Bunga Celosia – Jenis, Manfaat dan Cara Menanamnya

Bunga celosia ini tumbuhan yang memiliki kelompok famili yaitu Amaranth. Afrika adalah habitat atau daerah asal tumbuhan ini tumbuh. Bunga ini memiliki nama lain yaitu jengger ayam, dari bahasa Indonesia.

Sesuai dengan nama yang diberikan dalam bahasa Indonesia tersebut karena menyerupai jengger ayam. Bunga ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena keunikan warna yang dimiliki tumbuhan ini.

Biasanya, warna yang dimiliki bunga ini diantaranya adalah oranye, kuning, merah, merah muda, dan juga ungu. Bagian kepala dari tumbuhan ini memiliki bulu-bulu yang halus serta bentuk yang hampir mirip dengan sisir runcing.

Warna daun yang dimiliki tumbuhan ini adalah hijau, tetapi hanya pada beberapa jenis saja. Selain itu, ada jenis tumbuhan ini yang memiliki warna daun yaitu merah.

Bukan hanya sebagai tanamana hias, tetapi juga sering dijadikan sebagai koleksi oleh para kolektor tanaman. Karena nilai yang dimiliki bunga ini lumayan tinggi karena memiliki keunikan tersendiri.

Taksonomi

Taksonomi
hobikebunku.blogspot.com

Taksonomi bunga ini juga perlu kita ketahui. Seperti halnya tanaman lain yang memiliki famili, kelas, ordo, dan lain sebagainya. Bunga ini juga memilikinya yaitu sebagai berikut :

KingdomPlantae
CladeAngiosperms
CladeEudicots
OrdoCaryophyllales
FamilyAmaranthaceae
SubfamilyAmaranthoideae
TribeCelosieae
GenusCelosia

 

Jenis-jenis Bunga Celosia

Jenis-jenis bunga celosia
travel.kompas.com

Jenis bunga dari tumbuhan ini pada umumnya dibagi ke dalam 2 jenis yaitu tipe plume (Celosia plume) serta Cockscomb (Celosia cristata).

Mungkin untuk orang-orang ang baru mengenal bunga ini akan sulit untuk membedakan jenis bunga ini yang sudah disebutkan di atas. Jenis Cockscomb ini mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan batu karang.

Sedangkan Celosia plume, bentuk yang dimiliki adalah hampir mirip dengan batu yang tegak. Keduanya dapat kita bedakan dari segi bentuk, kita hanya harus meneliti terlebih dahulu.

Untuk jenis Celosia plume ini banyak diemukan di wilayah Pulau Jawa. Tetapi masih banyak yang tidak mengetahuinya karena untuk membedakan kedua jenis tersebut agak sulit.

Karena mereka memiliki kesamaan yang cukup banyak. Warna yang dimiliki bunga ini begitu indah. Sehingga para pecinta tanaman hias banyak yang tertarik dengan bunga ini.

Bukan hanya dua jenis saja yang dimiliki tumbuhan ini, tetapi masih banyak lagi yang tersebar di penjuru dunia, diantaranya adalah :

  • Celosia virgata Jac q.
  • Celosia trigyna L.
  • Celosia spicata L.
  • Celosia palmeri S.Watson
  • Celosia odorata T. Cooke
  • Celosia nitida Vahl
  • Celosia leptostachya Benth.
  • Celosia isertii C. C. Towns.
  • Celosia floribunda A. Gray
  • Celosia cristata L.
  • Celosia argentea L.

Wisata Taman Bunga Celosia

Wisata taman bunga celosia
petawisatadunia.blogspot.com

Karena warna yang dimiliki oleh bunga celosia ini sangat beragam dan juga bervariasi. Karena itulah tumbuhan ini banyak dimanfaatkan untuk dijadikan latar tempat berfoto yang bagus.

Oleh karena itu banyak yang membudidayakannya dan dijadikan tanaman, untuk melihat taman bunga celosia kita dapat mengunjungi beberapa tempat diantaranya adalah :

  1. Taman Celosia Semarang, letak taman bunga celosia ini berada di Bandungan, Semarang. Di Indonesia taman ini sangat terkenal dan juga paling difavoritkan oleh pengunjung.
  2. Taman Bunga Kukup Mentari, letak kebun ini berada di Padukuhan Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY. Lebih tepatnya letak taman ini di Pantai Kukup dan jarak yang harus kita tempuh sekitar 200 meter saja.
  3. Taman Bunga Resoinangun, letak kebun bunga celosia ini di Kabupaten Bantul. Bunga yang ditanam di kebun tersebut tidak hanya bunga celosia saja, tetapi banyak yang ditanam disana seperti bunga kertas, bunga matahari, dan masih banyak lagi
  4. Taman Bunga Asri, letaknya sama dengan taman yang sebelumnya yaitu Bantul. Lebih tepatnya berada di Tegalrejo, Srigafing, Bantul. Warna yang disuguhkan ditaman ini sangat bervariasi dan juga banyak.
  5. Taman Ramadanu, letak taman ini adalah di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Magelang. Di Taman tersebut terdapat sebuah miniatur kincir angin yang terdapat di Belanda. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri.
  6. Taman Ragil Kuning, taman tersebut terletak di wilayah Jawa Tengah. Lebih tepatnya di Desa Blagung, Kecamatan Sim, Boyolali. Di taman ini juga terdapat miniatur kincir angin yang di sekelilingnya ditumbuhi oleh bunga Celosia.
  7. Celosia Garden Aceh, letak taman ini terdapat di Desa Alue Piet, Kecamatan Panga, Aceh Jaya. Peresmian bunga ini terjadi pada Januari 2019. Namun wisatawan yang mengunjungi taman ini sangat banyak
  8. Kebun Celosia Metro, letak kebun ini berada di Rejomulyo, Metro Selatan, Kota Metro. Hiasan yang disuguhkan taman ini adalah gambar yang didalamnya terdapat bentuk hati serta bintang yang memiliki warna yang beragam.
  9. Taman Celosia Bengkulu, letak taman ini adalah di Dusun Bukit Makmur,  Desa Suban Ayam. Keonsep dari taman ini adalah Eropa. Disini hanya terdapat 3 warna bunga Celosia yaitu merah, oranye, serta kuning. Kebersihan taman ini juga sangat terjaga.

