Fakta Bunga Melati Serta Ragam Jenis dan Manfaatnya

Bunga melati ini memiliki beberapa jenis pertumbuhan. Jenis itu antara lain adalah semak-semak atau perdu dan juga merambat. Jika pertumbuhan jenis perdu ini tumbuh dengan beraturan, berbanding terbalik dengan merambat yang tumbuh tidak beraturan.

Keluarga bunga ini adalah Oleaceae atau zaitun.

Bunga yang memiliki nama latin seperti tumbuhan lainnya, yakni Jasminum sp. Dalam bahasa inggrispun bunga ini juga memiliki nama lain yaitu Jasmine.

Bunga ini tumbuh di berbagai belahan dunia, yang memiliki spesies yang berjumlah kurang lebih 200 jenis. Daerah yang cocok untuk menanam bunga ini adalah yang memiliki suhu hangat misal Oceania dan juga Eurasia.

Selain di suhu hangat tumbuhan ini juga mampu tumbuh di wilayah yang beriklim tropis. Wangi dari bunga tumbuhan ini sangatlah khas. Itulah yang membuat orang mudah mengenalinya.

Pada musim gugur bunga ini memiliki karakteristik yang dimana bunga ini akan menggugurkan daunnya seperti halnya tumbuhan lain yang tumbuh di daerah tersebut.

Meskipun begitu, ada juga yang sepanjang tahun warna hijau dari daun itu masih tetap sama. Jenis yang memiliki kemampuan tersebut dinamakan evergreen.

Taksonomi

Taksonomi
alamendah.org

Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa bunga ini memiliki spesies sekitar kurang lebih 200 jenis. Tetapi dari genus yang sama yaitu Jaminum. Untuk mengetahui bagaimana kelengkapan klasifikasi bunga tersebut adalah sebagai berikut :

KingdomPlantae
DivisiMagnolipyta
KelasMagnoliopsida
OrdoLamiales
FamiliOleaceae
GenusJasminum

 

Jenis-jenis Bunga Melati

Jenis-jenis bunga melati
tanobat.com

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa para ahli botani telah menenemukan setidaknya ada kurang lebih 200 spesies bunga ini. Dari jumlah yang banyak itu hanya beberapa saja yang dibudidayakan.

Lebih tepatnya 9 jenis, pada umumnya 9 jenis ini banyak ditanam dan hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Kenapa hanya 9 jenis ? Karena selebihnya mereka tumbuh dengan liar.

Daerah liar tersebut adalah hutan yang kebanyakan para ahli belum tahu akan potensi sosial maupun ekonomi. 9 jenis tersebut adalah sebagai berikut :

  • Melati hutan dan gambir (Jasminum elongatum (Berg.) Willd.)
  • Melati primrose (Jasminum mensyiatau Jasminum primulinum)
  • Jasminum multiflorum (Burm.f.) Andr. (Star Jasmine, syn. J. pubescens Willd.)
  • Spanish Jasmine atau melati casablanca (Jasminum officinale), yang mempunyai ketinggian sekitar 1,5 meter.
  • Melati pot (Jasminum parkeri Dunn.)
  • Melati italia (Jasminum revolutum Sims.)
  • Melati raja (King Jasmine atau Jasminum rex)
  • Melati putih (Jasminum sambac (L.) Aiton), jenis inilah yang dikenal dengan puspa bangsa.
  • Melati australia (Jasminum simplicifolium atau Volibile), yang juga memiliki nama lain melati bintang. Jenis ini memiliki warna bunga yaitu merah dan termasuk melati hibrida.

Morfologi

Morfologi
bunganusantara.com

Bunga ini sering dijadikan tanaman hias di taman rumah, karena aromanya yang harum, . Masyarakat Indonesia banyak yang melakukan hal semacam ini. Untuk mengetahui sifat dan juga morfologi dari bunga melati ini adalah sebagai berikut :

1. Bentuk akar

Bentuk akar
thehijau.com

Jenis akar yang dimiliki oleh tanaman ini adalah tunggang. Tekstur yang dimiliki oleh akar tanaman ini adalah lentur, jadi akan sulit untuk mematahkannya. Akar tumbuhan ini juga tidak memiliki serat.

Ada juga yang memiliki akar berbuku-buku, tetapi jenis tertentu saja.

