Bunga Sedap Malam di Indonesia Jenis dan Manfaatnya

Bunga sedap malam ini begitu terkenal di wilayah Indonesia, banyak masyarakat menggunakannya di berbagai acara adat di sebagian daerah yang ada di Indonesia. Namun ternyata tanaman sedap malam ini tidak berasal dari Indonesia asli.

Melainkan tempat asal tumbuhan sedap malam ini ialah Meksiko. Acara adat yang sering menggunakan tumbuhan sedapa malam ini misalnya dalam prosesi pernikahan dan juga ritual keagamaan.

Aroma khas yang sangat wangi bunga sedap malam sering dijadikan sebagai pengharum ruangan juga. Hal tersebut dikarenakan aroma nya dapat mengisi seluruh ruangan.

Bahkan terkadang juga sering digunakan di rumah makan atau sejenisnya dan juga beberapa ruangan yang ada di hotel. Terkadang di rumah pun juga banyak yang menggunakannya di dalam ruangan misalnya kamar atau ruang tamu.

Bukan hanya di indonesia yang menggunakannya di dalam prosesi pernikahan, India dan beberapa negara lain juga menggunakannya. Mereka lebih menggunakannya sebagai dekorasi di dalam acara tersebut.

Sedangkan di Hawaii, mereka menggunakannya dalam prosesi pernikahan sebagai pakaian yang dipakai oleh pengantin wanita. Bukan berarti pakaiannya terbuat dari sedap malam tetapi digunakan sebagai ornamen hiasan saja.

Berbeda lagi di negara Inggris terlebih lagi masa Victoria, bukan dimanfaatkan di dalam prosesi pernikahan yang membahagiakan seperti negara yang lain. Tetapi justru di negara ini di gunakan dalam prosesi pemakaman, bahkan sedap malam dijadikan bagian yang terpenting di dalamnya.

Taksonomi Bunga Sedap Malam

Taksonomi bunga sedap malam
koran.id

Taksonomi atau yang juga disebut klasifikasi ilmiah bunga sedap malam yang terkenal akan aroma wangi yang dimilikinya yang begitu khas dapat kita pelajari di bawah ini :

Kingdom       :           Plantae

Divisi             :           Magnoliophyta

Kelas             :           Liliopsida

Ordo             :           Asparagales

Famili            :           Agavaceae

Genus            :           Polianthes

Spesies          :           P. tuberosa

Habitat dan Sebaran

Habitat dan sebaran
tamanflorafauna.blogspot.com

Ketinggian kawasan yang baik untuk menanam tumbuhan sedap malam sekitar 700 sampai 1.500 meter di atas permukaan laut. Disana tumbuhan sedap malam dapat hidup dengan baik.

Sedangkan suhu yan bagus dan sesuai untuk pertumbuhannya antara 13 derajat hingga 27 derajat Celcius. Sementara harus bercurah hujan dalam setahun sekitar 1.900 sampai 2.500 mm.

Bukan hanya itu, sinar matahari yang cukup juga sangat dibutuhkan oleh tumbuhan sedap malam.

Asal Bunga Sedap Malam

Asal bunga sedap malam
balithi.litbang.pertanian.go.id

Dalam bahasa melayu, sedap malam ini lebih dikenal dengan sundal malam. Seperti yang kita ketahui bahwa sedap malam ini sangat lekat dengan tradisi dan juga adat yang ada di Indonesia.

Karena terlalu erat hubungan anatar sedap malam dengan tradisi yang ada di nusantara, banyak orang yang salah mengartikan bahwa sedap malam merupakan tumbuhan asli dari Indonesia.

Tetapi yang sebenarnya sedap malam ini bertempat asal dari Meksiko. Sedap malam pun memiliki sebutan lain misalnya Omixochitl. Nama itu diberikan oleh Bangsa Aztec. Nama tersebut memiliki arti bunga tulang.

Sebaran tumbuhan sedap malam dimulai pada tahun 1530 ke Eropa. Tanaman sedap malam dibawa ke Eropa oleh seorang misionaris yang berasal dari Prancis.

Misinaris tersebut bukan hanya membawa tumbuhan sedap malam ke Perancis saja, melainkan ke beberapa negara ang masih tetangga dengan negara tersebut misalnya Italia.

Oleh karena itu, pelan-pelan bunga itu makin dikenal oleh banyak orang. Tumbuhan sedap malam bisa sampai ke Indonesia karena dibawa pertama kali oleh bangsa kolonial dulu.

Dan tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan baik karena Indonesia memiliki iklim tropis. Dikarenakan tumbuhan sedap malam ini dapat hidup di wilayah yang memiliki iklim sub tropis maupun tropis.

