Bunga Krokot : Kandungan, Manfaat & Penanaman

Bunga krokot ini termasuk ke dalam famili Portulaca. Di Indonesia sendiri belum banyak yang mengenal tanaman krokot ini, mendengar namanya saja terasa asing di telinga. Oleh karena itu tanaman krokot ini belum terkenal di Indonesia.

Oleh sebab itu, meskipun mereka sering melewati atau melihat tanaman krokot setiap hari mereka tidak akan mengetahui bahwa bunga tersebut merupakan bunga krokot.

Tetapi kita dapat melihat krokot mawar banyak dijumpai di kawasan pedesaan dan tumbuh dengan bebas di halaman rumah masyarakat. Dan masyarakat mengganggapnya tanaman pengganggu.

Atau juga sering disebut dengan gulma. Menurut mereka tanaman krokot ini bisa mempengaruhi komoditas pertanian. Oleh karena itu mereka anggap sebagai pengganggu tanaman pertanian.

Bagi yang tidak mengetahui atau mengenal tanaman krokot ini sangatlah rugi. Dikarenakan bunga tanaman krokot ini sangatlah indah serta cantik warna maupun bentuknya.

Karena keindahannya tanaman krokot ini sering dimanfaatkan untuk menjadi tanaman hias. Cara budidayanya tanaman krokot ini juga bisa dibilang cukup mudah.

Jadi jika kita ingin menjadikannya hiasan di dalam maupun di luar rumah dengan menanam sendiri pun bisa. Terlebih lagi kita dapat memilih jenis yang kita inginkan.

Taksonomi

Taksonomi bunga krokot
trikmerawat.com

Taksonomi atau juga sering disebut dengan klasifikasi ilmiah bunga krokot ini tidaklah rumit untuk kita pahami. Untuk mengetahui kalsifikasi tanaman krokot adalah sebagai berikut :

Kingdom        :           Plantae

Divisi              :           Magnoliophyta

Kelas              :           Magnoliopsida

Ordo              :           Caryophyllales

Famili             :           Portulacaceae

Genus            :           Portulaca L.

Habitat

Habitat bunga krokot
mukariagriculture.blogspot.com

Habitat bunga krokot berada di wilayah yang memiliki iklim tropis. Bukan hanya di iklim tropis, namun bunga ini juga banyak dijumpai di wilayah yang mempunyai 4 musim.

Oleh karena itu tanaman krokot ini bisa memiliki 40 sampai 100 spesies. Tetapi sebenarnya tanaman krokot ini dapat hidup dimana saja karena mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Selain dapat hidup dimana saja cara merawat dan menanamnya pun cukup mudah. Tentu saja tanaman krokot  juga memiliki nama lain misalnya gelang atau krukut.

Tanaman krokot ini mampu bertahan hidup dengan sangat baik dan kemungkinan untuk mati cukup lama. Karena itulah sering dijadikan tanaman hias di pekarangan maupun taman karena sifatnya tersebut.

Juga tidak memerlukan perawatan yang sangat khusus, cukup dirawat seperti pada umumnya bunga saja, bahkan juga tidak memerlukan perlakuan khusus lainnya.

Jenis krokot Portulaca oleracea ini ternyata dapat kita konsumsi sebagai makanan dan kita dapat menemukan atau menjumpainya hanya di beberapa wilayah yanga ada di dunia.

Bukan hanya makanan untuk manusia beberapa serangga juga menjadikannya sebagai makanan contohnya kupu-kupu, ngengat, dan juga ulat. Namun hanya sebagian spesies saja yang dapat dimakan.

Krokot Gelang Biasa

Krokot gelang biasa
wikipedia.org

Krokot gelang biasa ini banyak tumbuh dan dijumpai di kawasan negara Indonesia. Tanaman krokot gelang ini juga memiliki banyak sebutan misalnya Resereyen atau bunga krokot hijau.

Jenis tanaman krokot gelang biasa ini masuk ke jenis annual atau juga bisa disebut tahunan. Oleh karena itu, tanaman ini dapat bertahan hidup cukup lama meskipun sudah melewati proses reproduksi.

Bukan hanya dapat tumbuh setahun atau dua tahun saja, tanaman krokot ini dapat tumbuh dan hidup lebih lama lagi. Meskipun dapat bertahan lama  ketinggian yang dimiliki tanaman krokot hijau hanya sekitar 50 cm.

