Definisi Alat Pertanian Modern Beserta Jenis-jenis dan Manfaatnya

Indonesia adalah negara agraria yang terkenal dengan tanah pertaniannya yang begitu luas. Meski demikian, sistem pertanian di Indonesia masih terbilang kalah jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, seperti Amerika Serikat, Jepang, Cina dan masih banyak lagi. Alat pertanian modern yang digunakan di Indonesia masih berkutat di alat-alat itu saja.

Dengan berbekal tanah yang sangat subur, petani Indonesia seharusnya bisa lebih maju dan sejahtera dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini agar tidak kalah dengan negara-negara lainnya. Apa saja sih alat-alat modern yang bisa digunakan untuk bertani agar lebih efisien, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya?

Definisi Pertanian Modern

Definisi Pertanian Modern

Sebelum menginjak pada jenis-jenis peralatan bertani, maka ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu pengertian dari pertanian modern. Pertanian yang disebut modern adalah model atau pola bertani yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kinerja para petani.

Harus ada inovasi baru pada teknologi yang digunakan oleh para petani di sektor pertanian. Dengan adanya inovasi teknologi pada sektor pertanian ini, maka segala aktivitas petani akan lebih efektif dan efisien.

Teknologi memudahkan petani untuk mengusir hama, melakukan panen kemudian mengolahnya, dan berbagai aktivitas terkait bertani lainnya. Untungnya, pemerintah mulai memberikan kebijakan pada sektor ini dengan memberikan beberapa program bantuan kepada petani-petani seperti pengadaan rotavator, garu piring, membenahi aliran irigasi dan masih banyak lagi.

Manfaat Hadirnya Pertanian Modern

Manfaat Hadirnya Pertanian Modern

Lalu apa sih sebenarnya manfaat adanya pertanian modern itu sendiri? Adanya pertanian yang modern membantu untuk merealisasikan target pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara lumbung pangan terbesar di dunia.

Untuk merealisasikan target pemerintah tersebut, tidak heran jika pola pertanian modern mulai gencar dilakukan di beberapa daerah. Pemerintah mulai memberikan kebijakan, aturan dan inovasi untuk disampaikan kepada petani tradisional agar mulai beralih ke pola pertanian modern.

Apabila semua petani mulai paham dengan pola pertanian modern sebagaimana yang dilakukan oleh negara-negara maju lainnya, maka bukan tidak mungkin harapan pemerintah Indonesia akan terealisasi.

Adanya pertanian modern akan memudahkan petani dalam melakukan aktivitas bertaninya. Jika dengan menggunakan sistem pertanian tradisional petani hanya bisa melakukan produksi 2 kali dalam setahun, maka dengan sistem pertanian modern, hasil produksi bisa meningkat hingga 3 kali dalam setahun.

Harapan Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045

Harapan Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045

Kementerian Pertanian atau Kementan mempunyai harapan bahwa Indonesia bisa menjadi negara dengan lumbung pangan terbesar di dunia pada tahun 2045, atau 25 tahun yang akan datang. Untuk mewujudkan harapan ini, maka Kementan berusaha untuk memanfaatkan berbagai rawa dengan luas hingga berhektar-hektar di 6 provinsi Indonesia agar bisa digunakan sebagai lahan yang produktif.

Kementan meluncurkan program bernama “SERASI” yang merupakan singkatan dari Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani. Program SERASI ini diselenggarakan di sejumlah provinsi Indonesia seperti Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah dan Selatan.

Adanya program SERASI ini diharapkan mampu menjadi inovasi  baru bagi para petani yang merasa sulit untuk memperluas lahan sawahnya.

17 Alat Pertanian Modern (Penjelasannya Lengkap)

Setidak ada kurang lebih 17 alat pertanian modern yang bisa digunakan oleh para petani yang ingin menghasilkan panen lebih efektif dan efisien. Beberapa alat itu dibagi berdasarkan kategori fungsinya mulai dari sebelum menabur benih, menanam, memupuk dan memanen. Berikut adalah beberapa alat pertanian modern yang bisa digunakan oleh para petani :

1. Traktor

traktor

Traktor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah lahan yang digunakan untuk bertani. Fungsi dari traktor sendiri adalah untuk menarik dan juga mendorong alat pengolah tanah.

2. Rotavator

Rotavator

Rotavator merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengolah lahan sebelum ditanam oleh benih padi. Fungsi utama rotavator adalah lebih merapikan tanah, memperbaiki irigasi lahan yang akan menjadi sawah dan mengusir tanaman pengganggu.

3. Kultivator

Kultivator

Kultivator mempunyai fungsi yang hampir sama dengan rotavator. Namun alat ini lebih difungsikan untuk menghancurkan adanya tanah yang masih menggumpal dan melenyapkan gulma.

4. Bajak Subsoil

Bajak Subsoil

Bajak subsoil merupakan alat pertanian modern yang berfungsi untuk memecah bongkahan-bongkahan tanah yang sangat keras di lahan yang akan disebar benih. Bajak subsoill bisa masuk ke dalam lahan tanah petani 50 hingga 80 cm.

5. Bajak Singkal

Bajak Singkal

Sesuai dengan namanya, alat pertanian satu ini digunakan untuk membajak tanah agar petani lebih mudah menyemaikan benih-benih padi.

