Manfaat Getah Pohon Pinus di Bidang Industri dan Kesehatan

Pohon pinus merupakan pohon yang cukup banyak digunakan sebagai bahan mebel dan juga bahan bangunan. Tak hanya pohonnya saja, getah pohon pinus juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Pohon pinus ini merupakan pohon yang banyak tumbuh di hutan-hutan daerah Jawa dan Sumatera. Hampir di hutan-hutan tersebut dipenuhi dengan pohon pinus yang tumbuh tinggi menjulang membentuk kanopi hutan hujan tropis.

Manfaat Getah Pohon Pinus di Bidang Industri

1. Bahan Baku Cat

Bahan Baku Cat

Manfaat pertama yang dimiliki getah pinus adalah sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan cat. Cat merupakan salah satu hal yang sangat penting dan erat kaitannya dengan bangunan. Selain itu, cat juga bisa membuat media yang dilapisinya lebih awet dan terhindar dari kerusakan.

Getah pinus merupakan bahan pembuat cat yang sangat baik karena berasal dari bahan alami, sehingga lebih aman digunakan. Selain itu, cat dari getah pinus juga menghasilkan warna yang lebih baik dan dapat melindungi besi dari karat.

2. Bahan Plastik

Bahan Plastik

Bahan kimia dalam getah pinus memang kaya manfaat untuk berbagai keperluan di bidang industri, terutama industri pembuatan plastik. Banyak plastik-plastik yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang terbuat dari getah pinus.

Getah pinus yang bersifat alami menjadikannya aman jika digunakan untuk bahan plastik dan plastik tersebut aman untuk dijadikan pembungkus makanan.

3. Bahan Perekat

Bahan Perekat

Getah pinus telah lama diketahui sebagai bahan baku pembuatan lem atau bahan perekat. Lem dari getah pinus ini sangat baik dan kuat, sehingga dua benda yang disatukan dengan lem tersebut dapat menyatu dengan kuat.

Untuk mengolah getah pohon pinus menjadi lem, biasanya pabrik akan melelehkan getah hingga menjadi bahan yang siap dicampurkan dengan bahan lainnya. Pencampuran getah dengan bahan lain ini akan menghasilkan lem dengan daya rekat yang baik.

Salah satu contoh lem dari getah pinus adalah lem kayu yang berwarna bening serta memiliki bau khas yang pekat.

4. Pelapis Ban

Pelapis Ban

Pelapis ban merupakan bahan yang berfungsi sebagai pelindung bagian luar agar ban tidak mudah bocor saat digunakan untuk berkendara di jalan raya. Salah satu bahan pembuat ban yang sangat terkenal adalah getah pohon pinus.

Getah pinus yang telah ditadah dari pohon pinus secara langsung akan diolah hingga menghasilkan bagian luar ban yang elastis dan tahan bocor.

5. Semir Sepatu

Semir Sepatu

Untuk membuat sepatu kotor menjadi lebih mengkilap seperti kondisi baru, semir sepatu merupakan solusi tepat yang bisa digunakan. Semir sepatu rata-rata berwarna hitam, menyesuaikan warna sepatu para pekerja kantor yang biasanya berwarna hitam.

Namun, tahukah Anda bahan apa yang digunakan untuk membuat semir sepatu tersebut?

Ternyata getah pinuslah yang biasa digunakan karena mampu menghasilkan warna yang baik. Tak hanya sebagai cat kayu, sebagai semir getah pinus juga mampu melindungi sepatu dari kerusakan. Dengan begitu, selain lebih mengkilap, sepatu juga jadi awet alias tahan lama.

6. Bahan Baku Tinta

Bahan Baku Tinta

Masih berkaitan dengan warna hitam, rupanya tinta juga memanfaatkan getah pinus sebagai bahan baku utamanya. Tinta merupakan suatu hal yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, mengingat segala yang kita baca di media cetak hampir seluruhnya memerlukan tinta.

Getah pinus banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku tinta karena dapat menghasilkan warna yang cerah dan tidak mudah luntur. Tinta yang terbuat dari getah pinus ini misalnya adalah tinta pada pulpen, tinta pena, tinta print, maupun tinta spidol.