Selain menjadi makanan untuk manusia dan juga serangga, tanaman krokot juga sering dijadikan makanan untuk ternak. Batang yang dimiliki krokot hijau ini memiliki warna merah keunguan.

Ukuran batang krokot hijau ini cukup gemuk dan juga tebal. Bukan hanya batangnya yang tebal, daunnya pun juga cukup tebal. Bahkan mungkin di dalamya dianggap ada dagingnya jika kita memegangnya.

Selain itu, daunnya berjenis tunggal serta memiliki bentuk hampir mirip dengan telur yang bulat. Benar-benar mirip dengan telur karena pada bagian pangkal hingga ke ujungnya tumpul seperti telur.

Padahal daun pada umumnya berbentuk meruncing pada bagian ujungnya. Pemberian nama krokot hijau ini bukan tanpa alasan dikarenakan bunga yang dimiliki krokot hijau ini memiliki warna hijau.

Bentuk mahkota bunga tanaman krokot hijau ini hampir mirip dengan bentuk jantung. Memiliki kepala putik sebanyak 3 sampai 5 buah. Kepala putiknya ini umumnya berwarna kuning atau ada juga yang berwarna putih.

Tanaman krokot hijau ini ternyata juga memiliki buah. Bentuk buah krokot hijau ini kotak serta memiliki warna hijau. Biji yang terdapat di dalam buah krokot hijau ini sangat banyak.

Warna biji buah krokot hijau ini hitam yang terlihat mengkilap. Bentuk biji buah krokot hijau ini bulat serta memiliki ukuran yang sangat kecil. Akar yang dimiliki krokot hijau ini berjenis tunggang. Oleh karena itu, memiliki ukuran yang besar dan terletak di tengah.

Bunga krokot dijadikan tanaman hias

Bunga krokot dijadikan tanaman hias
neisha-diva.com

Bunga krokot dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki spesies yang sangat banyak. Karena itu warna yang dimiliki tanaman krokot ini sangat bervariasi dan beragam.

Warna tanaman krokot itu antara lain oranye, kuning, ungu, merah muda, merah, putih, dan masih banyak warna lain yang tidak akan cukup jika disebutkan satu persatu.

Dan jika warna tersebut dipadupadankan di sebuah taman kota, pasti hasilnya akan sangat indah dan cantik. Bukan hanya di taman kota, tanaman krokot ini akan sangat indah jika ditanam di rumah kaca, dan juga di pekarangan rumah.

Jika kalian ingin sekedar menanamnya di pot atau kalian ingin menanamnya di lahan luas yang kalian miliki yang ingin kalian jadikan taman pribadi kalian caranya cukup mudah.

Karena cara merawatnya pun juga cukup mudah jadi kalian tidak akan kerepotan untuk mengurusnya.

Manfaat

Manfaat dari krokot gelang biasa
cookpad.com

Manfaat dari krokot gelang biasa ini banyak yang menganggapnya rumput liar, tepatnya di kawasan Amerika Selatan. Tetapi ada juga yang menjadikan tanaman krokot gelang biasa ini makanan.

Cita rasa yang dihasilkan tanaman krokot gelang biasa ini asin dan juga asam jika dijadikan makanan. Bukan hanya kawasan Amerika Selatan yang mengonsumsinya sebagai makanan.

Melainkan beberapa kawasan juga menjadikannya makanan misalnya beberapa negara di Asia, Meksiko, Timur Tengah, dan beberapa negara di Eropa.

Bahkan ada yang sengaja membudidayakannya untuk dijadikan tanaman sayur yaitu kawasan Eropa. Bukan hanya itu saja, ternyata WHO menjadikan krokot gelang biasa ini tanaman prioritas yang ada di dunia serta tanaman obat.

Dan sudah banyak negara yang menggunakannya sebagai bahan baku pembuatan obat. Terhitung negara yang menggunaknnya sebagai obat kira-kira ada 23 negara.

Bahkan di China sendiri memiliki nama sendiri untuk obat yang salah satu bahannya ialah tanaman krokot gelang biasa. Nama obat tersebut yaitu ma chi xian.

Mereka percaya bahwa disentri dapat disembuhkan dengan obat ini. Obat ini juga juga dipercaya bersifat dapat menenangkan. Bukan hanya itu, obat ini juga sering dijadikan bahan detoks.

