Bunga Lavender – Ciri, Manfaat dan Cara Menanamnya

Bunga lavender memiliki warna bunga ungu. Bunga ini masuk ke dalam genus Lavandula, dalam bahasa Inggris juga menggunakan nama tersebut.

Namun, nama yang lebih terkenal dan sering digunakan adalah Lavender. Bunga ini masuk ke dalam famili Lamiaceae. Terdapat tanaman berbunga sebanyak 47 dan spesies bunga ini adalah salah satu diantaranya.

Bunga ini banyak dijumpai dan tumbuh di beberapa negara yang salah satunya Eropa dan Afrika. Penemuan bunga ini berada di wilayah Eropa yaitu di Kepulauan Canaria, Spanyol.

Penemuan tersebut adalah penemuan untuk yang pertama kalinya. Bunga ini tidak hanya tumbuh di Eropa melainkan banyak tumbuh di daerah India bagian Tenggara, Asia Barat, Mediterania, serta bagian selatan dan utara Afrika.

Pada umumnya bunga ini sering ditanam di pekarangan rumah serta taman untuk dijadikan tanaman hiasan. Bukan hanya itu bunga ini juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan minyak esensial serta bumbu masak.

Lavandula angustifolia merupakan spesies atau jenis tumbuhan ini yang paling terkenal di penjuru dunia. Warna dari bunga ini adalah yang paling istimewa, karena dijadikan sebuah warna yang sering kita gunakan.

Kebanyakan orang menyebut warna dari bunga ini adalah lavender.

Taksonomi

Taksonomi
geosiar.com

Taksonomi atau klasifikasi bunga lavender yang harus kita ketahui untuk menentukan genus, spesies dan lain sebagainya adalah sebagai berikut :

DivisiTracheophyta
UpdivisiSpermatophytina
KladAngioperms, Mesangiosperms, Eudicots, Core eudicots, Asterids, Lamiids
FamiliLamiaceae
UpfamiliLamiaceae
GenusLavandula

 

Morfologi Bunga Lavender

Morfologi bunga lavender
belajarberkebun.com

Morfologi atau juga disebut dengan karakteristik perlu kita pelajari sekaligus kita ketahui untuk mengenali bunga tersebut.

Supaya saat dibedakan dengan bunga yang hampir sama dengan bunga ini kita tidak keliru dalam mengenalinya. Morfologi dari bunga ini yang harus diketahui adalah sebagai berikut :

1. Bentuk Akar

Bentuk Akar
indonesiahijausejati.blogspot.com

Bentuk akar dari tumbuhan ini adalah tunggang dan memiliki serat. Pertumbuhan akar ini ke tanah adalah menjalar serta memiliki ukuran panjang sekitar 1 sampai 2 meter.

Bahkan terkadang ada yang tumbuh melebihi ukuran tersebut. Akar tesebut berwarna putih kotor bahkan ada yang berwarna kecoklatan.

Akar tanaman ini tentunya memiliki fungsi yaitu pendukung atau penopang tanaman ini supaya saat hujan menerjang dengan kuat tanaman ini tidak roboh.

Akar juga memiliki fungsi seperti akar pada umumnya yaitu menyerap air serta unsur hara dalam tanah.

2. Bentuk Batang

Bentuk Batang
tokotanaman.com

Bentuk batang tanaman ini adalah ada yang lonjong serta ada pula yang bulat. Batang tanaman ini memiliki ukuran diameter 3 hingga 4 mm saja. Tetapi terkadang ada yang melebihi ukuran tersebut.

Sedangkan untuk ukuran panjang batang tanaman ini adalah sekitar 60 sampai 80 cm. Biasanya pertumbuhan batang tanaman ini adalah tegak. Cabang tumbuh dengan banyak pada batang tanaman ini yang mana cabang tersebut adalah tempat daun untuk tumbuh.

3. Bentuk Daun

Bentuk Daun
nimadesriandani.wordpress.com

Bentuk daun dari tanaman ini adalah oval. Tetai terkadang juga ada yang memiliki bentuk lonjong. Bentuk ujung dari daun tanaman ini adalah runcing.

Sedangkan bentuk tepi daun ini adalah gerigi serta halus pada permukaan daun ini. Daun ini berwarna hijau tua, namun juga ada yang berwarna hijau muda pada permukaannya.

Sedangkan memiliki warna putih pada bagian bawah dari daun tanaman ini.