Cara Menanam dan Merawat

Cara menanam dan merawat
hiasantanamanbunga.blogspot.com

Cara menanam dan juga merawat tumbuhan ini tidaklah sulit, asal kalian melakukannya dengan sabar dan telaten pasti hasil dari tumbuhan yang kalian tanam tidak akan mengecewakan.

Untuk menanamnya yang harus kalian lakukan untuk pertama kali adalah siapkan kebun atau lahan yang bagus untuk ditanamani tumbuhan tersebut dan cukup.

Pada umumnya untuk menanam bunga ini kita menggunakan biji yang kemudian cara menanamnya langsung ke tanah. Sebelumnya tanah yang kita gunakan untuk menanam tumbuhan ini sudah di campur dengan pupuk.

Setelah itu siram benih tersebut 2 kali dalam sehari yaitu pada sore dan pagi hari. Jika benih yang kita tanam sudah mulai tumbuh, antara tanaman yang satu dengan yang lain harus diberi jarak .

Seperti yang kita ketahui hal tersebut dilakukan upaya antar tanaman tidak berebut unsur hara yang ada pada tanah dan yang didapatkan pada setiap tumbuhan cukup.

Setelah itu, rumput dan tumbuhan liar lain yang mengganggu tumbuhnya tanaman ini bersihkanlah. Karena tumbuhan tersebut akan mengambil unsur hara yang dibutuhkan tanaman tersebut.

Untuk mengetahui cara merawat tumbuhan ini yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut :

  • Usahakan lahan yang ditanami tumbuhan ini dapat mengairi lahan tersebut denan baik, serta penyinaran matahari yang cukup.
  • Siram tanaman tersebut setidaknya 1 kalai dalam sehari saat sore atau pagi hari. Untuk menyiramnya air yang digunakan jangan terlalu berlebihan atau tergenang. Hal tersebut dapat mengakibatkan akar tumbuhan tersebut membusuk.
  • Setelah itu berilah pupuk kimia ataupun organik supaya tumbuhan dapat tumbuh dengan baik serta subur. Juga bunga yang akan dihasilkan tanaman ini indah.
  • Jika terdapat daun, bunga, atau apapun yang sudah layu pangkaslah. Karena hal tersebut tumbuhan ini dapat terganggu pertumbuhannya.
  • Jika kalin ingin bunga tumbuhan ini mekar dengan cepat berilah perangsang tanaman.
  • Tanah yang digunakan untuk menanam tumbuhan ini haruslah rutin diganti supaya pH yang terdapat dalam tanah terjaga.
  • Untuk mengusir hama pada tanaman ini semprot tanaman menggunakan pestisida atau insektisida dengan takaran yang pas.
  • Menanam tumbuhan ini tidak perlu tempat yang harus bagaimana atau seperti apa, karena untuk menanamnya kita dapat melakukannya di polybag, pot, ataupun halaman rumah

Manfaat Bunga Celosia

Manfaat bunga celosia
satuharapan.com

Manfaat yang dimiliki tumbuhan ini tidak kalah banyak dengan jenis maupun warnanya. Yang sering di cari orang-orang dalam hal apapun pasti adalah manfaatnya.

Begitupun dengan tanaman ini yang dapat dimanfaatkan dalam banyak hal bahkan mengonsumsi bunganya ataupun daunnya. Karena tanaman ini menjadi kerabat dari bayam.

Oleh karena itu, manfaat tanaman ini dengan manfaat bayam hampir sama. Rasa yang dimiliki bunga ini jika sudah dimasak adalah segar dan juga manis.

Hal tersebut dapat berguna untuk kesehatan penglihatan, keputihan juga dapat berhenti, serta penyakit radang dapat dicegah.  Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat lain seperti menghentikan pendarahan.

Menghentikan pendarahan yang dimaksud disini adalah misal batuk darah, wasir, mimisan, serta muntah darah. Untuk mengonsumsinya sebagai obat yang bisa kita lakukan adalah mengoleskannya.

Sebelum di oleskan yang harus kita lakukan adalah bunga dari tumbuhan ini ditumbuk barulah di oleskan ke bagian tubuh yang sakit. Selain dengan dioleskan kita juga dapat meminumnya.

Denan cara bunga dari tumbuhan ini direbus denan air hingga mendidih, barulah kemudian diminum. Sari bunga dari tumbuhan tersebut bisa digunakan sebagai obat tradisional yang sangat alami.

Jangan pernah berfikir 2 kali untuk menggunakan obat tradisional yang bisa kalian buat sendiri, justru kita harus yakin terhadapnya. Karena obat ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh dan sangat manjur.

Leave a Comment