Filosofi Bunga Teratai Serta Morfologi dan Manfaatnya

Bunga teratai atau yang juga memiliki nama lain waterlily ini, nama lain tersebut di ambil dari bahasa Inggris. Tanaman air adalah dari jenis bunga ini tersebut.

Filosofi dan juga makna dari bunga ini pun juga banyak. Nymphaea adalah genus dari bunga ini. Bunga ini terkadang juga disebut bunga lotus oleh masyarakat Indonesia karena dianggap sama.

Genus dari kedua bunga ini berbeda, seperti yang di bahas sebelumnya teratai bergenus Nymphaea. Sedangkan Nelumbo adalah genus dari lotus.

Karena bentuknya yang hampir sama dan masyarakat Indonesia belum bisa membedakannya. Untuk membedakannya hanya dengan melihat bunganya mengapung atau tidak di atas air.

Yang mengapung di atas air adalah bunga teratai, sedangkan yang tidak mengapung di atas air adalah bunga lotus.

Filosofi dan Makna Bunga Teratai

Filosofi dan makna bunga teratai
wallpapershit.com

Filosofi bunga ini sangat banyak, filosofi atau makna tersebut diambil berdasarkan warna yang bervariasi. Filosofi dari warna bunga tersebut adalah sebagai berikut :

1. Merah

Merah
pixnio.com

Warna merah ini tidak seperti warna merah muda yang memunculkan warna yang lembut tetapi warna merah ini sangat pekat. Bisa dikatakan hampir mirip dengan warna merah mawar yang sangat indah.

Warna merah dari bunga ini menjadi simbol yang sangat positif yaitu kasih sayang dan juga cinta. Tetapi terkadang juga menjadi simbol negatif yaitu emosi dan juga nafsu.

Bahkan bentuk kelopak dari warna bunga ini pun memiliki makna tersendiri. Kelopak bunga ini memiliki bentuk yang terbuka. Hal tersebut memiliki makna yaitu hati yang sangat tulus karena terbuka untuk menolong semua orang.

2. Biru

Biru
gambarterhits.blogspot.com

Warna ini biasanya mempunyai warna tidak yang seperti biru cerah, melainkan warna semburat biru dengan agak sedikit keunguan. Warna tersebut adalah gradasi yang sangat indah.

Warna bunga ini menjadi simbol dari pengetahuan, kebijaksanaan, dan juga kecerdasan.

3. Merah muda

Merah muda
pikist.com

Warna ini biasanya dianggap sangat lembut. Karena warnanya yang tidak terlalu terpancar dengan cerah. Tetapi sangat lembut dengan semburat merah agak keputih-putihan.

Warna ini menjadi simbol dari derajat dan juga kedudukan yang memiliki tingkat yang sangat tinggi.

Maka dari itu bagi pemeluk agama Buddha warna bunga ini mereka kaitkan dengan kedudukan dewa. Hal tersebut biasanya terjadi di masyarakat Tiongkok.

4. Putih

Putih
rohmatchemistry.staff.ipb.ac.id

Putih adalah warna yang suci dan juga bersih. Itulah warna ini menjadi simbol kesucian dan perdamain. Dan juga dianggap menjadikan jiwa kita cerah, dan memjadikan pikiran kita sempurna serta dalam hal spiritual juga menjadi cerah.

Taksonomi

Taksonomi
tokofd.blogspot.com

Taksonomi ini membahas tentang klasifikasi ilmiah dari sesuatu hewan maupun tumbuhan. Bunga teratai ini pastinya juga memiliki klasifikasi yaitu sebagai berikut :

KingdomPlantae
DivisiMagnolipyta
KelasMagnoliopsida
OrdoNymphaeales
FamiliNymphaeaceae
GenusNymphaea

 

Habitat Bunga Teratai

Habitat bunga teratai
watyutink.com

Habitat dari bunga ini adalah air. Kondisi air yang dapat ditumbuhi bunga ini haruslah tenang, air yang kotor ataupun bersih, bunga ini tetap dapat tumbuh dengan baik asalkan air tersebut tenang.

Di wilayah yang memiliki sub tropis ataupun tropis bunga ini juga bisa tumbuh. Pada umumnya sebaran bunga ini di wilayah yang memiliki iklim tropis asalnya dari Mesir.

Morfologi dari Bunga Teratai

Morfologi dari bunga teratai
arifsalda.com

Bunga ini masih dianggap sama oleh kebanyakan orang dengan lotus. Yang dapat membedakannya bukan hanya dari mengapungnya.

Agar kita dapat membedakannya, mari kita pehatikan morfologi bunga tersebut melaui pembahasan berikut ini :

1. Akar

Akar
kumparan.com

Akar dari bunga ini berada di bawah air, jadi kalian melihatnya dari atas air tidak akan kelihatan. Jika kalian ingin melihatnya haruslah di angkat terlebih dahulu bunganya.

Kalian juga bisa melihatnya di pasar yang menjual akar tanaman ini. Batangnya pun juga berada di bawah air.

2. Tangkai

Tangkai
kdngroup.co.id

Tangkai bunga ini tumbuh dari dasar lumpur. Di lumpur terdapat sesuatu yang bernama rizoma. Dari rizoma inilah asalnya bunga ini. Di tengah daun lah posisinya jika kalian ingin melihat tangkai bunga ini.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kondisi air yang cocok untuk bunga ini tumbuh adalah tenang. Daerah yang memiliki kondisi air tenang seperti rawa, sungai, dan juga kolam.

3. Daun

Daun
pertanianku.com

Daun tumbuhan ini berada di atas air, sama seperti bunga tumbuhan ini. Biasanya daun ini ukuran yang lebih besar dari bunga, bahkan di beberapa wilayah jenis lain dari bunga ini dapat menopang tubuh manusia.

