Beragam Manfaat Bunga Mawar serta Fakta Unik

Bunga mawar, apakah ada diantara kalian yang tidak mengenal bunga ini? Tentu tidak bukan, karena bunga ini begitu terkenal bahkan di penjuru dunia mengenalnya.

Sebaran bunga ini sudah mencapai 100 spesies bahkan lebih. Bahkan sebaran bunga ini sudah ke berbagai wilayah di dunia. Bunga ini banyak tumbuh di wilayah yang bersuhu sejuk.

Genus bunga ini adalah Rosa dan jenis dari tumbuhan ini adalah semak. Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman mawar itu adalah tanaman berduri.

Bunga ini sering dianggap sebagai lambang kasih sayang dan juga cinta. Mawar yang berwarna merah lah yang sering dianggap memiliki lambang ini. Bukan hanya merah warna yang dimiliki oleh bunga ini, tetapi warna yang dimiliki oleh bunga ini sangat beragam.

Bukan hanya warnanya, ukuran, dan bentuknya pun memiliki makna tersendiri yang tentunya berbeda satu sama lain. Bahkan pertumbuhan bunga ini pun juga berbeda tiap jenisnya.

Pertumbuhan bunga ini sebagian ada yang tegak saja, tetapi pertumbuhan merambat pun juga ada. Nah terserah kalian ingin menanam jenis yang mana, sesuaikan dengan keinginan kalian.

Taksonomi

Taksonomi
teorieno.com

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa bunga ini mempunyai genus Rosa. Untuk lebih mengetahui klasifikasi dari bunga ini adalah sebagai berikut :

KingdomPlantae
DivisiMagnolipyta
KelasMagnoliopsida
OrdoRosales
FamiliRosaceae
GenusRosa L.

 

Manfaat dari Bunga Mawar

Manfaat dari bunga mawar
genpi.co

Selain terkenal karena harum, bentuk, dan yang lainnya, bunga ini juga terkenal akan manfaatnya dalam berbagai bidang. Seperti bidang ekonomi, kesehatan, seni, maupun hidangan.

Beberapa manfaat dari bunga ini diantaranya adalah :

1. Sebagai tanaman hias

Sebagai tanaman hias
homesweetplant.blogspot.com

Semua jenis bunga ini semua dapat dijadikan tanaman hias, tetapi yang paling sering digunakan adalah hasil dari tumbuhan hybrid. Tanaman hybrid ini banyak dibudidayakan tetapi hanya dimanfaatkan bunganya saja.

Tetapi ada juga yang dibudidayakan karena bau harum yang dimiliki oleh beberapa spesies itu. Jenis bunga yang sering dibudidaya karena bau harumnya adalah Rosa rubiginosa dan Rosa glauca.

Rosa sericea adalah jenis bunga yang yang dibudidayakan karena bentuk yang dimiliki bunga jenis ini sangat indah. Sedangkan jenis Rosa moyesii ini dibudidayakan untuk diambil buahnya.

Selama berabad abad banyak yang membudidayakan dan mengembangkan bunga ini untuk dijadikan tanaman hias. Pada tahun 500 SM inilah, bunga ini mulai dijadikan sebagai tanaman hias.

Pada tahun itu menurut sejarah kawasan yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias adalah China, Persia, dan juga Mediterania. Jumlah kultivar dan hybrid dari bunga ini yang sering dijadikan tanaman hias antar 30 sampi 35000.

2. Minuman dan Makanan

Minuman dan makanan
food.detik.com

Selain menjadi hiasan, bunga ini juga memiliki bagian yang dapat dimakan, yaitu buah dari bunga ini. Rose hep, rose haw, rose hip ini dalah jenis mawar yang dapat menghasilkan.

Kata ini berasal dari bahasa Inggris. Buah mawar ini ternyata selain dapat di makan juga dijadikan hiasan pada tanaman.

Produk yang dihasilkan dari buah ini antara lain adalah sup, marmalade, jeli dan juga selai. Yang dapat menghasilkan produk minuman dan makanan tersebut adalah jenis rose hip.

Produk minuman yang dihasilkan oleh rose hip ini adalah teh. Vitamin C juga terkandung dalam biji bunga ini. Ada juga sirup yang berasal dari bahan ini dari jenis rose hip dengan cara memeras lalu menyaringnya.

Untuk membuat make up dan juga produk perawatan kulit kita dapat menggunakan minyak dari bunga ini. Rasa khas yang dihasilkan oleh air mawar ini sering digunakan dalam sajian kuliner.