2. Bentuk batang

Bentuk batang
klikhijau.com

Bentuk batang tumbuhan ini adalah bulat. Tekstur yang dimiliki oleh batang ini adalah berkayu. Tanaman ini mampu mencapai ketinggian antara 30 cm sampai 3 meter.

Batang tumbuhan ini mempunyai beberapa cabang, yang cabang dari tumbuhan ini memiliki warna coklat.

3. Bentuk daun

Bentuk daun
doktersehat.com

Jenis bunga ini yang sering ditanam di Indonesia adalah jenis melati putih. Daun yang dimiliki oleh jenis ini adalah majemuk. Ukuran tangkai daun yang dimiliki bunga jenis ini yaitu pendek.

Pada umumnya panjangnya hanya mencapai 5 mm. Letak dari tangkai ini adalah berhadapan. Sedikit lonjong dan bulat telur adalah bentuk dari helai daun bunga ini.

Ujung dari daun ini memiliki bentuk yang runcing. Sedangkan sedikit bulat pada bagian pangkal. Untuk tepi daun sendiri dari bunga ini rata. Bentuk tulang dari daun ini adalah menyirip.

Daun bunga ini memiliki ukuran berkisar antara 5 – 10 cm x 4 – 6 cm.

4. Bentuk bunga

Bentuk bunga
indiozone.id

Seperti daunnya yang jenisnya majemuk, bunganya pun juga sama. Pada ketiak daunlah bunga ini tumbuh. Setiap pangkal dapat menumbuhkan 3 bunga. Maka dari itu bunga ini nampak padat.

Benang sari yang dimiliki bunga ini sebanyak 2 buah. Filemen dari benang sari  memiliki ukuran yang pendek. Jumlah kelopak pada setiap bunga memiliki jumlah  sekitar 4 sampai 9 buah.

Ovula yang dimiliki bunga ini berjumlah 4buah, sedangkan lokukus atau juga disebut kantong sari berjumlah 2 buah. Ukuran dari bunga melati ini sendiri sekitar 2,5 cm.

Kelopak bunga ini memiliki tekstur yang mirip dengan lembaran. Bentuk dari kelopak bunga ini mengerut. Yang juga hampir mirip dengan terompet.

Wangi Bunga Melati

Wangi bunga melati
economy.okezone.com

Wangi bunga ini sangat harum dan juga sangat khas. Karena itu banyak digunakan dan diolah menjadi produk-produk kecantikan, khususnya kulit.

Bukan itu saja, wangi bunga ini juga dapat bertahan lama, terlebih saat terkena cahaya bulan, harumya akan sangat menyengat. Karea itulah bunga ini lebih harum jika digunakan pada malam hari.

Untuk membuat olahan dari produk dari tanaman yang digunakan adalah bagian kuncup, karena kuncup memiliki aroma yang lebih daripada bunga yang sudah mekar.

Perawatan Bunga Melati

Merawat bunga melati
faunadanflora.com

Cara merawat bunga ini cukup mudah seperti bunga pada umumnya. Dan tidak memerlukan perawatan yang khusus. Karena mereka dapat tumbuh dimana saja.

Tetapi akan tumbuh denagn maksimal di daerah yang memiliki iklim tropis dan juga sub tropis. Karena daerah tersebut bersuhu hangat. Ada juga yang tumbuh di daerah yang memiliki iklim sedang, tetapi hanya jenis tetentu.

Fakta Unik Bunga Melati

Fakta unik bunga melati
indrasmansamapin.blogspot.com

Setiap makhluk pasti memiliki keunikan tersendiri. Begitupun juga dengan bunga melati ini, keunikannya adalah sebagai berikut :

1. Mitos

Mitos
indozone.id

Mitos dari bunga ini adalah karena aroma bunga ini lebih menyengat pada malam hari yang diaanggap mistis. Di Indonesia sudah sangat sering ada anggapan seperti ini.

Apalagi saat bulan sedang bersinar dengan terang. Karena itu hal ini sering disangkut pautkan dengan hal gaib. Tetapi yang sebenarnya karena kondisi pada malam hari, suhu akan mengalami penurunan.

Bunga ini akan mekar pada suhu rendah jadi bunga ini mekar pada malam hari. Jika ditelisik secara ilmiah ini tidak ada sangkut pauntnya dengan hal mistis sama sekali.

2. Puspa bangsa

Puspa bangsa
bobo.grid.id

Yang ditetapkan sebagai puspa bangsa adalah jenis melati putih. Selain itu juga sebagai Bunga Nusantara atau Bunga Nasional Indonesia. Hal ini ditetapkan pada Undang-Undang Tahun 1990.