6. Garu Sisir

Garu Sisir

Setelah menggunakan bajak singkal, maka barulah petani bisa menggunakan alat bernama garu sisir. Alat satu ini digunakan untuk menggemburkan tanah yang basah supaya lebih mudah untuk ditanami benih padi.

7. Garu Piring

Garu Piring

 

Garu Piring bisa dibilang adalah alat yang cukup canggih karena bukan hanya bisa meratakan tanah saja, namun juga bisa menghilangkan rumput-rumput liar di lahan yang akan disemai benih. Selain itu, alat satu ini juga akan menutup benih padi yang telah disebar di atas tanah agar terlindungi.

8. NSPU-68C

NSPU-68C

NSPU-68C adalah sebuah alat yang sangat berfungsi bagi para petani untuk menyebarkan benih padi ke lahan dengan lebih cepat dan efisien.

9. SE260 2-row Bunker Harvester

SE260 2-row Bunker Harvester

Apakah Anda seorang petani kentang? Ada alat bernama SE260 2-row Bunker Harvester yang juga berfungsi sama dengan NSPU-68C. Alat satu ini bisa membantu para petani kentang untuk menanam kentang dengan lebih cepat.

10. BW2BJG-4

BW2BJG-4

Jika Anda ingin menanam jagung, maka tenang saja, ada pula alat yang akan membantu petani jagung menyebarkan benih jagung hingga kedalaman tertentu dengan mesin bernama BW2BJG-4.

11. Plastic Mulch Layer

Plastic Mulch Layer

Plastic Mulch Layer adalah alat yang memudahkan para petani untuk meletakkan mulsa plastik dan mengubur tepinya hingga panjang 1 – 1,5 meter.

12. Shohor SE-20F

Shohor SE-20F

Shohor SE-20F adalah alat pertanian modern yang membantu petani untuk menyebarkan pupuk dengan lebih mudah dan cepat.

13. Extruder Tabung Irigasi Tetes Datar

Extruder Tabung Irigasi Tetes Datar

Extruder tabung irigasi tetes datar adalah alat yang dibekali dengan teknologi canggih sehingga memudahkan petani untuk melakukan pengairan pada sawahnya.

14. Sprinkler

Sprinkler

Sprinkler merupakan alat irigasi dengan model semprot otomatis sehingga ketika dinyalakan, alat ini akan mengairi sawah seperti air hujan.

15. Combine Harvesters

Combine Harvesters

Combine Harvesters adalah alat pertanian modern yang digunakan  untuk memotong dan memanen padi dengan otomatis sehingga memudahkan petani tradisional. Alat ini juga berfungsi untuk membersihkan adanya butiran pada jerami dan mengumpulkannya ke dalam sebuah tempat.

16. SAAM Peanut Harvester

SAAM Peanut Harvester

Jika alat sebelumnya sangat membantu untuk memanen padi, maka SAAM Peanut Harvester memudahkan para petani kacang untuk memanen hasil tanamannya. Alat ini sangat modern karena bisa mengambil langsung kacang dari dalam tanah dengan sangat mudah dan cepat.

17. Potato Harvester 4ud-1

Potato Harvester 4ud-1

Potato Harvester 4ud-1 adalah alat yang dirancang khusus untuk memudahkan petani kentang memanen hasil tanamannya. Mesin ini dibekali dengan traktor 4 roda sehingga bisa memudahkan Anda memanen dengan luas lahan hingga 2 hektar.

Selain 17 alat pertanian modern yang disebutkan, sebenarnya masih ada banyak sekali jenis-jenis alat yang dibekali dengan teknologi canggih untuk memudahkan para petani. Dengan adanya alat-alat pertanian ini, harapannya petani bisa mulai meninggalkan cara-cara tradisional dan mulai menerapkan teknologi canggih di atas.

Kegunaan dan Peranan Alat Pertanian Modern

Kegunaan dan Peranan Alat Pertanian Modern

Kehadiran peralatan modern yang dilengkapi dengan teknologi terkini di sektor pertanian setidaknya memudahkan semua proses dan kegiatan para petani sehingga lebih efisien. Namun, tidak hanya itu saja, ada beberapa kegunaan dan peranan lain dari hadirnya alat-alat pertanian ini, apa sajakah itu?

  1. Menjadi tenaga tambahan bagi wilayah yang sangat kekurangan tenaga kerja pada sektor pertanian.
  2. Menanggulangi sepinya minat kerja di bidang pertanian yang kian menurun.
  3. Kapasitas kerja para petani semakin meningkat sehingga turut mempengaruhi luas tanam dan intensitasnya.
  4. Hasil panen menjadi lebih berkualitas karena alat pertanian memudahkan proses dan kegiatan petani sehingga menghasilkan hasil panen yang bermutu.
  5. Memberikan para petani kenyamanan dan keamanan sehingga produktivitas hasil panen terus meningkat.
  6. Tenaga yang mengganti peran manusia karena bisa mengerjakan berbagai macam kegiatan di sektor pertanian yang terbilang sulit.
  7. Membantu sektor pertanian semakin tumbuh.

Banyak sekali bukan manfaat dan kegunaan dari adanya alat pertanian modern di era ini? Untuk mengupayakan visi pemerintah menjadi negara ini sebagai lumbung pangan dunia, mengapa tidak Anda manfaatkan dengan baik adanya alat-alat canggih di atas?

Leave a Comment