Bunga Kenanga – Ciri, Manfaat dan Cara Budidaya

Di Indonesia sudah banyak yang membudidayakan bunga kenanga. Jadi untuk masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan nama maupun bentuk kenanga.

Kebanyakan orang-orang hanya membudidayakan beberapa kelompok saja, beberapa kelompok tersebut terdiri dari Ylang-ylang dan juga Cananga. Tentunya ke 2 kelmpok tersebut berbeda.

Lebih tepatnya mereka berbeda dalam cabang yang mereka miliki. Ylang-ylang memiliki percabangan tidak tegak serta terkulai. Ukuran daunnya juga berbeda, daun ylang-ylang lebih kecil dibanding Cananga.

Sementara pertumbuhan cabang milik Cananga lurus lagi tegak. Bukan hanya bentuk cabang dan daunnya tempat asal mereka pun berbeda. Tempat asal Ylang-ylang ialah Filipina, sedangkan tempat asal Cananga ialah Indonesia.

Lebih tepatnya tempat asalnya di Indonesia ialah dari Provinsi Aceh dan juga Sumatra Utara. Sebaran kenanga tidak hanya sampai di Indonesia melainkan sudah sampai ke Melanesia, Polinesia, serta Mikronesia.

Di Indonesia sendiri kenanga terkenal dan sangat kental akan mitosnya. Sehingga banyak upacara adat yang menggunakan kenanga di dalamnya misalnya pernikahan.

Tentunya tumbuhan kenanga juga memiliki nama latin seperti tumbuhan yang lain. Cananga odorata,  nama latin dari bunga kenanga.

Taksonomi

Taksonomi
pinterest.com

Taksonomi atau sering disebut kalsifikasi ilmiah kenanga guna mengetahui dari mana nama latin tersebut bisa dihasilkan. Kalsifikasi ilmiah kenanga bisa kita ketahui dan pelajari sebagaimana dibawah ini :

 

DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
Kladangiosperms, magnoliids
OrdoMagnoliales
FamiliAnnonaceae
GenusCananga
SpesiesCananga odorata

Habitat

 Habitat bunga kenanga

bibitbunga.comHabitat yang cocok untuk kenangan ialah kawasan yang memiliki iklim tropis. Selain itu ketinggian yang cocok untuk menanam tanaman kenanga haruslah berada di bawah 1.200 meter di atas permukaan laut.

Suhu yang diperlukan kenanga untuk tumbuh dengan subur haruslah antara 20 derajat sampai 30 derajat Celcius. Suhu tersebut biasanya terjadi pada siang hari.

Terkadang beberapa jenis kenanga juga dapat tumbuh di kawasan yang memiliki suhu sekitar 16 derajat sampai 34 derajat Celcius. Dalam setahun jumlah curah hujan yang bagus untuk pertumbuhan kenanga haruslah antara 1.500 sampai 2.000 mm.

Asal 

Asal bunga kenanga
wikipedia.org

Asal bunga kenanga ini dari Asia Tenggara. Karena kawasan tersebut memiliki ketinggian yang cocok dengan yang sudah di bahas sebelumnya. Suhu serta curah hujan yang dimiliki kawasan tersebut juga sangat bagus untuk pertumbuhan kenanga.

Morfologi dan Ciri Tumbuhan Kenanga

Morfologi dan ciri tumbuhan kenanga
tanaman—herbal.blogspot.com

Morfologi dan ciri tumbuhan kenanga asli asal Indonesia yang bisa kita ketahui antara lain :

1.Bentuk batang bunga kenanga

Bentuk batang bunga kenanga
tanobat.com

Bentuk batang yang dimiliki tanaman kenanga ini lurus. Struktur yang dimiliki kenanga ketika masih muda sangatlah rapuh dan sangat mudah untuk dipatahkan meskipun jenisnya berkayu.

Tetapi ketika usianya bertambah, kayu tersebut akan semakin kuat serta keras, sehingga tidak mudah untuk dipatahkan. Ukuran diameter yang dimiliki batangnya cukup besar antara 0,1 sampai 0,7 meter.

Untuk mencapai ukuran tersebut haruslah tumbuh hingga puluhan tahun. Pada umumnya batang kayu pohon kenanga ini dapat dimanfaatkan sebagai peredam suara.