Di tempat asalnya yaitu Meksiko tumbuhan sedap malam memiliki nama nardo atau vara de San Jose. Sebutan tersebut tentunya memiliki arti yaitu staf St. Joseph.

Berbeda wilayah berbeda pula sebutan atau nama yang diberikan. Di India sedap malam dikenal dengan rajanigandha yang memiliki arti “fragrant at night”. Jika dalam bahasa Indonesia memiliki arti “sedap malam”.

Pemberian nama tumbuhan sedap malam ini sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya. Karaktersitik tersebut berupa mekar bunganya hanya saat malam hari saja.

Sedangkan di Hawaii sedap malam lebih dikenal dengan kupaloke. Sementara sundal malam, nama sedap malam dalam bahasa melayu.

Bunga Sedap Malam di Indonesia

Bunga sedap malam di Indonesia
indozone.id

Bunga sedap malam di Indonesia ini sudah banyak daerah yang sudah membudidayakannya misalnya di pulau Sumatra dan juga Jawa. Di wilayah Jawa Barat yang banyak menghasilkan sedap malam antara lain Subang, Tasikmalaya, Sukabumi, Kuningan, Ciamis, Cianjur,dan juga Garut.

Sedangkan di wilayah Jawa Tengah daerah yang menghasilkan sedap malam antara lain Semarang, Magelang, dan juga Ambarawa. Sementara di Jawa Timur khususnya daerah Pasuruan, sedap malam juga banyak dibudidayakan oleh petani disini.

Setelah tadi semua Pulau Jawa, sekarang kita ke Pulau Sumatra. Di Pulau Sumatra hanya wilayah Brastagi, Sumatra Utara yang membudidayakan sedap malam.

Meskipun masyarakat Indonesia sering menggunakannya dalam berbagai adat dan juga tradisi, tetapi permasalan tentang keterbatasan persediaan atau pemasaran sedap malam ini sering terjadi.

Selain digunakan dalam adat dan juga tradisi, sedap malam juga sering dijadikan bahan baku pembuatan minyak atsiri. Tetapi dalam hal tersebut belum secara maksimal dalam pelaksanaannya.

Yang menjadi kendala dalam masalah tersebut ialah tentang penggunaan jenis sedap malam dalam pembuatan minyak atsiri yang perlu dilakukan penelitian yang berkala.

Sedangkan di luar negeri, tumbuhan sedap malam dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat dan juga minyak. Namun mereka mampu mengembangkannya dengan baik bahkan sudah sejak lama.

Selain Indonesia, banyak negara yang sudah membudidayakan sedap malam misalnya India, Maroko, dan juga Tiongkok. Sedap malam di budidayakan di ketiga negara tersebut untuk dimanfatkan sebagai bahan pembuatan parfum.

Morfologi Bunga Sedap Malam

Morfologi bunga sedap malam
idntimes.com

Morfologi atau juga bisa dikatan ciri khas atau karakteristik dari bunga sedap malam dapat kita ketahui sebagai berikut :

1.Fungsi Batang

Fungsi Batang
mommyasia.id

Batang tanaman sedap malam ini tumbuh terbagi atas umbi batang yang tidak hanya satu. Umbi batang ini memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Batang yang dimiliki tumbuhan sedap malam ini semu.

2.Ukuran Tangkai

Ukuran Tangkai
tanamancantik.com

Ukuran tangkai yang dimiliki tumbuhan sedap malam tergolong cukup kecil namun panjang. Bentuk tangkai tumbuhan sedap malam ini memanjang serta beruas-ruas.

Ruas tersebutlah yang akan menjadi tempat tumbuhan bunga sedap malam. Setiap tangkai akan terdapat 5 sampai 12 kuntum bunga. Pertumbuhan tangkai ini berada di bagian ujung dari tanaman.

3.Bentuk Daun

Bentuk Daun
ayupriasoedjarwo.blogspot.com

Bentuk daun yang dimilikinya ini memanjang serta pipih. Pada bagian permukaanya mengkilap serta memiliki warna hijau yang sedikit tua. Sedangkan warna hijau muda dimiliki oleh bagian bawah daun.

Ada bintik yang berwarna kemerahan pada bagian pangkal daunnya. Ukuran yang dimilikinya ini lumayan besar, bahkan dapat mencapai ukuran kira-kira 60 cm.

4.Pertumbuhan Bunga

Pertumbuhan Bunga
doktersehat.com

Pertumbuhan bunga sedap malam ini secara berurutan atau bertahap. Bagian kuntum bunga akan tumbuh lebih dulu. Tumbuhnya bunga tepat di bawah tangkai.

