amerika terdapat rangkaian pegunungan yang membentang dari selatan ke utara yaitu pegunungan Alleghany dan Appalachia. Di antara deretan pegunungan ini terdapat dataran rendah, dataran rendah, sungai, danau, dan gurun pasir yang cukup luas.

Letak Geografis Benua Amerika

Tidak hanya letak astronomis benua Amerika saja, letak geografis juga memiliki peranan yang penting dalam menentukan kondisi alam dan iklimnya. Letak geografis benua yang memiliki luas kurang lebih 42.188.586 km2 antara lain sebagai berikut:

  • Sebelah utara wilayah benua Amerika berbatasan dengan perairan Laut Arktik (Laut Es Utara).
  • Sebelah selatan wilayah benua Amerika berbatasan dengan perairan Samudra Pasifik.
  • Sebelah timur wilayah benua Amerika berbatasan dengan perairan Samudra Atlantik.
  • Sebelah barat wilayah benua Amerika berbatasan dengan perairan Samudra Pasifik.

Berdasarkan letak dan kondisi geografisnya ini, benua Amerika memiliki berbagai potensi alam. Berikut ini beberapa pengaruh letak dan kondisi geografis benua Amerika terhadap keanekaragaman hayati dan kenampakan alamnya.

1.   Flora dan Fauna yang Beragam

Letak geografis benua Amerika memberikan pengaruh terhadap keanekaragaman flora dan fauna. Kawasan Amerika Utara didominasi dengan prairi atau padang rumput hijau yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yang subur.

Beberapa tanaman khas juga tumbuh di daerah tundra seperti hutan konifera atau tumbuhan berdaun jarum dan tumbuhan semusim lainnya. Di kawasan Amerika Tengah, jenis floranya lebih bervariasi, sedangkan di daerah Karibia didominasi dengan hutan tropis dan beberapa padang gurun.

Sementara itu, untuk faunanya sendiri, benua Amerika memiliki beberapa hewan endemik seperti ikan piranha dan burung macau yang hidup di hutan Amazone. Selain itu, ada pula hewan-hewan khas dari Amerika Utara seperti penguin, beruang kutub, salmon, dan bison.

2.   Panorama Alam yang Menarik

Selain memiliki flora dan fauna yang beragam, letak geografis benua Amerika juga mempengaruhi bentang alam yang ada. Berbagai panorama alam menarik yang bisa ditemui di benua ini yaitu air terjun tertinggi, padang pasir, ngarai terbesar, dan terusan terbesar (terusan Suez).

Kenampakan alam yang indah ini tentu menjadi potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia yang datang berkunjung ke negara-negara yang ada di kawasan benua Amerika untuk berlibur.

Penjelasan tentang letak astronomis benua Amerika beserta letak geografis dan geologisnya di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi dan tambahan wawasan. Dengan bentang alam yang beragam, benua Amerika memiliki sumber daya alam yang potensial untuk menunjang sektor industri.

Artikel Terkait :

Letak Astronomis Jepang dan Kondisi Geografisnya
Letak Astronomis Amerika Serikat, Geologis, dan Geografisnya
Letak Astronomis Australia, Geografis, dan Pengaruhnya
Letak Astronomis Thailand, Geografis, dan Pengaruhnya
Letak Astronomis Malaysia, Geografis, dan Pengaruhnya
Letak Astronomis Filipina, Geologis, dan Geografisnya

Leave a Comment