2.Bentuk daun bunga kenanga

Bentuk daun bunga kenanga
bobo.grid.id

Bentuk daun yang dimiliki oleh tanaman kenanga pada umumnya pada bagian ujungnya runcing.

Warna daunnya juga layaknya daun pada umumnya yang hijau, bedanya pada permukaan daunnya agak mengkilap serta halus. Namun bertekstur agak sedikit gelombang.

3.Bentuk bunga kenanga

Bentuk bunga kenanga
kumparan.com

Bentuk bunga tanaman kenanga ini hampir mirip dengan bintang lain. Seperti sifat bintang laut yang lembek, begitupun dengan bunga tanaman kenanga ini yang memanjang serta terkulai.

Jumlah kelopak dalam setiap bunga ini sekitar 6 helai serta memiliki ukuran yang kecil namun panjang. Warna bunganya kuning kehijauan. Meskipun terkadang lebih dominan dan cenderung ke warna kuning atau hijau muda.

Aroma yang dimiliki bunganya sangatlah harum. Karena keharumannya, bunganya sering diambil ekstraknya dan dijadikan bahan pembuatan wewangian serta minyak.

4.Bentuk buah bunga kenanga

Bentuk buah bunga kenanga
tanobat.com

Mungkin dari kalian tidak mengetahui bahwa tanaman kenanga ini tidak memiliki buah. Bentuk buah dari tanaman kenanga ini oval. Tetapi bentuk tersebut didapatkan ketika telah tumbuh dengan penuh.

Selain itu ketika telah tumbuh dengan penuh daging buahnya akan tebal. Warna yang dihasilkan juga akan menghitam.

Sedangkan jika belum tumbuh dengan penuh bentuk yang di dapatkan oleh buah kenanga ini oblong dan masih berbentuk bakal. Warna yang dihasilkan masih hijau.

Bakal bijinya memiliki jumlah yang sangat banyak. Pada umumnya dalam satu tangkai utama akan menghasilkan buah sebanyak 6 hingga 10 buah. Sedangkan satu buah dapat menghasilkan biji sekitar 8 sampai 12 biji.

5.Ukuran tanaman kenanga

Ukuran tanaman kenanga
fokusjabar.id

Ukuran tanaman kenanga cukup besar dan juga tinggi. Hanya dalam kurun waktu setahun kita menanamnya, kenanga sudah dapat tumbuh hingga 5 meter.

Bahkan terkadang dapat mencapai ketinggian sekitar 12 meter dan itu sudah maksimal. Hal tersebut dapat terjadi karena pertumbuhan tanaman kenanga ini sangat cepat.

Minyak Atsiri Bunga Kenanga

Minyak atsiri bunga kenanga
atsirich.com

Dengan flora yang dimiliki oleh Negara Indonesia yang sangat banyak apalagi tanaman kenanga yang melimpah. Dengan begitu Indonesia memanfaatkannya untuk dijadikan bahan pembuatan minyak atsiri.

Karena hal tersebut Indonesia di nobatkan sebagai salah satu penghasil minyak atsiri terbesar di dunia. Di dalam atsiri tidak hanya mengandung bagian bunganya saja melainkan ada beberapa bagian lain.

Bagian lain tersebut antara lain akar, batang, dan juga daun kenanga. Seperti yang kita ketahui bahwa sumber devisa ekonomi negara Indonesia adalah minyak bumi bahkan terbesar.

Ternyata bukan hanya minyak bumi, minyak atsiri pun memiliki peran besar dalam devisa negara Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyak negara yang menjadikan minyak atsiri Indonesia sebagai bahan pembuatan parfum.

Jenis kenanga yang dijadikan dalam pembuatan minyak atsiri ini berasal dari spesies Cananga odorata forma macrophylla yang termasuk jenis kenanga yang biasa saja.

Untuk menghasilkan minyak atsiri yang berkualitas tinggi, biasanya menggunakan kenanga yang memiliki warna kuning dan juga kuning kehijauan. Bahkan pohon yang digunakan pun tidak boleh sembarangan.

Umur pohon yang bagus untuk dijadikan bahan pembuatan minyak ini sekitar 10 tahun-an. Dari satu pohon kenanga kita bisa mendapatkan bunga sebanyak 120 kg dalam setahun.

Dengan bunga sebanyak itu kita bisa mendapatkan minyak atsiri sebanyak 350 gram. Minyak atsiri ini mengandung anti jamur dan antiseptik yang mampu menenangkan dan juga merelaksasi serta tekanan darah kita dapat diturunkan.