Setelah itu kuntum bagian yang lebih atas akan tumbuh secara berurutan sampai pada yang paling atas. Bunga sedap malam ini memiliki aroma yang terkenal sangat awet. Aromanya akan lebih kuat jika kita memotongnya serta ketika sudah mulai lau.

Jenis-jenis Bunga Sedap Malam

Jenis-jenis bunga sedap malam
99.co

Jenis bunga sedap malam yang sangat terkenal ada 2. Jenis sedap malam yang pertama ini, kelopak yang dimilikinya bunga tunggal atau bunga selapis. Yang termasuk dalam jenis pertama ini misalnya Albino dan juga Mexican Everblooming.

Kemudian jenis sedap malam kedua ini, memiliki ukran biasanya lebih pendek serta memiliki bunga ganda. Yang termasuk ke dalam jenis kedua ini contohnya The Pearl atau Dwarf Pearl.

Jenis sedap malam yang memiliki bunga tunggal yang berada di Indonesia, biasanya banyak ditemukan di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Di daerah tersebut juga membudidayakan sedap malam jenis semi ganda.

Jenis tersebut di Indonesia merupakan varietas unggul. Sebutan untuk jenis tersebut ialah Roro Anteng. Roro Anteng ini ternayata tidak hanya dibudidaya di daerah Pasuruan saja.

Melainkan sedap malam jenis Roro Anteng juga dibudidaya di beberapa daerah lain di Indonesia misalnya Sukabumi, Cisaat, Cianjur, dan juga Tasikmalaya.

Dan sekarang di Provinsi Jawa Timur sedap malam dijadikan sebagai maskot flora dari provinsi tersebut. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan untuk sedap malam jenis Roro Anteng ini lumayan tinggi.

Manfaat dari Bunga Sedap Malam

Manfaat dari bunga sedap malam
99.co

Manfaat dari bunga sedap malam ini lebih sering dijadikan aromatik dan juga tanaman hias. Bukan hanya itu, manfaat yang dimiliki masih ada banyak terlebih lagi dalam bidang kesehatan.

Manfaat lain dari sedap malam dalam bidang kesehatan dapat kita pelajari di bawah ini :

1.Mengobati katarak

Apabila kalian merasakan di mata kalian terdapat gejala dari penyakit katarak, kita bisa menggunakan obat berbahan dasar tumbuhan sedap malam ini. Cara mengonsumsinya cukup siapkan kuntum sedap malam sekitar 30 sampai 50 helai.

Setelah itu, siapkan air kira-kira 1,5 liter dan rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih. Cara pemakaiannya dengan mengompreskan di bagian mata air rebusan kuntum tadi saat sudah dingin.

2.Mengatasi insomnia

Cara mengatasi insomnia atau disebut juga gangguan susah tidur ini dapat menggunakan tanaman sedap malam. Dikarenakan aroma dari bunganya mampu untuk menenangkan sehingga tidur dapat lebih mudah.

Tanaman sedap malam tadi dibuat ramuan, dengan cara direbus bersamaan dengan bawang putih, bawang merah, atau juga jahe. Pilihlah salah satu diantara ketiga bahan tersebut.

Setelah mendidih air rebusan tadi disaring, kemudian minumlah dalam keadaan yang masih hangat.

3.Meringankan flu

Dalam beraktivitas, jika kita mengalami flu itu akan sangat mengganggu apa yang kita sedang lakukan. Pada umumnya flu bisa hilang sendiri, tetapi terkadang ada juga yang harus di obati baru sembuh serta memakan waktu.

Untuk benar-benar menghilangkan flu, kita dapat menggunakan obat dari tumbuhan sedap malam ini. Cara mengonsumsinya bisa disamakan dengan cara mengatasi gangguan susah tidur.

4.Meringankan radang tenggorokan

Kita akan sangat terganggu jika mengalami radang tenggorokan dalam beraktivitas setiap harinya. Karena akan sulit dalam menelan dan rasanya akan sangat gatal sehingga kita sering batuk karenanya.

Untuk meringankan sekaligus mengobatinya kita dapat menggunakan ramuan sedap malam. Ramuan itu terdiri dari jahe dan juga bunga tanaman sedap malam.

Caranya dengan merebus kedua bahan tersbut dengan air sampai mendidih. Sebelum meminumnya saringlah dulu air rebusan tadi. Meminumnya juga dalam keadaan masih hanyat secara rutin sampai radang tersebut hilang.

Leave a Comment