Sumber Daya Alam Kamboja yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Setiap negara memiliki sumber daya alam utamanya masing-masing yang menjadi andalan negara tersebut dalam meningkatkan perekonomian mereka. Yuk, ketahui apa saja sumber daya alam Kamboja yang menjadi andalan dari negara ini.

Sumber Daya Alam Kamboja

Kamboja adalah sebuah negara kecil yang masih terletak di wilayah Asia Tenggara. Negara ini juga sudah tergabung dengan organisasi ASEAN.

Meskipun negara ini tergolong negara yang masih kecil dan baru, namun negara ini memiliki banyak sekali sumber daya alam yang tidak kalah dengan negara lainnya. Kamboja juga memiliki banyak dataran tinggi, dataran rendah, hutan, dan juga sungai yang menjadi salah satu sumber daya mereka.

Walaupun sumber daya alam Kamboja mungkin tidak sebanyak negara lainnya yang memiliki daerah yang luas, namun sumber daya mereka terbukti cukup untuk menyokong perekonomian negara ini. Berikut ini adalah beberapa sumber daya yang diandalkan oleh Kamboja:

1.     Kayu Hutan

Jika dilihat dari atas, maka akan terlihat jika sebagian besar wilayah Kamboja tertutup oleh hutan-hutan yang cukup lebat. Hutan ini biasanya terdapat di daerah dataran tinggi. Hutan-hutan yang ada di Kamboja ini menjadi salah satu sumber daya terbesar yang menjadi andalan.

Dari huan, Kamboja dapat mengekstrak kayu-kayu hutan yang berkualitas dari berbagai jenis pohon yang diminati oleh pasar internasional. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk perekonomian Kamboja sendiri.

Namun sayangnya, karena adanya eksploitasi besar-besaran yang dilakukan tanpa adanya penanaman hutan kembali. Kamboja kini mengalami banyak masalah lingkungan dan juga dapat terancam kehabisan pasokan kayu yang akan sangat fatal jika dibiarkan.

2.     Air Sungai

Sungai Mekong merupakan sebuah sungai besar Kamboja yang sangat terkenal. Sungai ini tentunya memiliki aliran air yang cukup deras dan sangat bermanfaat untuk menghidupi pembangkit listrik tenaga air atau yang biasanya disingkat menjadi PLTA.

PLTA ini merupakan salah satu sumber listrik yang paling diandalkan oleh Kamboja. Debit air Sungai Mekong yang sangat deras cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik dari para penduduk Kamboja.

3.     Pertambangan

Seperti negara-negara Asia Tenggara lainnya, Kamboja juga mengandalkan industri pertambangan sebagai salah satu industri andalan mereka.

Sumber daya alam mineral seperti emas, perak, batu bara, mangan, dan mineral lainnya menjadi salah satu komoditas utama di dalam industri ini. Bijih besi adalah salah satu mineral utama yang paling banyak ditemukan di Kamboja.

Bijih besi ini adalah jenis mineral yang paling banyak ditambang di Kamboja. Komoditas bijih besi dari Kamboja ini sudah terkenal dengan kualitasnya yang tinggi sehingga diminati oleh pasar ekspor dan juga pasar lokal.

4.     Perikanan

Selain Brunei Darussalam, Kamboja juga merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang sangat mengandalkan sumber daya perikanan yang cukup melimpah untuk menyokong perekonomian penduduknya.

Diberkati dengan sebuah sungai yang besar, maka industri perikanan di Kamboja juga tergolong berkembang dengan sangat pesat. Selain Sungai Mekong, Danau Tonle Sap juga menjadi salah satu daerah utama penghasil ikan.

Bahkan, diperkirakan jika hampir 50 persen dari jumlah tangkapan ikan yang ada di Kamboja berasal dari Danau Tonle Sap ini. Hasil tangkapan ikan yang ada di Kamboja terbukti berkualitas tinggi dan digemari oleh pasar ekspor.

Sumber daya alam Kamboja hingga saat ini masih  menjadi penyokong utama perekonomian negara kecil ini. Kebanyakan sumber daya alam yang diandalkan tidak berbeda jauh dengan sumber daya alam yang biasanya juga menjadi komoditas utama di Indonesia.

Baca Juga : letak geografis kamboja

Leave a Comment