Letak Astronomis Australia, Geografis, dan Pengaruhnya

Benua Australia merupakan salah satu benua terkecil di dunia yang sering disamakan dengan kawasan Oceania, meskipun keduanya merupakan terminologi yang berbeda. Berbagai potensi alam dan keanekaragaman hayati yang ada di benua ini tidak terlepas dari letak astronomis Australia.

Wilayah benua ini mencakup dataran utama Australia, Pulau Tasman, Papua Nugini, dan pulau-pulau kecil lainnya. Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai letak astronomis dan geografis Benua Australia, berikut ini ulasan selengkapnya:

Letak Astronomis Australia

Secara keseluruhan, wilayah Benua Australia terletak di bagian bumi sebelah selatan dan timur. Selain Benua Antartika yang tidak dihuni oleh makhluk hidup secara tetap, Australia juga menjadi salah satu benua yang berada di satu sisi bagian bumi secara horizontal dan vertikal.

Letak astronomis Australia yaitu berada pada garis 10° LS (Lintang Selatan) sampai dengan 43° LS (Lintang Selatan) dan 113° BT (Bujur Timur) sampai dengan 153° BT (Bujur Timur). Letak astronomis dari benua ini juga memberikan beberapa pengaruh antara lain sebagai berikut:

1.   Iklim

Benua Australia memiliki iklim yang bervariasi di setiap kawasannya meliputi iklim tropis, subtropis, dan sedang. Berikut ini beberapa iklim yang ada di Australia yang dipengaruhi letak astronomisnya:

  • Iklim tropis mencakup daerah Australia bagian utara, Indonesia bagian timur, dan Papua Nugini.
  • Iklim subtropis mencakup daerah Australia di bagian tengah.
  • Iklim sedang mencakup daerah Australia di bagian selatan.

2.   Musim

Selain memiliki iklim yang bervariasi, Benua Australia juga memiliki musim yang bervariasi juga. Untuk wilayah Benua Australia yang memiliki iklim tropis hanya memiliki 2 musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Sementara itu, untuk wilayah dengan iklim sedang dan subtropis memiliki 4 musim, yaitu musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur.

3.   Ekonomi

Letak astronomis Australia memiliki pengaruh terhadap perekonomian masyarakatnya. Karena tergolong daerah yang subur, sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian, pertambangan, dan peternakan.

4.   Zona Waktu

Berdasarkan letak astronomisnya, Benua Australia dibagi menjadi beberapa zona waktu. Berikut ini zona waktu Benua Australia berkaitan dengan letaknya secara astronomis:

  • Australian Western Standard Time (AWST) memiliki perbedaan waktu +8 jam dengan UTC mencakup wilayah Australia bagian barat.
  • Waktu Indonesia Timur (WIT) memiliki perbedaan waktu +9 jam dengan UTC mencakup wilayah Indonesia bagian timur.
  • Australia Central Standard Time (ACST) memiliki perbedaan waktu +9,5 jam dengan UTC mencakup wilayah Australia bagian tengah.
  • Australia Eastern Standard Time (AEST) memiliki perbedaan waktu +10 jam dengan UTC mencakup wilayah Papua Nugini dan Australia bagian timur.

Letak Geografis Benua Australia

Sebagai salah satu benua yang berada di bagian selatan bumi, Australia sering disebut benua bawah. Karena letaknya yang strategis, benua ini menjadi jalur perdagangan. Berdasarkan letaknya secara geografis, Benua Australia tergolong kawasan yang subur untuk pertanian dan peternakan.

Selain itu, benua ini juga menyimpan kekayaan alam berupa bahan-bahan pertambangan yang bermanfaat untuk sektor industri.  Nah, berikut ini merupakan letak geografis Benua Australia berdasarkan batas-batas wilayahnya:

  • Wilayah Benua Australia sebelah utara berbatasan dengan wilayah Benua Asia, tepatnya kawasan Asia Tenggara.
  • Wilayah Benua Australia sebelah selatan berbatasan dengan perairan Samudra Antartika dan Samudra Hindia.
  • Wilayah Benua Australia sebelah timur berbatasan dengan wilayah perairan Samudra Pasifik.
  • Wilayah Benua Australia sebelah barat berbatasan dengan wilayah perairan Samudra Pasifik.

Penjelasan mengenai letak astronomis Australia beserta pengaruhnya dapat Anda jadikan sebagai referensi. Selain lokasinya yang strategis untuk jalur perdagangan, benua ini juga menyimpan keindahan alam yang menakjubkan sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati.

Artikel Terkait :

Letak Astronomis Jepang dan Kondisi Geografisnya
Letak Astronomis Amerika Serikat, Geologis, dan Geografisnya

Leave a Comment