Bentang Alam Benua Eropa, Ada 11 Tempat Unik Paling Terkenal

Diapit oleh Benua Amerika dan Benua Asia, membuat Benua Eropa memiliki kultur serta keunikannya sendiri. Salah satu keunikan dalam benua tersebut ialah pada bentang alamnya. Luasnya mencapai 10,18 juta km2, membuat bentang alam Benua Eropa begitu beragam.

Benua Eropa memiliki titik tertinggi dan titik terendah sekaligus. Titik tertinggi terletak di Gunung Elbrus, gunung ini berdiri kokoh di wilayah Rusia. Sedangkan titik terendahnya, berada di Laut Kaspia.

Pembagian Wilayah Benua Eropa

Tak kalah dengan benua lain seperti Afrika, Amerika, Asia dan Australia, Benua Eropa banyak digemari kalangan wisatawan untuk berburu foto dan mengabadikan momen dengan mengunjungi keindahan alamnya.

Dengan menyumbang sekitar 6,8 persen dari luas keseluruhan bumi, menjadikan Eropa sebagai daratan terluas. Dari segi pembagian wilayah, Benua Eropa terbagi menjadi 5 wilayah besar beserta negaranya, yakni:

  • Eropa Utara

Bagian utara ini terbagi atas 5 negara, yaitu Denmark, Islandia, Norwegia, Finlandia dan Swedia.

  • Eropa Timur

Sisi timur terbagi atas 7 negara, yaitu Rusia, Belarus, Estonia, Latvia, