Morfologi Bunga Bougenville Serta Manfaat dan Jenisnya

Bunga bougenville ini sudah sering kita jumpai, tetapi kebanyakan orang tidak mengetahui namanya. Karena bunga ini sangat tipis sehingga jika di lihat dari kejahuan seperti terbuat dari kertas jadi bunga ini lebih di kenal dengan bunga kertas, khususnya di Indonesia.

Bunga ini juga sangat terkenal sebagai tanaman hias dan sangat populer. Bunga ini dapat kita jumpai di pekarangan rumah, perkantoran, ditaman kota. Sebagai tanaman hias, bunga ini sangat mudah untuk di tanam dan merawatnya.

Karena itulah banyak orang lebih memilih bunga ini sebagai penghias taman maupun pekarangan rumah. Selain itu varian atau jenis dari bunga ini pun cukup banyak, jadi kita dapat memilih jenis sesuai dengan taman atau pekarangan rumah kita.

Taksonomi

Taksonomi bunga bougenville

Nama ilmiah dari bunga ini adalah bougainvillea. Dan klasifikasi ilmiah dari bunga adalah sebagai berikut :

Divisi              :           Tracheophyta

Upadivisi       :           Spermatophytina

Klad                :           Angiosperms

Klad                :           Mesangiosperms

Klad                :           Eudicots

Klad                :           Core eudicots

Ordo              :           Caryophyllales

Famili             :           Nictaginaceae

Genus            :           Bougainvillea

Morfologi Bunga Bougenville

Morfologi dari bunga bougenville

Morfologi atau karakteristik bunga ini adalah sebagai berikut :

Ukuran

Ukuran dari tanaman ini mencapai ketinggian 5 sampai 15 meter. Meskipun demikian tanaman ini sulit untuk tumbuh tegak ke atas dan lebih cenderung menjalar.

Tanaman ini sangat cocok di tanam di daerah khatulistiwa dengan wilayah beriklim tropis. Karena itu negara indonesia sangat cocok jika ditanami bunga bougenville.

Batang Tanaman

Batang dari tanaman ini bertekstur keras dan memiliki banyak percabangan. Pada bagian batang ini juga terdapat duri yang tajam, sehingga kita harus lebih hati-hati jika ingin mengambil bunga ini.

Daun Tanaman

Daun dari bunga ini berbentuk bulat telur dan lebar, tetapi ada juga yang berbentuk elips atau bujur tirus. Ujung daun bunga ini berbentuk runcing. Jenis daun dari bunga ini adalah jenis daun tunggal, yang memiliki panjang mencapai 4 sampai 10 cm dan memiliki lebar kira-kira 2 sampai 6 cm.

Tanaman ini memiliki daun yang sangat rimbun. Oleh karena itu, bunga ini sering digunakan sebagai tumbuhan pagar. Selain berfungsi sebagai tumbuhan pagar, bunga ini juga berfungsi sebagai daya tarik tersendiri karena indah dipandang.

4. Bunga

Bunga ini memiliki bentuk yang menyerupai terompet dan berukuran kecil. Bunga ini memiliki 3 kelopak yang dilapisi dengan seludang bunga.

Sering disebut bunga kertas karena memiliki tekstur seludang bunga yang sangat tipis. Yang ketipisannya ini seperti kertas, jadilah disebut bunga kertas.

Seludang Bunga

Seludang bunga ini adalah daun yang berukuran agak besar dan memiliki fungsi untuk melindungi bunga. Seludang bunga ini sering disalah artikan sebagai kelopak bunga oleh orang-orang. Karena letak seludang bunga ini adalah disekeliling bunganya.

Seludang bunga inilah yang membuat bunga bougenville ini tampak semakin indah. Seludang bunga ini memiliki warna yang beragam seperti, merah, kuning, jingga, putih dan juga ungu.

Daun Gugur

Daun bunga ini akan gugur atau rontok disaat bunganya mekar. Tetapi rontoknya daun ini tidak terlalu banyak sehingga daunnya tidak sampai habis.

Favorit

Bunga ini menjadi favorit atau populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman ini yang hidup di alam liar dapat tumbuh mencapai 5 sampai 10 meter.