Selain itu dalam acara adat juga bunga ini sering digunakan, seperti pemakaman, pernikahan, dan lain-lain.

3. Bukan berasal dari Indonesia

Bukan berasal dari Indonesia
tagar.id

Karena bunga ini ditetapkan sebagai Puspa Bangsa oleh negara Indonesia, terkadang ada yang menganggap bunga ini asli bunga Indonesia. Asal atau habitat asli dari bunga ini adalah India, Asia Selatan.

Bunga ini bisa sampai ke Indonesia karena adanya invasi kolonial. Yang pada saat itu invasi dilakukan di beberapa negara bagian Asia. Maka tersebarlah bunga ini sampai ke Kepulauan Melayu.

4. Melati hibrida

Melati hibrida
ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com

Di alam liar bunga ini dapat tumbuh sekitar 15 hingga 20 tahun lamanya. Bahkan jika kita menanamnya dan juga merawatnya dengan baik, bunga ini akan lebih sering menghasilkan bunga dan tumbuh lebih tinggi.

Seperti yang kita ketahui bahwa bunga ini memiliki lebih dari 200 spesies. Bahkan jenisnya semakin bertambah karena banyak yang membudidayakannya.

Warna bunga ini bukan hanya putih, warna lain dari bunga ini adalah merah muda dan juga kuning.

5. Melati racun

Melati racun
monrovia.com

Carolina Jasmine adalah salah satu jenis bunga ini yang mengandung racun didalamnya. Tetapi masih ada bagian yang bisa di manfaatkan, aitu akarnya. Akar dari tanaman ini dapat digunakan dan di olah menjadi obat penenang.

6. Buah

Buah
8villages.com

Bunga ini juga dapat menghasilkan buah loh, tetapi hanya jenis tertentu saja. Yang masih mentah buahnya bewarna hijau sedangkan yang sudah matang akan berwarna hitam.

7. Penyerbukan

Penyerbukan
dosenpertanian.com

Perkembangan dari putik dan benang sari bunga ini berbeda. Jadi untuk penyerbukan bunga ini tidak dapat melakukan sendiri. Seperti bunga lain yang memerlukan serangga untuk membantu penyerbukannya, begitupun juga dengan bunga ini.

Filosofi dan Makna

Filosofi dan makna
kuliahislam.com

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Jasmine ini di ambil dari bahasa Inggris. Selain dari Inggris, bunga ini juga memiliki nama lain dari bahasa Persia. Dari bahasa tersebut bunga ini disebut yasmin.

Nama tersebut memiliki arti tersendiri yaitu hadiah dari Tuhan. Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa Tuhan memberikan bunga ini sebagai anugrah. Maka dari situ bisa dikatakan bahwa bunga ini memiliki efek yang positif.

Karena memiliki warna yang identik yaitu putih, maka bunga ini menjadi simbol dari kesederhanaan dan juga rendah hati, karena ukuran bunganya yang juga mungil.

Selain itu bunga ini juga menjadi lambang dari kesucian dan ketulusan karena warnanya yang putih bersih. Namun, dalam kesederhanaan bunga ini terdapat keanggunan di dalamnya. Itu juga menjadi simbol dari bunga ini.

Karena bunga ini juga tidak seperti bunga pada umumnya yang memiliki warna yang beragam. Meskipun hanya berwarna putih dan memiliki ukuran yang mungil, wangi dan harum dari bunga ini tiada tara dan sangat khas.

Karena harum dan wanginya yang khas inilah bunga ini juga menjadi simbol dari rasa kasih sayang dan juga cinta. Bukan hanya di Indonesia saja yang menjadikannya simbol cinta.

Tetapi di di Amerika Serikat juga menjadikannya simbol cinta, kecantikan, maupun romansa. Selain itu di Thailand bunga ini memiliki makna yang berbeda yaitu sama sih rasa kasih sayang.

Yang memebedakannya yaitu ditujukan kepada siapa kasih sayang itu ditujukan. Di negara tersebut rasa hormat dan kasih sayang itu ditujukan kepada sang ibu. Dan juga menjadi lambang betapa luasnya kasih sayang dari seorang Ibu.