7.Sabun

Sabun

Dari pewarna kita beralih ke pembersih, yakni sabun. Salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun adalah getah pohon pinus. Sabun dari getah ini dianggap lebih bersih, sehingga lebih efektif saat digunakan untuk membersihkan benda yang kotor.

Baca Juga : Ciri-ciri Pohon Pinus Merkusii Serta Klasifikasi, Akar, Batang, Daunnya

Pemanfaatan Getah Pohon Pinus di Bidang Kesehatan

Selain memiliki banyak manfaat sebagai bahan baku dalam dunia industri, getah pinus rupanya juga kaya manfaat dalam bidang kesehatan. Fakta ini didasari dari adanya penelitian mengenai kandungan yang terdapat dalam getah pohon pinus.

Setidaknya ada 4 manfaat getah pinus untuk kesehatan, di antaranya:

1. Pereda Stres

Pereda Stres

Pekerjaan yang menumpuk dan adanya pikiran-pikiran lain yang menyerang kepala sering kali menjadi penyebab tubuh lebih mudah terkena stres. Stres merupakan keadaan pikiran atau tubuh yang terlalu sering mengalami tekanan, dalam hal ini adalah tekanan pikiran.

Stres dapat menyebabkan penyakit, terutama karena kinerja metabolisme tubuh yang menjadi terganggu karena hal tersebut. Pada wanita, stres dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang mengganggu dan merusak wajah.

Untuk meredakan stres, Anda perlu membuat pikiran menjadi tenang terlebih dahulu, salah satunya adalah dengan menghirup aroma wewangian yang menenangkan. Getah pinus rupanya juga bermanfaat sebagai bahan penghasil aroma terapi.

2. Pereda Nyeri Otot

Pereda Nyeri Otot

Pekerjaan yang terlalu berat dan membutuhkan kekuatan fisik sering kali menyebabkan otot menjadi terasa nyeri. Selain aktivitas yang membutuhkan kerja fisik terlalu berat, cedera juga bisa menjadi penyebab nyeri otot.

Nyeri otot tentunya bisa mengganggu aktivitas karena tubuh terasa remuk dan nyeri yang luar biasa. Untuk mengatasi nyeri otot, Anda bisa menggunakan getah pinus yang telah diekstrak menjadi minyak oles.

Oleskan minyak getah pinus tersebut pada bagian yang terasa nyeri. Agar lebih terasa, Anda juga bisa meminta untuk dipijat menggunakan minyak tersebut pada bagian yang nyeri.

3. Mengobati Bronkitis

Mengobati Bronkitis

Saluran paru-paru yang terinfeksi banyak bakteri dapat menyebabkan peradangan yang berakibat munculnya penyakit bronkitis. Penyakit bronkitis jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyiksa diri Anda.

Gejala awal yang menandai tubuh terserang bronkitis adalah adanya batuk dan demam seperti keadaan demam biasa. Untuk itu, jika merasa demam dan batuk secara bersamaan serta tubuh yang terasa lelah, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Namun, ada cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati bronkitis, di samping obat dari dokter yang diberikan untuk menyembuhkannya. Anda bisa mencoba menghirup aroma minyak getah pinus secara teratur untuk membuat pernapasan menjadi lebih lega.

4. Sebagai Vitamin C

Sebagai Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh, karena dapat mencegah sariawan dan penyakit lain yang bisa muncul akibat kekurangan vitamin C. Bagian tubuh yang erat kaitannya dengan vitamin C ini adalah kulit.

Kulit merupakan organ yang sering kali terpapar radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit lebih cepat rusak dan timbulnya penuaan dini. Untuk menangkal radikal bebas tersebut, kulit membutuhkan zat antioksidan yang baik, seperti vitamin C pada getah pinus.

Getah pinus mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup baik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit, mengencangkan garis senyum dan kerutan di area mata, serta mencegah penuaan dini.

Berbagai manfaat yang dimiliki getah pohon pinus tersebut menggambarkan bahwa pohon pinus merupakan pohon yang kaya manfaat. Tak hanya kayunya saja yang bernilai ekonomis, rupanya getah pohonnya juga begitu luar biasa peranannya dalam berbagai bidang.

Baca Juga : Harga Kayu Pinus Per Batang, Kubik, Gelondongan, Lembar (Terbaru)

Leave a Comment