Manfaat lain dari tanaman krokot gelang biasa ini misalnya dijadikan insektisida. Insektisida ini berguna untuk perkebunan dan juga lahan pertanian. Hal tersebut dikarenakan tanaman krokot gelang biasa ini mengandung zat yang hama apapun dapat diusir, bahkan sangat ampuh.

Kandungan dalam bunga krokot

Kandungan dalam bunga krokot
nusantaratv.com

Kandungan yang ada dalam bunga krokot ini misalnya vitamin C, vitamin B, vitamin A, zat besi, phospat, sodium, manga, fosfor, magnesium, saponin, tanin, dan tentunya masih banyak yang belum disebutkan.

Yang seperti kita tahu kandungan di atas sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dan beberapa juga dapat mengobati, mengatasi atau bahkan mencegah penyakit atau bakteri yang ada di dalam tubuh kita.

Penanaman Bunga Krokot

Penanaman bunga krokot
neisha-diva.com

Penanaman bunga krokot ini cukuplah mudah dan sederhana. Untuk menanam tanaman krokot ikuti langka berikut ini :

1.Tanah yang cocok

Tanah yang cocok
pertanianku.com

Tanah yang cocok untuk menanam tanaman krokot ini haruslah tanah humus. Tanah tersebut dapat membuat tanaman yang kita tanaman tumbuh subur. Kalian tidak perlu repot-repot mencari tanahnya ada di daerah mana.

Kalian bisa membeli dari toko yang khusus untuk tanaman hias. Agar kalian dapat membedakannya dengan tanah yang lain, ciri tanah humus ini memiliki tekstur yang gembur.

2.Pupuk yang sesuai

Pupuk yang sesuai
ilmubudidaya.com

Pupuk yang sesuai untuk menanam tanaman krokot ini ialah pupuk organik putih. Tempatkan pupuk tersebut ke lubang yang sudah dibuat ditengah saat kita meletakkan tanahnya tadi.

Kalian dapat mendapat pupuk tersebut dari toko pertanian atau toko khusus tanaman hias. Jika kalian menanamnya di pot terlebih dahulu satu gennggam pupuk hanya dapat diisikan pada satu pot saja. Kemudian tutup lagi dengan tanah.

3.Media tanam

Media tanam
abahtani.com

Media tanam ini yang bisa kita gunakan cukup pot seperti biasa yang berbahan plastik, polybag, atau kita juga dapat menggunakan yang terbuat dari gerabah. Jika kalian ingin meletakkannya di bawah atau tidak di gantung.

Berbeda lagi jika kalian ingin menggantungnya disarankan memakai media yang berbahan plastik. Ukrannya pun tidak yang terlalu besar sesuai dimana kalian ingin meletakkannya.

Jika kalian ingin meletakkannya di bawahseperti taman atau pekarangan rumah kalian bisa memakai yang berukuran sedang.

Sedangkan jika kalian ingin melatakkannya di gantung maka pakailah yang berukuran kecil. Itupun jika kalian memanfaatkannya sebagai tanaman hias.

4.Penanaman bibit bunga krokot

Penanaman bibit bunga krokot
gitacinta.com

Penanaman bibit bunga krokot ini dilakukan sebelum pemberian pupuk. Karena nantinya bibit ini akan ditimbun dengan pupuk dan juga tanah kembali. Bagian tengah tanah yang kita letakkan di pot lubangi kira-kira sampai 2 cm.

Kemudian letakkan bibit tersebut lalu beri pupuk dan timbun lagi dengan tanah. Setelah itu ratakan dan siram. Dalam satu pot kita dapat meletakkan bibit sebanyak 3 biji.

5.Penyinaran yang cukup

Penyinaran yang cukup
beritabaik.id

Penyinaran yang cukup ini juga dapat memepengaruhi pertumbuhan tanaman. Karena dengan penyinaran yang cukup akan memebuat tanaman krokot ini tumbuh denan baik.

Jadi pastikanlah tempat kalian menanam atau pot yang kalian tanami tadi terkena sinar matahari secara langsung.

6.Waktu penyiraman yang tepat

Waktu penyiraman yang tepat
mediatani.co

Waktu penyiraman bibit tanaman krokot ini juga harus tepat. Karena jika tidak akan merusak pertumbuhan tanaman, bahkan mungkin bisa layu. Apabila pot kalian berada di atas atau di gantung maka siramlah cukup sekali dala 3 hari.

