Filosofi Bunga Lotus, Manfaat Serta Cara Budidaya dan Penanamanya

Pernahkah kalian mendengar tentang bunga lotus? Jika kalian pernah menonton film yang salah satu tokohnya bernama Percy Jackson pastilah kalian pernah mendengarnya. Karena dalam film tersebut menampakkan bunga lotus yang berwarna merah muda.

Bunga lotus ini juga disebut juga seroja yangmerupakan tumbuhan tahunan yang hidup di air. Bunga ini sering dia anggap sama dengan bunga teratai meskipun keduanya berbeda dan tidak berkerabat sama sekali.

Mereka di anggap sama karena habitat mereka yang sama yaitu di air dan di tanah berlumput.

Tempat Asal

Tempat asal bunga lotus

Bisa dibilang asal bunga lotus ini adalah sungai Nil. Dikarenakan pada Zaman Mesir Kuno, bunga lotus ini dijumpai tumbuh bersama-sama Teratai spesies Nymphaea caerulea di pinggiran sunga Nil.

Bahkan bunga ini sangat di muliakan oleh Bangsa Mesir pada Zaman Firaun. Karena itulah bunga, buah, dan daun kelopak dalam arsitektur bangunan kuil dijadikan sebagai motif.

Bunga ini juga dijadikan sebagai lambang negara di India. Karena itu ada juga yang menganggap bahwa bunga lotus berasal dari India.

Taksonomi

Taksonomi bunga lotus

Secara ilmiah bunga lotus masuk dalam genus Nelumbo, sedangkan teratai masuk dalam genus Nymphaea. Inilah buktinya bahwa teratai dan bunga lotus atau seroja ini tidak memiliki kekerabatan sama sekali. Dan berikut adalah klasifikasinya :

Kingdom  :   Plantae

Divisi        :   Magnoliophyta

Kelas        :   Magnoliopsida

Ordo        :   Proteales

Famili       :   Nelumbonaceae

Genus      :    Nelumbo

Spesies    :    Nelumbo nucifera

Bunga seroja ini juga pernah di kenal  dengan sebutan binomial lain sebelum bernama ilmiah diatas. Contohnya Nelumbium speciosum (Wild) atau Nymphaea nelumbo.

Habitat

Habitat bunga lotus

Meskipun bunga lotus ini hidup di tanah yang berlumpur atau mengambang di permukaan air, bunga ini dapat tumbuh hampir pada semua iklim. Tetapi tidak dengan musim dingin karena semua air akan membeku.

Oleh sebab itu bunga seroja banyak tumbuh di daerah rawa atau danau. Bahkan para pecinta tanamanpun seringkali menanamnya di kolam-kolam sebagai hiasan.

Sistem perakaran lotus tumbuh kebawah hingga menyentuh tanah atau lumput untuk menyerap kandungan nutrisi dan unsur hara. Meskipun begitu tanaman ini tetap membutuhkan sinar matahari secara langsung.

Usahakan tanam di tempat yang tidak terlalu berangin serta perairan yang arusnya tidak terlalu deras dan cenderung tenang.

Sebaran

Sebaran bunga lotus

Seperti yang sudah dibahasa diatas bahawa bunga ini berasal dari mesir yaitu di sungai Nil. Dari sana, bunga lotus di bawa ke Assiria lalu menyebar ke Persia, India, Iran, dan Tiongkok.

Oleh Sir Joseph Bank dibawalah bunga lotus ini ke Eropa Barat pada tahun 1787. Lalu ditanam di sebuah rumah kaca pada salah satu kebun raya.

Karakteristik atau Morfologi

Karakteristik atau morfologi bunga lotus

Daun lotus tumbuh mengambang di permukaan air. Bunga ini mengeluarkan tangkai pada bagian rimpang yang berasal dari dalam lumpur dasar kolam, sungai, ataupun rawa.

Tangkainya memiliki bentuk seperti tabung kosong yang pada bagian tengahnya terdapat ruang yang berfungsi untuk mengalirkan udara. Biasanya tanaman lotus dapat tumbuh hingga 1 atau 1,5 meter.

Daunnya memiliki bentuk bundar tanpa potongan dengan bagian tepinya bergelombang. Memiliki diameter mencapai 60 cm dengan urat daun yang berkumpul ke tengah.

Di permukaan daun terdapat lapisan lilin seperti halnya daun talas. Air yang jatuh ke daunnya akan membentuk seperi butiran air. Daunnya mengapung di permukaan air.

Bunganya memiliki aroma yang wangi. Memiliki diameter hingga 20 cm. Bunganya warna yang beragam, seperti putih bersih, kuning, merah, merah muda, dan biru tergantung pada kultivarnya. Bunga lotus muncul  dari tangkai yang menjulang tinggi di atas permukaan. Bunga ini akan mekar pada bulan Juli hingga Agustus.

