Letak Astronomis Benua Eropa, Geografis, dan Pengaruhnya

Eropa merupakan salah satu benua dimana terdapat berbagai negara dengan perekonomian yang maju dan berkembang sangat pesat. Letak astronomis benua Eropa juga menjadi salah satu faktor pendukung kemajuan perekonomian negara-negara di kawasan tersebut.

Tidak hanya letak astronomisnya saja, letak geografis Eropa yang strategis juga menjadi alasan perkembangan perekonomian di benua ini sangat maju karena berdekatan dengan benua lainnya. Untuk mengenal letak benua Eropa secara lebih jelas, berikut ulasan selengkapnya:

Letak Astronomis Benua Eropa dan Pengaruhnya

Sama halnya seperti benua atau negara lainnya, penentuan letak astronomis benua Eropa didasarkan pada letak wilayahnya pada garis lintang dan garis bujur. Benua Eropa terletak pada titik 35° LU (Lintang Utara) hingga 71° LU (Lintang Utara) dan 10° BB (Bujur Barat) hingga 66° BT (Bujur Timur).

Jika dilihat dari peta, keseluruhan dari wilayah benua Eropa ini berada di bagian bumi sebelah utara yang membentang dari bagian bumi barat (bujur barat/BB) hingga ke bagian bumi timur (bujur timur/BT).

Dengan posisinya secara astronomis inilah memberikan beberapa dampak dan pengaruh pada kondisi alam di benua Eropa. Berikut ini merupakan beberapa pengaruh yang disebabkan oleh letak benua Eropa secara astronomis:

1.   Iklim di Benua Eropa

Salah satu hal yang dipengaruhi akibat letaknya secara astronomis yaitu iklim yang dimiliki oleh benua Eropa. Benua ini memiliki setidaknya 5 iklim yaitu iklim sedang yang mencakup daerah Eropa Tengah dan iklim kontinental (daratan) yang mencakup daerah Eropa Timur.

Selain itu, ada pula iklim laut yang terjadi daerah Eropa bagian barat laut, iklim mediterania yang terjadi di daerah Eropa Selatan, dan iklim kutub atau iklim dingin yang terjadi di daerah Eropa Utara.

2.  Musim di Benua Eropa

Selain iklim, letak astronomis dari benua Eropa juga memberikan pengaruh pada musim yang terjadi di benua ini. Benua ini memiliki 4 macam musim yaitu musim panas, dingin, semi, dan gugur.

2.   Zona Waktu di Benua Eropa

Zona waktu yang ada di benua Eropa juga dipengaruhi oleh letaknya secara astronomis. Benua Eropa memiliki 4 zona waktu antara lain sebagai berikut:

  • Western European Time (WET) yang diterapkan di negara Portugal, Inggris, Irlandia, dan Islandia dengan perbedaan UTC+0.
  • Central European Time (CET) yang diterapkan di negara Jerman, Perancis, Spanyol, Italia, Belanda, Belgia, Swedia, Polandia, Hungaria, Kroasia, Austria, Bosnia, Denmark, Malta, dan beberapa negara lainnya dengan perbedaan UTC+1.
  • Eastern European Time (EET) yang diterapkan di Negara Rusia, Bulgaria, Rumania, Latvia, Finlandia, Yunani, Ukraina, Lithuania, dan Moldova dengan perbedaaan UTC+2.
  • Further-eastern European Time (FET) yang diterapkan di Negara Rusia bagian barat, Turki, dan Belarusia dengan perbedaan UTC+3.

Letak Geografis Benua Eropa

Selain letak astronomis benua Eropa, letak geografis dari benua ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Eropa memiliki sumber daya alam yang potensial. Letak benua ini juga cukup strategis dan menjadi jalur perdagangan dunia, karena berdekatan dengan benua Afrika dan benua Asia.

Benua ini juga sering disebut dengan Eurasia karena posisinya menyatu dengan benua Asia yang dipisahkan oleh Pegunungan Ural. Berikut ini merupakan letak geografis benua Eropa beserta batas-batas wilayahnya:

  • Wilayah benua Eropa sebelah utara berbatasan dengan perairan Samudra Arktik dan wilayah Kutub Utara.
  • Wilayah benua Eropa sebelah selatan berbatasan dengan perairan Laut Hitam, Laut Mediterania, dan benua Afrika bagian selatan.
  • Wilayah benua Eropa sebelah timur berbatasan dengan Pegunungan Ural dan benua Asia bagian timur.
  • Wilayah benua Eropa sebelah barat berbatasan dengan perairan Samudra Atlantik.

Penjelasan mengenai letak astronomis benua Eropa dan geografis beserta pengaruhnya di atas dapat menambah wawasan dan referensi bagi Anda. Karena letak geografis benua Eropa yang strategis, beberapa negara di benua ini memiliki perekonomian yang sangat maju.

Artikel Terkait :

Letak Astronomis Amerika Serikat, Geologis, dan Geografisnya
Letak Astronomis Thailand, Geografis, dan Pengaruhnya
Letak Astronomis Australia, Geografis, dan Pengaruhnya

Leave a Comment