Negara yang menggunakannya dalam sajian kuliner diantaranya adalah Asia Selatan, Persia, dan juga Timur Tengah.  Selain untuk sajian kuliner, makanan manis pun sangat cocok jika menggunakan air ini di dalamnya.

Makanan itu di antaranya adalah Turkish delight, gumdrops, kanafeh, gulab jamun, halva, barfi, nougat, dan juga baklava. Sedangkan negara yang menggunakan air ini dalam pembuatan sirup adalah Prancis.

Pada umumnya bunga ini di manfaat sebagai aroma dalam makanan dan juga untuk menambah rasa. Bahkan ada juga yang menjadikannya permen yang berasal dari kelopak bunga ini.

3. Parfum

Parfum
kumparan.com

Yang dapat di buat dari ekstrak bunga ini adalah minyak wangi atau parfum. Selain parfum, juga ada air mawar yang sering digunakan sebagai obat-obatan, memasak, upacara keagamaan, maupun produk kecantikan.

Asal teknik pembuatan parfum ini adalah dari negara Perancis. Setelah dari Perancis kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk India, dan juga Arab.

Rosa x damascena Trigintipetala atau juga dapat disebut dengan mawar damask. Di beberapa negara yang menggunakan jenis ini yaitu Jerman, Iran, dan juga Bulgaria.

Rosa x centifolia, di beberapa negara yang ada di seluruh dunia bunga jenis ini juga sering digunakan. Pada umumnya warna dari minyak bunga ini adalah transparan atau bening.

Selain warna itu, ada juga yang memiliki warna pucat yaitu kekuningan, ada juga kuning keabuan. Satu gram minyak yang dihasilkan oleh bunga ini membutuhkan setidaknya 2.000 bunga.

4. Obat-obatan

Obat-obatan
klikfarmasi.com

Selain menjadi tanaman hias, untuk produk kecantikan, bunga ini juga dapat di olah menjadi obat-obatan. Karena jenis bunga rose hip ini memiliki kandungan vitamin C di dalamnya.

Biasanya untuk produk ini dijadikan sebagai suplemen makanan. Bukan hanya jenis rose hip yang dapat dijadikan obat, beberapa jenis yang lainnya pun juga dapat dijadikan obat herbal.

Di China dalam pembuatan obat herbal tradisional ini memanfaatkan jenis mawar rose chinesis.

5. Bunga Potong

Bunga potong
rumahhokie.com

Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga potong. Bunga ini juga terkenal karenanya. Dalam bentuk tunaslah biasanya saat pemotongan bunga ini. Setelah dipotong, sebelum diperjualbelikan kita harus menyimpannya dalam mesin pendingin.

Bunga ini di tanam di rumah kaca hanya di wilayah yang memiliki iklim sedang. Untuk mengembangkan bunga ini di wilayah yang bersuhu hangat, kita dapat menanamnya secara tertutup.

Fungsi dari menanam di tempat tertutup adalah agar tidak diserang oleh hama, dan cuaca yang berubah-ubah. Bahkan di negara yang memiliki iklim tropis, bunga ini sudah berhasil di ekspor ke berbagai negara.

6. Dijadikan Seni

Dijadikan seni
popbela.com

Bunga mawar ini juga dapat dijadikan karya seni, itu karena betapa panjangnya sejarah dari bunga ini. Di dalam lukisan bunga ini juga sering dijadikan simbol.

Bahkan pada zaman dulu, dalam melukis dewi Aphrodite ini sering menggunakan bunga ini. Karena dewi tersebut adalah dewi keindahan dan juga kecantikan.

Masa yang melakukan hal tersebut terjadi adalah Yunani Kuno. Pada masa itu juga terdapat puisi dalam illad, yang menggambarkan Hector yang dilindungi oleh dewi Aphrodite.

Yang digunakan dewi tersebut adalah minyak mawar yang abadi. Bahkan ada juga gambaran tentang dewi Aphrodite ini terkena duri tajam bunga tersebut sehingga dewi tersebut terluka.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa bunga mawar digambarkan berwarna merah, yaitu oleh Pausanias yang berasal dari Yunani. Pausanias itu adalah seorang penjelajah dan juga penulis.

Buku novel yang memiliki judul The Golden Ass ini adalah salah satu novel Roma. Buku tersebut berbahasa Latin karya dari Apuleius yang juga menggambarkan bunga mawar didalamnya.