Baca Juga : 10 Bunga Langka di Indonesia dan Ciri-cirinya

Filosofi Bunga Lotus

Filosofi dari bunga lotus

Bunga ini pun memiliki arti filosofis bagi sebagian orang. Seperti bunganya yang cantik menjadikannya simbol kesucian. Makna ini diambil dari habitat bunganya yang tumbuh di lingkungan yang kotor. Lingkungan yang menjadi sumber penyakit tetapi dapat menghasilkan bunga yang sangat indah nan cantik.

Karena itu kondisi ini dapat mengartika bahwa lingkungan yang buruk tidaklah menjadi alasan yang membuat orang tersebut turut berperilaku buruk.

Bunga Lotus dapat melambangkan sifat-sifat tertentu menurut kebudayaan Hindu.

Sifat-sifat itu antara lain adalah :

  • Lotus putih : kemurnian pikiran dan ketenangan sifat manusia serta kesempurnaan spiritual.
  • Lotus merah : simbol kasih tanpa pamrih, kasih sayang, gairah serta kebaikan. Kebaikan dalam ajaran Hindu kuni disebut Avatara Kalki.
  • Lotus merah muda : melambangkan tempat tertinggi, suci serta terhormat. Karena itu semua dewa Hindu digambarkan duduk diatas lotus merah muda. Yang dianggap telah mencapai pencerahan tertinggi.
  • Lotus biru : sebagai sumber pengetahuan.

Masyarakat mesir juga mempunyai kepercaaan lain terhadap bunga lotus. yang di anggap sebagai lambang kendali atas pikiran dan semangat dalam melepas sikap materialistis dalam hidup. Yang memiliki tujuan untuk mencapai kesempurnaan jiwa.

Orang-orang Budha dan China pun menjadikannya sebagai inspirasi karya seni, arsitektur serta desain bangunan.

Masyarakat Indonesia lebih mengenal bunga ini dengan nama seroja yang dalam bahasa Inggris bernama Indian lotus, sacred lotus dan juga bean of India.

Perbedaan antara Bunga Lotus dan Teratai

Perbedaan antara bunga lotus dan teratai

Meskipun kedua bunga ini sering disamakan, Namun mereka memiliki perbedaan yang jelas dari bentuk morfologinya. Perbedaannya antara bunga lotus dan bunga teratai antara lain :

1. Kelopak bunganya

Bunga lotus memiliki kelopak yang berbentuk agak bulat dan besar. Bentuknya pun tidak beraturan dan juga tidak terlalu banyak.

Sedangkan bunga teratai memiliki kelopak yang berbentuk runcing dan juga panjang. Tangkai dari bunga ini bertumpuk rapi.

 

2. Warna bunga

Warna bunga lotus sendiri memiliki warna yang bervariasi diantaranya putih bersih, kuning, merah muda, merah serta biru.

Begitupun dengan bunga teratai yang juga memiliki warna yang beragam, seperti putih, kuning, merah muda, serta ungu yang saling tercampur.

 

3. Bentuk Batangnya

Bentuk batang dari bunga lotus adalah seperti tabung kosong yang pada bagian tengahnya terdapat ruang. Yang memiliki fungsi untuk mengalirkan udara. Biasanya tanaman lotus dapat tumbuh hingga 1 atau 1,5 meter. Batang lotus tidak mengambang dia atas air.

Sedangkan batang teratai berbetuk bulat memanjang dan memiliki rongga serta berwarna hijau. Yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan cadangan oksigen,sebagai alat pengantar oksigen dari daun menuju akar.

Selain itu batang teratai juga sebagai penopang bunga dan juga daun. Berbeda dengan batang lotus yang tidak bisa mengambang batang teratai dapat mengapung di air.

 

4. Bentuk daunnya

Bentuk daun dari bunga lotus adalah bulat tanpa belahan dan bagian tepinya bergelombang dengan warna daun hijau tua yang di permukaan atas dan bawah sama. Daunnya juga memiliki lapisan lilin seperti daun kelor.

Sedangkan bentuk daun dari teratai adalah sama dengan lotus yaitu bulat tetapi memiliki belahan pada satu sisinya. Memiliki warna yang cenderung keunguan pada bagian bawah dan juga atas permukaan daun.

Sama dengan lotus yang memiliki lapisan lilin begitupun juga dengan daun teratai.

 

Cara Budidaya dan Penanaman

Jika kalian ingin memiliki atau ingin menanam sendiri di kolam rumah kalian caranya cukup mudah kok. Tetapi kalian harus sabar dan juga sangat teliti dalam penanaman maupun perawatannya.

Bunga ini juga membutuhkan waktu sekitar 2 bulan dari penanaman bibit untuk bisa menikmati keindahannya. Cara menanam bunga lotus melalui bijinya adalah sebagai berikut :

1. Bibit lotus

Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan benih. Untuk mendapat bibit bunga kita bisa mendapatkannya di toko bibit bunga terdekat. Tapi dalam memilihpun kita harus teliti agar kualitas benih yang kita peroleh terjamin dan unggul.