Sedangkan jika tumbuh atau di tanam di pekarangan rumah atau taman tidak akan di biarkan tumbuh sampai setinggi itu. Pada umumnya akan dibiarkan tumbuh hanya sampai 1 meter saja.

Selain di jadikan tanaman hias, bunga ini juga dapat dijadikan bonsai. Bonsai dari bunga ini memiliki bunga yang tumbuh rimbun dan berukuran kecil tentunya.

Asal

Asal dari bunga bougenville

Asal dari bunga ini adalah adari Amerika Selatan. Tetapi nama bougenville ini bukan dari Amerika Selatan melainkan dari bahasa Inggris, yaitu bougainvillea. Yang diambil dari nama seorang prajurit Angkatan Laut asal Perancis, Sir Louis Antoine de Bougainville.

Filosofi

Filosofi dari bunga bougenville

Filosofi atau makna dari bunga ini sangat dalam. Karena keindahan dari bunga ini, pada umumnya sering dilambangkan sebagai tanda kasih sayang.

Sebagai tanda kasih sayang bunga ini dapat di berikan kepada orang terkasih kita seperti pasangan, orang tua, anak, guru, teman dan siapapun yang kita kasihi.

Filosofi atau makna dari bunga bougenville yang dilihat dari berbagai sisi, latar belakang serta tradisi yang berbeda-beda, adalah sebagai berikut :

1. Menurut Filosofi Jawa

Menurut filosofi Jawa

Menurut filosofi dan dasar pemikiran Suku Jawa bunga ini mempunyai sifat satrio wirang. Sifat satrio wirang menurut jawa yaitu dipercaya mendatangkan malu bagi si pemilik rumah.

Hal seperti itu sekarang hanya sebagian orang yang mempercayainya karena keindahannya mereka memilih untuk menjadikannya hiasan. Bahkan dulu dipercayai sebagai pantangan menanamnya di rumah.

Karena mereka percaya bahwa jika ditanam dirumah, maka laki-laki tidak akan betah berada di rumah. Sedangkan untuk perempuan akan sulit mendapatkan jodoh.

2. Menurut Filosofi Feng Shui

Menurut filosofi Feng Shui

Menurut filosofi Feng Shui justru berbanding terbalik dengan filosofi jawa. Bahwa tanaman akan mendatangkan malu tetapi menurut Feng Shui tanaman ini justru menjadi tanaman pembawa kebaikan bagi seluruh anggota keluarga.

Meskipun begitu pemilihan warna juga menjadi alasan tersendiri menurut Feng Shui. Pemilihan warna bunga yang akan ditanam haruslah tepat.

Misal warna merah atau ungu dari bunga ini dipercaya dapat mendatangkan harta dan kekayaan bagi si pemilik rumah. Karena warna ini melambangkan kemakmuran dalam ilmu Feng Shui.

Bukan hanya dari segi warna saja, bahkan duri cabangnyapun mempunyai arti tersendiri. Mereka percaya bahwa duri dari bunga ini  dapat menjauhkan orang-orang yang memiliki aura negatif bagi si pemilik rumah.

Baik itu tetangga atau rekan kerja yang mereka kenal dengan baik, ataupun orang yang tidak dikenal sekalipun.

Dalam ilmu Feng Shui duri yang tajam dipercaya mampu membersihkan lingkungan rumah. Disini yang di maksud membersihkan bukan seperti menyapu dan lain sebagainya, tetapi terselesaikannya permasalah pelik yang dialami oleh pemilik rumah.

Selain warna dan duri, esens dari bunga bougenville pun juga memiliki makna tersendiri. Esens ini dipercaya dapat membersihkan energi negatif di dalam rumah. Ilmu Feng Shui ini masih dipercaya dan diterapkan oleh banyak orang sampai sekarang.

3. Filosofi dari Berbagai Negara

Filosofi dari berbagai negara

Di berbagai negara bunga ini memiliki makna sebagai lambang kasih sayang. Karena keindahannya bunga ini juga di jadikan simbol keindahan. Oleh karena itu bunga ini memiliki makna yang sangat positif.