Karakter utama dalam novel ini adalah Lucius, yang mendapat perintah dari dewi Isis untuk memakan kelopak bunga ini yang berada di seorang pendeta yiatu di mahkotanya.

Untuk menjalankan perintah Lucius merubah wujudnya menjadi seekor keledai. Hal tersebut dimaksudkan agar sisi kemanusiaan Lucius ini bertambah. Karena itu, hal tersebut dalam keagamaan menjadi salah satu prosesi tersendiri.

Sedangkan pada masa Romawi terjadi sebuah Kristenisasi Kekaisaran, yang di sini juga bunda Maria dikaitkan dengan bunga tersebut. Bahkan dalam menerima bunga ini jumlah dan warnanya pun memiliki simbol tersendiri.

Pembuatan rosario ini juga di kaitkan dengan kejadian tersebut. Dalam kesenian subyek bunga ini menjadi faforit untuk para pelaku seni.

Bukan hanya dalam lukisan bunga ini juga sering terlihat di puisi, ilustrasi, arsitektur maupun ornamen sebuah bangunan. Pierre-Joseph Redoute dari Belgia dan Henri Fantin-Latour ini adalah salah satu diantara yang lukisannya sangat terkenal dengan tema mawarnya.

Fakta Unik dari Bunga Mawar

Fakta unik dari bunga mawar
picsart.com

Selain bentuknya yang unik, fakta unik yang belum kita ketahui tentang bunga ini pun juga tidak kalah banyaknya. Apalagi bunga mawar ini sudah terkenal hingga ke penjuru dunia.

Fakta unik tentang bunga ini diantaranya adalah :

1. Di dunia menjadi bunga tertua

Di dunia menjadi bunga tertua
ekobunga.wordpress.com

Mengapa di dunia bunga ini di sebut sebgaia bunga tertua ? Karena banyak karya pada abad-abad terdahulu yang menggambarkannya dalam seni musik ataupun karya sastra.

Hal ini mungkin ada yang menganggapnya aneh, tetapi ada yang lebih mengejutkan lagi tentang bunga ini. Yaitu bunga yang tumbuh dan hidup hingga 1.000 tahun lamanya.

Bunga tersebut terletak di Jerman lebih tepatnya tembok Katedral Hildesheim. Selain itu ada juga terdapat penelitian dan penemuan bahwa 35 juta tahun lalu sudah tumbuh bunga ini, yang di buktikan dengan penemuan fosil bunga ini.

2. Buah mawar

Buah mawar
beyond-c.blogspot.com

Pasti kalian jarang mendengar atau bahkan tidak tahu bahwa bunga mawar ini memiliki buah. Tetapi jenis bunga mawar yang dapat menghasilkan buah ini hanya tertentu tidak semua jenis memilkinya.

Buah bunga ini mempunya bentuk yang hampir mirip dengan buah beri. Buah bunga ini pun memiliki variasi warna sendiri diantaranya hitam, ungu tua, merah, sampai orange.

Kandungan vitamin C pada buah bunga ini sangatlah tinggi. Biasanya buah ini di gunakan dalam pembuatan teh yaitu dengan mengeringkannya yang sebelumnya dicampur dengan cocktail.

3. Bunga mawar hitam

Bunga mawar hitam
kwikku.com

Mawar hitam ini sebenarnya tidak ada, meskipun ada yang pernah gempar mawar hitam di Turki. Yang sebenarnya bunga itu adalah hasil editan semata, karena banyak yang berkunjung tapi tidak dapat menemukannya.

The Black Rose of Turkey adalah salah satu variasi mawar hitam. Bunga itu sebenarnya tidak benar-benar berwarna hitam tetapi warna merah yang sangat tua, sehingga jika dilihat dari jauh akan terlihat seperti hitam.

Karena tidak ada penelitian tentang kandungan bunga yang dapat menjadikannya warna hitam.

4. Bunga mawar termahal

Bunga mawar termahal
boombastis.com

Bunga mawar yang harganya mahal hanya beberapa jenis saja kok, jadi kalian tidak perlu khawatir jika ingin membeli bunga ini. David Austin adalah salah satu pembudidaya bunga ini dalam beberapa variasi.

Dan kebanyakan yang dibudidaya olehnya memiliki harga yang tidak bisa di bilang murah ya. Karena dalam mengembangkan dan menanamnya pun membuthkan dana yang tidak murah juga yaitu sekitar $5 juta.

Waktu dalam mengembangkan nya pun tidak sebentar yaitu sekitar 15 tahun lamanya. Juliet adalah nama dari bunga mawar ini yang di kembangkan oleh David ini.