Apabila pot kalian letakkan tidak digantung, cukup sirami sebanyak satu kali saja dalam 5 hari. Hal tersebut bertujuan agar kelembaban media tanamn tanaman krokot tersebu dapat terjaga dengan baik.

Karena jika kekurangan atau terlalu berlebih dalpat merusak tanaman krokot tersebut.

Manfaat Krokot untuk Kesehatan

Manfaat krokot untuk kesehatan
brilio.net

Manfaat krokot untuk kesehatan ini sangat banyak mengingat kandungan yang ada dalam tanaman krokot ini. Khususnya jenis krokot mawar berguna untuk mengobati banyak penyakit.

Contohnya merelaksasi pikiran, bahan detoks yang alami, meringankan gejala-gejala penyakit asma, wasir, mencegah ambeien, disentri, diare, hipertensi, serta peredarah darah dapat kembali lancar.

Daun tanaman krokot juga banyak sekali manfaatnya bagi manfaatnya, tentunya bukan hanya yang telah disebut di atas saja. Masih banyak penyakit yang dapat diobati oleh tanaman krokot ini, antara lain :

1.Menurunkan berat badan

Manfaat ini sangat bermanfat terlebih lagi untuk wanita. Karena tanaman ini mengandung nutrisi dan juga memiliki kalori yang rendah jadi dapat menurunkan berat badan.

Dan karena itu juga tanaman ini sangan baik untuk dikonsumsi jika kita sedang melakukan program diet khususnya jenis krokot gelang.

2.Mengobati penyakit usus dan lambung

Sebenarnya bukan hanya penyakit lambung dan juga usus, melainkan berbagai macam penyakit pencernaan. Yang dapat mengobati penyakit pencernaan tersebut khususnya bagian daun tanaman krokot.

Penyakit selain usus dan lambung yang dapat diatasi oleh daun tanaman krokot tersebut misalnya disentri, diare, dan juga wasir.

3.Dapat mencegah serangan jantung dan juga stroke

Kandungan yang dapat mencegah kedua penyakit tersebut ialah omega-3. Karena kandungan tersebut kadar kolesterol yang jahat yang terdapat di tubuh kita dapat dikurangi.

Oleh karena itu kadar kolesterol baik dan juga jahat dapat seimbang yang terdapat dalam darah. Dengan begitu kedua penyakit tersebut dapat dicegah dan juga diobati.

4.Kesehatan mata dapat terjaga

Yang dibutuhkan untuk menjaga mata agar tetap sehat yang terdapat dalam krokot ini ialah vitamin A. Penyakit mata yang dapat dicegah oleh tanaman krokot ini seperti katarak.

Bukan hanya katarak, dengan tanaman krokot ini degenerasi makula juga dapat dicegah. Karena tanaman krokot ini mengandung zat yang dapat membuat hilang radikal bebas yang biasanya pada sel mata dapat diserang olehnya.

5.Vitamin

Seperti yang kita tahu bahwa tanaman ini memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih sehat. Khususnya pada penuaan dini yang dapat dicegah olehnya.

Bukan hanya itu tanaman ini juga mampu menembuhkan bekas luka ringan dan juga mengurangi kerutan atau keriput pada wajah kita. Daun tanaman krokot juga memiliki manfaat tak kalah dengan bunganya.

Karena daun tersebut memiliki kandungan yang bersifat anti peradangan dan juga anti inflamasi. Kedua sifat tersebut mampu mengobati gigitan serangga atau sengatan lebah.

6.Mencegah pertumbuhan tumor

Bukan hanya daun dan juga bunga krokot yang dapat mengobati berbagai penyakit, biji tanaman krokot pun juga mampu mengobati beberapa penyakit seperti tumor yang pertumbuhannya dapat dihambat oleh kandungan biji tersebut.

Biji tersebut dapat dijadikan minyak yang didalamnya terkandung antiproliferatif dan juga antioksidan yang juga memiliki sifat kanker. Namun untuk yang ini masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

7.Pertumbuhan Anak

Lagi-lagi kandungan omega-3 lah yang dapat membantu proses pertumbuhan seorang anak. Dikarenakan omega-3 tersebut mampu mengingkirkan segala yang dapat mengganggu pertumbuhan anak-anak. Gangguan tersebut misalnya ADHD dan juga autisme.

Leave a Comment