Bunga ini dijadikan penghias bangunan sebagai tanaman rambat. Bunga ini di bernagai negara juga banyak di tanam di sepanjang jalan dan taman seperti India, Australia, dan beberapa negara bagian di Amerika.

Bunga ini juga dapat dijadikan dekorasi alami yang memperindah bangunan. Bunga bougenville masih memiliki banyak makna bukan hanya sebagai lambang kasih sayang dan keindahan, tetapi juga sebagai perlindungan dan perdamaian.

Bukan hanya di Jawa yang menganggap bunga ini memiliki makna negatif, ternyata di Hawaii pun menganggap bunga ini memiliki makna yang negatif. Karena bunga ini memiliki duri yang tajam dan warna bunganya yang merah keunguan, maka bunga ini dianggap sebagai simbol kekuatan jahat.

Bunga ini disebut sebagai pua kapalo yang artinya bunga setan oleh orang-orang Hawaii. Disamping dianggap memiliki makna negatif, uniknya bunga ini sering dijadikan sebagai pelengkap dalam berbagai acara perayaan.

Bunga ini akan dijalin dan dirangkai dengan benang, serta diletakkan di dalam wadah yang sangat cantik. Umumnya digunakan dalam acara pernikahan atau dalam menyambut tamu.

4. Menurut Ekspansi Kolonial

Menurut ekspansi kolonial

 

Meskipun bunga ini adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan, tetapi bunga ini mulai dikenal luas oleh masayarakat sejak masa ekspansi kolonial bangsa Eropa.

Kenapa bisa berasal dari orang Eropa? Karena bunga ini di bawa oleh para pedagang asal Eropa ke beberapa negara seperti India, Afrika, Karibia, dan beberapa negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Bunga ini tumbuh dengan baik dan tersebar secara luas di bekas negara-negara jajahan kolonial Eropa ini.

Jenis-jenis Bunga Bougenville

Jenis-jenis bunga bougenville

Selain memiliki warna yang beragam, bunga ini juga memiki jenis yang beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis dari bunga bougenville, diantaranya:

1. Bunga Bougenville Bambino Majik

Bunga Bougenville Bambino Majik

Bunga jenis ini memiliki ciri khas yaitu warna bunganya yang tidak terlalu mencolok namun tetap terlihat cantik. Warna yang dimiliki dari bunga ini adalah gradasi antara warna ungu dan putih.

Bunga jenis ini juga menghasilkan bunga yang dapat mekar sepanjang tahun. Oleh karena itu, bunga jenis ini sangat cocok dan sesuai jika dijadikan tanaman penghias dimanapun karena tidak mengenal musim.

2. Bunga Bougenville Barbara Karst

Bunga Bougenville Barbara Karst

Bunga jenis ini adalah salah satu varian hybrid dari bunga bougenville. Bunga jenis ini merupakan gabungan dari spesies Bougainvillea peruviana dan Bougainvillea glabra.

Warna dari bunga jenis ini juga memiliki variasi dan sangat beragam, yaitu magenta, merah, serta scarlet. Bunga jenis ini juga dapat mekar sepanjang tahun.

Bunga jenis ini memiliki tekstur yang halus dan tipis. Biasanya dgunakan sebagai penghias di pagar tembok.

3. Bunga Bougenville Alexandra

Bunga Bougenville Alexandra

Bunga jenis ini memiliki warna bunga yang sangat menarik perhatian. Bunga jenis ini pun dapat menumbuhkan bunga yang begitu rimbun. Bunga jenis ini juga menggugurkan daunnya, namun hanya pada waktu tertentu saja.

4. Bunga Bougenville Coconut Ice

Bunga Bougenville Coconut Ice

Seperti namanya yaitu coconut ice, bunga jenis ini memiliki warna yang sesuai dengan namanya yaitu putih. Meskipun begitu, bunga jenis ini juga menghasilkan warna yang lain.

Bunga jenis ini juga termasuk bunga yang dapat mekar sepanjang tahun.

5. Bunga Bougenville Cherry Blossom

Bunga Bougenville Cherry Blossom

Bunga jenis ini memiliki kelopak yang berwarna merah muda dan pada bagian tertentu berwarna sedikit putih. Ada kalanya warna bunga ini juga memudar menjadi mendekati putih secara keseluruhan.