Bahkan harga jual bunga ini yang pernah mencapai $15,8 juta pada tahun 2006. Dan untuk posisi bunga termahal di dunia telah di pegang oleh variasi bunga tersebut.

5. Aroma bunga mawar

Aroma bunga mawar
avtostar.info

Hal ini pasti sudah tidak asing lagi jika bunga ini dijadikan parfum. Karena seperti yang kita tahu bahwa aroma yang dihasilkan oleh bunga ini sangatlah harum.

Yang di ambil untuk pembuatan parfum ini adalah ekastraknya. Rata-rata kaum hawa yang menyukai aroma ini. Bahkan dari berabad-babd yang lalu, bunga ini sudah dijadikan parfum dan yang sangat penting dalam pembuatannya adalah minyak mawar.

Mawar yang diperlukan untuk membuat minyak mawar ini sangatlah banyak. Sebanyak 2.000 bunga mawar hanya akan menjadi 1 gram minyak mawar saja. Jadi jangan heran jika kalian membeli parfum dengan aroma mawar ini membutuhkan kantong yang sangat dalam.

6. Dapat dimakan

Dapat dimakan
paktanidigital.com

Fakta bahwa bunga ini dapat dimakan, mungkin ada yang tidak percaya bagi yang memang belum pernah mendengar apalagi merasakannya. Rata-rata mereka hana tahu bahwa bunga ini menjadi tanaman hias, ataupun bunga potong yang dirangkai menjadi buket atau dalam vas bunga.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa dalam pembuatan jeli dan beberapa produk makanan sering ditambahkan rendaman ir mawar. Bagian yang sering di buat olahan atau bahan masakan adalah kelopaknya.

Salah satu negara yang menjadikan sebagai bahan dari pembuatan makanan adalah China dan juga India.

7. Taman bunga mawar terbesar pribadi

Taman bunga mawar terbesar pribadi
liputan6.com

Di Cavrigila, Italia terdapat taman bunga mawar yang sangat besar dan itu adalah miliki pribadi bukan miliki pemerintah atau semacamnya. Terdapat 7.500 variasi mungkin lebih yang di tanam di taman tersebut.

8. Zaman romawi

Zaman romawi
amongguru.com

Pada Zaman Romawi pun bunga ini sudah dimanfaatkan dan digunakan dalam berbagai hal. Contohnya di buat kalung, yang terdiri dari rangkaian beberapa bunga mawar. Selain itu pada zaman itu pun banyak kamar yang dekorasinya menggunakan bunga ini.

9. Warna bunga mawar

Warna bunga mawar
nisatammam.wordpress.com

Warna bunga ini sangatlah bermacam-macam, meskipun kebanyakan orang menganggap bunga ini hanya sebagai simbol kasing sayang dan juga cinta. Tetapi di setiap warna dari bunga ini memiliki makna yang sangat dalam.

Diantara makna bunga mawar adalah sebagai berikut :

  • Merah muda, memiliki makna atau simbol dari keanggunan dan juga elegan. Ada juga yang menjadikannya simbol dari rasa bersyukur, suka cita, dan juga kekaguman. Bunga ini sangat identik dengan sifat lembut yang dimiliki oleh seorang wanita.
  • Kuning, warna ini memilki makna atau simbol dari kegembiraan, kecerian, dan juga pertemanan. Jadi bunga ini sangat cocok untuk diberikan kepada teman kita.
  • Putih, sudah pasti menjadi simbol dari kepolosan, spiritualitas, dan juga kesucian, serta rasa simpati. Karena itu bunga ini banyak digunakan di dalam acara pemakaman.
  • Oranye, lambang dari rasa antusias. Karena itu bunga ini biasanya diberikan saat kelulusan.
  • Ungu, menjadi simbol dari keagungan, keanggunan, dan juga kemegahan. Di Barat, beberapa kerajaan juga menggunakan warna mawar ini.
  • Biru, memiliki makna yaitu sulit dalam mengungkapkan perasaan. Tetapi warna ini sangat langka, bahkan terkadang ada yang ingin membuat warna ini dengan menambahkan suatu cairan mawar yang berwarna putih.
  • Hijau, memiliki simbol keharmonisan, kesuburan, dan juga kesejahteraan sera ketenangan dan juga perdamaian.
  • Krem, warna ini melambangkan kesan anggun.
  • Peach, menjadi simbol dari keseriusan, kesopanan, kepolosan, dan juga kemurnian.

Leave a Comment