Dikarenakan ukuran yang dimiliki berkisar antara 1 sampai 2 meter. Karena ukuran tersebut, apabila kita melihatnya dari atas hampir mirip dengan wadah yang digunakan sebagai tempat saji.

Bentuk daun bunga ini yaitu bulat. Daun ini memiliki tepi yang halus, tetapi pada beberapa jenis bunga ini memiliki tepi yang sedikit bergerigi. Dan daun ini cenderung menggulung ke dalam, tetapi hanya sedikit.

Daun bunga ini memiliki warna yang beragam, yaitu warna hijau tua dan juga ada yang memiliki warna cerah yaitu hijau tetapi sedikit muda.

Berbeda dengan daun lotus yang di permukaan daunnya terdapat lilin, sedangkan teratai tidak memiliki lapisan lilin. Itulah mengapa tidak ada tetesan air di permukaan daun teratai.

4. Bunga

Bunga
bibitbunga.com

Bunga tumbuhan ini berada di atas air. Seperti yang sudah dibahas bahwa dari tangkailah bunga ini tumbuh atau muncul. Bunga ini memiliki ukuran yaitu antara 5 sampai 10 cm.

Bunga ini adalah rimpang yang memanjang. Bunga ini memiliki jenis yang banyak begitu pula dengan warnanya.warna-warna tersebut antara lain ungu kebiruan, semburat merah muda, dan juga putih bersih.

Biasanya terdapat warna kuning yang berada di tengah daun.

Manfaat Bunga Teratai

Manfaat bunga teratai
doktersehat.com

Manfaat bunga teratai bukan hanya sebagai tanaman hias, tetapi masih banyak lahi manfaat dari bunga ini. Dalam kehidupan sehari-hari baik apalagi di bidang kesehatan.

Manfaat teratai tersebut diantaranya :

  • Mengobati batuk,

terdapat kandungan asam nikotinat dalam bunga ini. Asam tersebut dapat mengatasi batuk dan muntah darah. Dengan cara ambil rimpangnya lalu bersihkan.

Setelah itu rimpang tersebut dijadikan jus setelah itu minumlah. Dengan takaran 3 kali sehari. Dan minumlah sekitar 5 hari secara berurutan tanpa selang seharipun.

  • Menghentikan mimisan,

untuk mengatasinya kita memerlukan zat besi yang terkandung di dalam bunga ini. Karena sel darah merah akan di bentuk oleh zat besi.

Untuk menggunakannya kita memerlukan akar dari tanaman tersebut, lalu dibersihkan kemudian di buat jus. Setelah itu jus tersebut di saring. Dan cara pemakaiannya adalah dengan di teteskan.

  • Mengobati diare,

sama dengan cara mengobati batuk, cara mengobati diare pun juga sama yaitu dengan memanfaatkan rimpangnya. Selain mengandung asam nikotinat, rimpang ini juga mengandung mineral.

Rimpang ini akan dijadikan jus dengan ukuran sebanyak 50 gram. Lalu ditambah dengan jahe sebanyak 10 gram. Dengan takaran sehari diminum sebanyak 2 kali.

  • Mengatasi insomnia,

bagian yang dapat dimanfaatkan untuk insomnia ini adalah biji bunga ini. Karena mengandung vitamin dan juga fosfor.

Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan di rebus. Biji yang di butuhkan adalah sebanyak 12 gram, lalu rendamlah sekitar 30 menit. Dan kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas.

Rebus sampai sama dengan ukuran satu gelas air saja. Munum air rebusan selagi masih hangat dan jangan disaring.

  • Menetralkan tekanan darah,

bagian yang dapat digunakan yaitu tunas bunga tersebut. Tekanan darah dapat diturunkan dengan kandungan lemak yang terdapat didalam bunga tersebut.

Cara mengonsumsinya adalah dengan di rebus. Bukan hanya menggunakan tunas tapi juga menggunakan biji dengan ukuran biji sebanyak 10 gram. Sedangkan tunas sebanyak 15 gram.

Kedua bagian tersebut direbus dalam dengan air sebanyak 350 cc. Sisakan air sebanyak 200 cc.

  • Melancarkan haid,

yang digunakan adalah ekstrak dari daun bunga teratai.

  • Mencegah gusi infeksi,

yang digunakan adalah kandungan kuersetin dalam daun bunga ini.

  • Mengatasi jerawat,

dengan cara mengolesi wajah dengan ekstrak teratai dengan rutin.

  • Mengurangi peradangan

yang di gunakan adalah biji.

  • Menurunkan demam

kandungan antripetik dalam bunga ini yang dalam bentuk ekstrak teratai.

  • Mencegah kanker

kandungan dalam bunga teratai yang dapat mencegah kanker adalah neferine.

  • Meningkatkan imunitas.
  • Mengurangi sakit kepala

cara untuk menggunakannya adalah dengan direbus.

  • Mengatasi masuk angin

cara mengonsumsinya dengan di rebus dan dicampur dengan madu, minum selagi hangat.

  • Menjaga rahim tetap sehat.
  • Meningkatkan pencernaan

kandungan yang terdapat tumbuhan yang dapat digunakan adalah serat.

  • Menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan kesehatan otak

kandungan vitamin B6 dari bunga teratai ini dapat menyehatkan mental.

  • Menyehatkan kulit dan rambut

kandungan vitamin B dan C dalam tumbuhan ini dapat membuat kulit bercahaya dan rambut menjadi halus.

  • Mengurangi stress, jantung,

dan masih banyak lagi.

Leave a Comment