Bunga jenis ini adalah termasuk salah satu jenis bunga bougenville yang  paling populer. Seperti jenis yang lain bunga jenis ini juga dapat mekar sepanjang tahun.

6. Bunga Bougenville Baby Victoria

Bunga Bougenville Baby Victoria

Bunga jenis ini memiliki warna bunga magenta atau keunguan yang sangat mencolok. Bunga ini akan sangat cantik jika dijadikan tanaman penghias pagar tembok yang berwarna putih.

Mengapa demikian ? Karena akan terjadi perpaduan warna yang sangat kontras. Bunga jenis ini juga dapat mekar sepanjang tahun seperti jenis bunga yang sudah kita bahas di atas.

7. Bunga Bougenville Bambino Baby Lauren

Bunga Bougenville Bambino Baby Lauren

Bougenville jenis ini memiliki bunga yang warna bunganya sangat lembut, yaitu warna keunguan. Tidak seperti jenis bougenville yang lain bunga jenis ini tidak dapat mekar sepanjang tahun.

Bunga ini mekar pada musim tertentu, misalnya di akhir musim semi, awal musim panas, dan pada akhir musim gugur.

8. Bunga Bougenville Bambino Baby Allison

Bunga Bougenville Bambino Baby Allison

Bougenville jenis ini memiliki kelopak bunga yang berwarna merah muda yang sangat lembut. Karena warnya yang sangat cantik, bougenville jenis ini sangat cocok jika dijadikan tanaman dekorasi rumah.

9. Bunga Bougenville Gold Rush

Bunga Bougenville Gold Rush

Bougenville jenis ini memiliki bunga yang berwana kuning keemasan yang cerah dan mencolok. Warna bunga ini sangat sesuai dengan namanya.

Bougenville jenis ini akan sangat menawan jika dijadikan sebagai penghias taman. Karena warnanya yang sangat cerah dan mecolok akan sangat kontras dengan daun atau rerumputan yang berwarna hijau.

10. Bunga Bougenville California Gold

Bunga Bougenville California Gold

Berbeda dengan jenis sebelumnya yang memiliki warna emas cerah, jenis bougenville ini memiliki bunga yang berwarna kuning namun terlihat sejuk. Warna dari bunga ini memiliki gradasi dari warna keemasan ke jingga.

Bunga jenis ini, bunganya juga akan berguguran tetapi dalam waktu yang relatif singkat saat sedang mekar. Bunga jenis California Gold juga salah satu jenis bougenville yang sangat populer selain Cherry Blossom.

11. Bunga Bougenville Afterglow

Bunga Bougenville Afterglow

Sama dengan bougenville jenis Barbara Karst, bougenville jenis ini juga merupakan hybrid bougenville dari bunga Bougainvillea peruviana dan Bougainvillea glabra. Bougenville jenis ini juga dapat mekar sepanjang tahun.

Warna bunga dari jenis ini juga bervariasi seperti merah muda, merah, jingga, hingga koral atau merah bata. Bunga jenis ini juga sangat cantik jika ditanam di pekarangan rumah, atap rumah, ataupun dijadikan tanaman rambat di dinding.

Manfaat dari Bunga Bougenville

Manfaat dari bunga bougenville

Selain sebagai tanaman hias, bougenville juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, diantaranya :

1. Membersihkan kualitas udara,

2. Pengganti antibiotik,

3. Mengobati batuk,

4. Mengatasi masalah pencernaan,

5. Membunuh bakteri,

6. Sumber antioksidan alami,

7. Mengatur tekanan darah,

8. Menjaga keseimbangan kolesterol,

9. Mengobati resistensi insulin,

10. Mencegah peradangan lambung,

11. Menurunkan demam,

12. Meningkatkan sistem pernafasan,

13. Membantu menyembuhkan radang tenggorokan,

14. Membantu mengoptimalkan fungsi liver, dan masih banyak lagi.

Sebagai obat, bougenville ini dapat dijadikan teh bougenville untuk mempermudah kita dalam mengonsumsinya.

Leave a Comment