4. Bentuk Bunga

Bentuk Bunga
uniqueblogofmei.com

Bentuk bunga ini adalah seperti serangkain kuntum. Jumlah dari serangkaian kuntum tersebut adalah 6 sampai 10 kuntum. Kuntum tersebut memiliki bentuk yaitu spiral.

Ukuran yang dimiliki bunga tersebut cukup kecil. Pertumbuhan bunga ini berada di batang lebih tepatnya pada percabangannya. Bunga ini biasanya berwarna biru keunguan.

Tetapi warna ungu yang paling dominan dibandingkan warna birunya. Bunga ini juga memiliki bulu-bulu yang memiliki warna putih. Bulu tersebut bertekstur lembut.

Bunga Lavender Eropa

Bunga lavender Eropa
grid.id

Bunga lavender Eropa ini tumbuh hampir di semua benua tersebut tidak terkecuali dengan Prancis. Jumlah bunga yang ada di benua tersebut berkisar 25 sampai 30 spesies.

Bunga ini sudah tumbuh di benua tersebut mulai zaman Kekaisaran Romawi Kuno. Bahkan ada yang menduga bunga ini sudah ada sebelum zaman tersebut.

Pada zaman tersebut, bunga ini memiliki nama lavare. Nama tersebut pun tidak hanya sekedar nama tetapi memiliki arti tersendiri yaitu menyegarkan.

Masyarakat pada zaman itu mempunyai kepercayaan bahwa yang dapat membersihkan jiwa serta menyegarkan pikiran adalah aroma dari bunga tersebut.

Kita dapat mengambil ekstrak bunga ini untuk mendapatkan aroma bunga yang bisa kita gunakan dimana saja. Agar kita dapat menggunakannya ekstrak tersebut dapat dijadikan sebagai obat-obatan, sabun, dan juga parfum.

Negara yang menggunakan bunga tersebut untuk dijadikan bahan baku dalam pembuatan parfum adalah Prancis. Negara tersebut adalah negara yang terkenal di seantero dunia akan pembuatan parfumnya.

The Purple Magic adalah julukan untuk tanaman ini karena memiliki keunggulan yang tidak bisa disebut sedikit.

Makna dan filosofi

Makna dan filosofi
idntimes.com

Makna yang dimiliki bunga ini sangat istimewa terutama di Eropa. Karena memiliki warna yang dianggap begitu elegan, sehingga kerajaan disana banyak yang menggunakan warna bunga tersebut.

Selain itu, di Eropa warna dari bunga ini yaitu ungu memiliki kesan yang sangat mewah. Kemewahan dan keanggunan itu dapat kita dapatkan saat kita menggunakna sesuatu yang berwarna lavender seperti halnya pakaian.

Lain halnya jika kita memberikan bunga ini sebagai hadiah atau menjadi hantaran lain lagi makna yang dimiliki yaitu keberuntungan dan juga kemurnian.

Cara menanam

Cara menanam
pertanianku.com

Cara menanam bunga ini bisa kita praktikan jika kita ingin menanamnya sendiri di taman belakang rumah, di pekarangan rumah atau di pot sekalipun. Supaya kita dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh bunga tersebut.

Berikut adalah cara untuk membudidayakan bunga tersebut, yaitu :

1.Pemilihan bibit

Pemilihan bibit
kutanam.com

Pemilihan bibit ini harus diperhatikan supaya hasil yang didapatkan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selain itu pilih bibit bunga yang belum kadaluarsa.

Mungkin ada yang belum mengetahui bahwa bunga lavender ini tidak hanya memiliki satu warna saja, melainkan memiliki warna yang beragam serta jenis yang banyak.

Di penjuru dunia bunga ini setidaknya memiliki 25 jenis. Dan warna yang beragam tersebut diantaranya adalah putih, kuning, dan juga biru termasuk ungu.

Jika kalian ingin mendapatkan bibit yang berkualitas unggul, kita bisa membeli bibt tersebut di toko khusus untuk tanaman hias.

2.Media tanam

Media tanam
haibunda.com

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga ini lumayan sederhana. Karena bahan yang akan kita gunakan untuk membuat medianya pun cukup mudah didapatkan.

Bahan tersebut adalah pasir,kompos,serta tanah yang dicampur. Perbandingan ketiga bahan yang dicampur tersebut adalah 1:1:1. Jika tidak bisa mendapatkan kompos, sekam padi dapat dijadikan sebagai penggantinya.

Media tersebut dapat kita letakkan dibeberapa tempat seperti styrofoam polybag yang memiliki lubang, ataupun pot. Styrofoam yang digunakan tidak styrofoam yang biasa, styrofoam tersebut harus memiliki tebal setidaknya 5 cm.