Produk Olahan dari Bunga Melati

Produk olahan dari bunga melati
parenting.orami.co.id

Selain warnanya yang menarik dan baunya yang khas, bunga ini juga memiliki banyak manfaat. Baik itu dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi bunga ini banyak dibuat olahan supaya kita mudah dalam mengonsumsinya. Olahan tersebut antara lain :

1. Teh bunga melati

Teh bunga melati
infia.co

Produk yang sangat populer dari bunga ini adalah Teh melati. Bahkan banyak yang sudah mengonsumsinya. Selain harumnya yang dapat menenangkan tetapi juga rasanya yang enak.

Yang digunakan dalam pembuatan teh ini adalah bagian daun dari tumbuhan ini.

Di luar negeri teh ini sangatlah populer. Dalam pembuatan teh ini selain daun dari melati tetapi juga teh hijau. Yang kemudian kedua bahan itu dicampur, dan setelah itu kalian bisa menikmatinya.

Jika kalian tidak ingin mengonsumsi yang sudah siap saji dan kalian ingin membuatnya sendiri, caranya cukup mudah. Bukan hanya daun, bunganya pun juga bisa dijadikan teh.

Nah dalam pembuatan sendiri ini kita menggunakan bunganya dan juga teh hijau. Lalu rebus kedua bahan tersebut, tetapi bunga melatinya hanya beberapa helai saja.

Jika kita membuat sendiri aroma dan rasa yang dihasilkan akan sedikit berbeda dengan yang sudah siap saji. Setiap kita menghirup aromanya, maka kita akan merasa rileks dan juga pikiran menjadi tenang.

2. Aromaterapi

Aromaterapi
parenting.orami.co.id

Selain dari teh kita dapat menghirup aroma dari melati ini, kita juga dapat menghirup aroma melati ini dengan aromaterapi. Karena dengan menghirup aroma melati ini kita menjadi tenang.

Jadi syaraf yang pada mulanya menegang akan mengendur sertelah menghirup aroma melati ini. Dengan begitu tidur kita akan lebih nyenyak karena tubuh kita rileks.

3. Minyak Esensial

Minyak Esensial
asmaraku.com

Biasanya yang menggunakan minyak ini adalah pengantin baru. Ekstrak bunga melatilah yang digunakan untuk pembuatan minyak ini. Mengapa pengantin baru ?

Karena sifat yang dimiliki oleh bunga ini yaitu afrodisiak. Sifat ini dipercaya oleh sebagian orang untuk meningkatkan gairah seksual. Jadi sangat cocok untuk pengantin baru.

4. Pelembab kulit

Pelembab kulit
islampos.com

Ekstrak melati selain dijadikan minyak, ekstrak ini juga di gunakan dalam pembuatan produk kecantikan karena aromanya yang menenangkan.

Pelembab kulit atau juga disebut lotion ini adalah salah satu produk yang dihasilkan dari ekstrak melati ini. Karena bunga ini juga sangat baik untuk perawatan kulit.

Bahkan jika kulit kita terbakar oleh sinar matahari, kita dapat mengatasinya dengan lotion ini. Karena beberapa orang percaya bahwa ekstrak yang dijadikan lotion ini dapat menjadikan kulit lembab dan juga kenyal.

Manfaat Bunga Melati

Manfaat bunga melati
twsflorist.co.id

Selain menjadi tanaman hias karena warna dan aromanya, bunga ini juga mempunyai manfaat di bidang kesehatan. Para peneliti sudah membuktikan manfaat bunga tersebut untuk kesehatan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mempercepat proses penyembuhan
  2. Mengobati penyakit kulit, tetapi hanya beberapa saja
  3. Mencegah stroke
  4. Mengobati diare dan juga sakit perut yang parah
  5. Mengurangi ASI yang keluar dengan berlebihan
  6. Meringankan gejala hepatitis, sirosis dan semua penyakit yang berhungan dengan hati
  7. Mengurangi stress
  8. Mengurangi depresi
  9. Meningkatkan mood
  10. Menurunkan nafsu makan
  11. Mempertajam rasa dan aroma dari minuman dan juga makanan
  12. dan masih banyak lagi.

Kandungan dalam bunga ini yang harus ketahui diantaranya adalah benzil alkohol, tanil, flavonoid, dan juga saponin. Saponin dalam bunga ini memiliki sifat antibakteri.

Karena saponin ini, di Indonesia bunga ini sering diolah menjadi obat jerawat, obat mata merah, obat pereda flu, dan juga obat bengkak yang diakibatkan oleh gigitan dari serangga.

Leave a Comment