Tapi jika kalian mendapatkan benih dari bunga lotus indukan, maka benih dapat berasal dari biji lotus. Jika berasal dari biji langkah yang harus kalian lakukan yang pertama adalah buka biji menggunakan gunting atau benda tajam lain yang steril.

Saat mengguntingnya usahakan tidak mengenai embrio dan merusaknya jadi kalian harus hati-hati. Kemudian biji yang suda di gunting dapat di semai dan tunggu hingga tumbuh menjadi bibit.

2. Cara Menyemai

Cara menyemai bunga lotus

Cara menyemai bunga lotus dapat dilakukan dengan cara menyiapkan wadah berupa ember atau lainnya. Yang terpenting dapat berfungsi sebagai kolam sesuai jumlah bibit yang akan di tanam.

Kemudian wadah itu dibersihkan dan isislah dengan air yang bersih. Kemudian masukkan bibit lotus ke dalam wadah  dan tunggu hingga muncul akar pada bijinya.

Air pada wadah harus diganti 2 kali sehari pada pagi dan juga sore hari. Agar airnya selalu dalam keadaan bersih. Setelah satu minggu biasanya akarnya akan mulai tumbuh setelah masa semai.

Jika kalian tidak tahu benih mana yang sudah siap tanam, maka pilihlah benih yang sudah memiliki akar lembut sekitar 2 sampai 3 helai. Atau juga bisa memilih benih yang sudah berumur setidaknya 2 minggu.

Selain itu, kalian juga bisa memilih benih yang telah tumbuh sekitar 3 sampai 5 cm. Jika sudah memilih benih yang sudah siap tanam lalu pindahkanlah tanaman ke media tanam kolam yang lebih luas.

3. Media tanam

Media tanam bunga lotus

Media tanam bunga lotus yang paling utama adalah air bukan tanah seperti pada umumnya tanaman lain. Siapkanlah wadah atau media tanam berupa kolam atau apapun yang bisa di jadikan kolam. Lalu isilah gwadah denagn tanah dan pupuk pada bagian dasar.

Setelah itu isilah dengan air. Bisa juga di tanam dalam pot, tetapi pilihlah pot yang tidak berlubang atau yang dapat menyebabkan bocor.

Media tanam yang di gunakan pada permukaannya harus halus agar tidak mengganggu pertumbuhan daun lotus yang akan tumbuh melebar. Kemudian tanamlah ke media yang sudah di siapkan.

Saat menanamnya pastikan akar tanaman lotus menyentuh tanah bagian dasar dengan mengurangi air jika permukaannya terlalu tinggi. Kita dapat memberikan pupuk selang 2 minggu setelah pembenihan agar tanaman lotus tumbuh dengan optimal.

4. Cara Merawat 

Cara merawat bunga lotus

Cara merawatnya hampir sama dengan tanaman yang lain seperti penempatan tanaman pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung agar tanaman lotus cepat berbunga dan tumbuh dengan baik.

Dan juga pastikan angin pada tempat yang akan ditanami lotus. Tempat yang bagus adalah tempat yang jarang terkena angin agar tangkai lotus tidak mudah patah dan rusak.

Setelah itu semprotkan pestisida minimal 2 minggu sekali agar penyakit seperti kutu daun atau yang lainnya tidak menyerang daun lotus ketika musim hujan datang.

Pemberian pupuk sebaiknya adalah pupuk cari sekitar 2 bulan sekali agar unsur hara yang di butuhkan tanaman dapat tercukupi.

Agar tanaman tetap terlihat cantik pangkaslah daun yang sudah layu, mati ataupun yang sudah mengering. Kita juga bisa mengisi media tanamnya dengan ikan. Tujuannya adalah agar tidak terdapat sarang nyamuk karena ikan yang ada di dalam media akan memakan jentik-jentik nyamuk.

Manfaat Bunga Lotus

1.Sebagai obat herbal,

2.Sebagai bahan makanan yaitu pada bijinya,

3.Mengatasi jantung koroner,

4.Meredakan hipertensi,

5.Mengobati mimisan,

6.Mengobati sakit kepala,

7.Meningkatkan stamina,

8.Mengobati liver dan empedu,

9.Menyembuhkan step,

10.Mengurangi insomnia,

11.Mencegah dan mengobati hepatitis,

12.Mengobati lambung dan usus,

13.Menghaluskan kulit,

14.Mengobati batuk dan muntah darah,

15.Mengobati disentri,

16.Mengatasi penyumbatan pembuluh darah,

17.Menghentikan pendarahan,

18.Sebagai penghias kola,

19.Sebagai bahan baku kerajinan,

20.Sebagai pembungkus ikan,

21.Menjadi ramuan obat tradisional.

Dan masih banyak lagi manfaat dari bunga ini yang bermanfaat bagi tubuh maupun lingkungan kita.

Leave a Comment