Styrofoam tersebut tentunya juga harus di lubangi. Pemberian lubang tersebut harus berada di bawah styrofoam tersebut.

3.Penyemaian bibit

Penyemaian bibit
kutanam.com

Penyemaian bibit ini merupakan proses yang dimana bibit tersebut dijadikan kecambah. Dalam penanaman bunga lavender langkah tersebut harus dilalui. Langkah ini adalah tahap yang paling penting dan perlu ketelatenan.

Karena banyak bahkan sering pada langkah tersebut orang-orang mengalami kegagalan dalam menanam tanaman ini. Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi lakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Pertama letakkan styrofoam yang sudah dilubangi ke dalam polybag atau pot. Styrofoam tersebut berfungsi untuk megurangi kelembaban yang berlebihan pada tanaman tersebut dengan cara menyerapnya.Karena bunga ini tidak menyukai tempat yang terlalu lembab.
  • Kemudian media yang sudah dicampur yang terdiri dari tiga bahan tadi dimasukkan ke styrofoam.
  • Lalu lubangi bagian tengah media tersebut, kemudian bibit yang sudah dipilih tadi dimasukkan ke media tersebut lalu tutup kembali.
  • Supaya pertumbuhan tanaman tersebut dapat optimal, jika menanam di dalam pot taruh satu bibit satu pot.

4.Pemindahan bibit

Pemindahan bibit
prasstyle.com

Pemindahan bibit dapat dilakukan apabila tanaman sudah menginjak usia 1 bulan, karena dalam waktu tersebut biasanya kecambah sudah tumbuh mencapai sekitar 15 cm.

Pemindahan tersebut dilakukan ke lahan yang memiliki luas yang sekiranya cukup untuk tanaman tersebut tumbuh. Dalam pemindahan inipun tidak bisa dilakukan dengan asal atau sembarang.

Sebelum kecambah tersebut dipindah haruslah disiram terlebih dahulu sekitar 1 jam sebelum pemindahan. Hal tersebut bertujuan supaya kelembabannya tetap terjaga.

Setelah itu lepaskan polybag atau pot dari tanaman tersebut dengan perlahan-lahan. Antar tanaman harus diberi jarak sekitar 30 sampai dengan 45 cm. Hal tersebut memiliki tujuan supaya sistem akar antar tanaman tidak terganggu satu sama lain.

5.Cara merawat

Cara merawat
pertanianku.com

Cara merawat tanaman bunga lavender ini memerlukan kesabaran dalam merawatnya. Karena bunga ini tidak suka dengan tanah yang terlalu lembab. Oleh karena itu, penyiraman tanaman ini harus cukup dengan yang diperlukan.

Jadi penyiramannya dilakukan tidak sesering tanaman yang lain. Karena jika berlebihan akan membuat busuk batang dan juga akarnya. Selain itu penyinaran matahri juga harus tercukupi.

Supaya pertumbuhan tanaman tersebut subur, gulma yang terdapat di sekitar tanaman harus disingkirkan. Selain itu pemberian pupuk juga sangat diperlukan khususnya pupuk organik.

Dalam setahun dapat dilakukan pemangkasan hanya satu kali saja pada tanaman khususnya daun dan juga cabang tanaman ini supaya dapat tumbuh dengan rapi.

Manfaat dari bunga lavender

Manfaat dari bunga lavender
beritagar.id

Manfaat dari bunga lavender inipun juga tak kalah banyak dari warna dan jenisnya. Yang sering digunakan ini adalah bagian minyak atau ekstrak bunganya.

Karena sudah sejak lama minyak tersebut digunakan bahkan sampai sekarang. Dan dimanfaatkan serta digunakan dalam berbagai hal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Detoks kulit

Detoks kulit bunga lavender ini terbuat dari ekstrak bunga tanaman ini. Dalam pemakaiannya dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan pelembab karena bunga ini terkenal akan khasiatnya dalam masalah kulit.

Selain dapat menyehatkan kulit, iritasi yang terjadi pada kulitpun dapat diatasi. Bukan hanya itu saja minyak ini juga berguna sebagai anti bakteri sehingga pertumbuhan bakteri dapat dicegah.

  • Mengatasi jerawat

Mengatasi jarawat, tumbuhan ini juga dapat mengatasinya dalam mencegah ataupun mengobatinya. Karena terdapat kandungan anti inflamasi pada bunga ini yang berguna dalam penyembuhan jerawat.