Kendala yang sering dialami ketika memproduksi minyak atsiri ini ialah jumlah bunga yang tidak dapat terpenuhi. Tetapi hal tersebut sudah sedikit dapat diatasi.

Cara mengatasinya yaitu dengan menanam tumbuhan kenangan di lahan yang sudah disediakan secara khusus untuk tanaman kenangan tersebut. Meskipun begitu kita belum bisa mencapai jumlah yang diinginkan.

Hal tersebut dikarenakan jumlah permintaan dari berbagai negara mengalami peningkatan. Oleh karena itu meskipun di tambah setiap tahun, setiap tahun juga akan selalu meningkat permintaan tersebut.

Bebrapa upaya juga sudah dilakukan untuk menangani hal tersebut dilakukan beberapa cara seperti tegakan kenanga ditambah, lahan untuk menanam kenanga diperluas, serta peremajaan pada tanaman yang sudah tua.

Kualitas Minyak Atsiri Kenanga

Kualitas minyak atsiri kenanga
news.campbell.edu

Kualitas minyak atsiri kenanga ini bisa kita dapatkan dengan proses pengeringan yang baik, panen di usia yang tepat, membudidayakannya dengan benar serta waktu penyimpanan yang sesuai.

Penyimpanan tersebut dilakukan setelah dari proses pengeringan. Metode yang diterapkan dalam proses apapun itu tidak boleh sembarangan harus benar, tepat, dan sesuai.

Seperti pemilihan benih yang tepat dan bermutu tinggi dan memiliki kualitas yang baik kita dapat melihatnya dari segi fisiologi, patologi, genetik, dan juga fisik.

Cara Membudidayakan Bunga Kenanga

Cara membudidayakan bunga kenanga
anekabibitmurah.com

Cara membudidayakan bunga kenanga ini bisa dibilang cukup mudah. Mudah karena pada umumnya cara untu membudidayakannya cukup benih dari tanaman kenanga di tabur di lahan yang sudah tersedia.

Tetapi menabur yang dimaksud disini bukan seperti disebar secara sembarang melainkan dengan menaruh benih di tanah yang sudah disiapkan sedalam 5 cm.

Setelah itu berilah antara benih satu dengan benih yang lain jarak kurang lebh 6 x 6 cm. Tidak perlu perawatan yang khusus dalam merawat tanaman kenanga.

Hal tersebut dikarenakan tanaman tersebut dapat menyesuaikan tempat atau lingkungan yang ada di sekitarnya. Tanaman kenanga akan melakukan sendiri pertumbuhannya tanpa bantuan banyak dari tenaga manusia, meskipun tidak tumbuh sebaik di habitatnya.

Manfaat dari Bunga kenanga

Manfaat dari bunga kenanga
tokobungadijakartautara.com

Manfaat dari bunga kenanga ini bukan hanya dapat dijadikan sebagai minyak atsiri untuk meningkatkan ekonomi. Tetapi juga bermanfaat dibidang kesehatan, kecantikan, dan juga dalam kehidupan sehari-hari atau umum antara lain :

1.Manfaat dalam kehidupan sehari-hari atau umum

  • Mencegah bau badan, cara menggunaknnya yaitu dengan merebus bunga yang sudah kering dengan ditambah air dan juga gula batu, lalu minum dalam kedaan hangat.
  • Dijadikan sebagai aromaterapi

2.Manfaat dalam bidang kesehatan

  • Mengatasi gangguan kecemasan
  • Meredakan stres
  • Dapat menenangkan pikiran
  • Mengobati hipertensi
  • Mengatasi infeksi jamur
  • Dapat meningkatkan gairah seks
  • Mengatasi penyakit sesak napas

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak atsiri atau bisa juga dengan menumbuk sendiri bunga tanaman kenanga, serta dengan menghirup aromanya saja.

3.Manfaat dalam bidang kecantikan

  • Merawat kulit yang kering
  • Melembabkan kulit
  • Menghaluskan kulit
  • Mengatasi kuli kepala yang juga kering
  • Menjadikan rambut halus

Cukup dengan mengoleskan minyak atsiri ke bagian kulit dan juga rambut yang kering setelah itu bilas dengan air yang bersih.

Leave a Comment