Selain anti inflamasi juga memiliki kandungan antiseptik yang berguna untuk mencegah bakteri tumbuh yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Cara pemakaiannya oleskan minyak tersebut ke jerawat.

  • Luka Bakar

Luka bakar ini dapat diobati dengan antiseptik dari minyak bunga ini. Antiseptik disini berguna untuk pembasmi bakteris, sedangkan anti inflamasi berguna dalam menyembukan luka dengan cepat tak terkecuali dengan luka bakar.

Bukan hanya itu saja, rasa sakit juga dapat diredakan dengan minyak dari bunga lavender ini. Cara pemakainnya cukup teteskan atau oleskan minyak tersebut ke bagian kulit yang terdapat luka bakar yang ringan tersebut.

  • Eksim

Eksim ini adalah semacam penyakit kulit yang jika kita membiarkannya akan dapat mengganggu kita dalam beraktifitas. Karena penyakit ini menimbulkan rasa gatal.

Rasa gatal dan gejala penyakit tersebut seperti ruam merah pada kulit dapat diredakan atau diobati dengan minyak bunga ini. Cara pemakaiannya pun hampir sama dengan yang sebelumnya.

Yaitu dengan mengoleskan minyak ke bagian yang yang terdapat gejala penyakit tersebut secara teratur.

  • Mengusir nyamuk

Manfaat bunga ini yang paling terkenal dan banyak diketahui oleh orang banyak adalah mampu mengusir nyamuk. Karena banyak produk yang menggunakan aroma bunga ini dalam produk mereka.

Seperti halnya obat nyamuk mau dalam bentuk oles, elektrik maupun semprot rata-rata menggunakan aroma bunga lavender. Alasan di gunakannya aroma ini karena nyamuk tidak menyukai aroma bunga lavender ini.

  • Gigitan serangga

Gigitan serangga ini juga dapat disembuhkan oleh minyak bunga lavender. Untuk orang dewasa pemakaiannya cukup seperti yang sebelumnya yaitu dioleskan atau diteteskan pada bagian tersebut.

Tetapi jika ingin digunakan pada anak kecil ataupun bayi haruslah konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

  • Otot

Otot yang tegang atau lelah dapat direlaksasi oleh minyak lavender juga. Karena minyak tersebut juga berfungsi untuk menyegarkan. Cara pemakaiannya bisa untuk dijadikan campuran saat berendam atau menjadi minyak pijat.

Dengan ukuran minyak ini sekitar 4 sampai 6 tetes dalam air yang memiliki suhu hangat. Setelah itu, kurang lebih selama 10 menit tangan atau kaki direndam dalam air tersebut.

Waktu untuk merendam tangan atau kaki tersebut dapat dilakukan pada waktu sebelum tidur atau setelah melakukan aktifitas.

  • Ketombe

Ketombe ini juga dapat diatasi dan dibasmi dengan minyak bunga levender. Cara pemakaiannya dengan keramas menggunakan minyak ini atau juga shampo lalu pijatlah di bagian kulit kepala.

  • Rambut rontok

Rambut rontok ini juga dapat diatasi selain ketombe tadi dengan minyak bunga lavender atau shampo yang megandung bunga lavender di dalamnya. Karena minyak tersebut juga berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut.

Selain itu aroma yang dimiliki bunga ini juga membuat tenang suasana atau membuat reda stress dan juga depresi. Selain itu juga insomnia pun dapat diatasi.

Cara pemakaiannya adalah sama dengan mengatasi ketombe diatas. Saat keramas pijatlah kepala kalian karena sirkulasi darah dapat menjadi cepat, maka rambut dan kulit kepala akan menjadi sehat.

  • Toner

Toner ini juga berasal dari minyak bunga lavender yang memiliki fungsi yaitu kulit wajah menjadi segar. Sudah kita ketahui bahwa bunga lavender ini sangat berguna untuk kecantikan.

Untuk membuat toner dari minyak bunga ini adalah dengan direbus dalam air sebanyak 100 ml. Setelah mendidih tiriskan rebusan tadi. Kemudian diamkan dalam beberapa jam.

Setelah dingin taruh dalam botol semprot lalu masukkan dalam lemari es. Karena akan lebih segar jika digunakan dalam keadaan dingin. Cara menggunakannya adalah dengan mengusapkannya ke wajah.

Mengusapkannya dengan kapas yang sudah disemprot toner yang sudah kita buat. Waktu pemakaian sebaiknya setelah mencuci muka pada pagi hari.

Leave a Comment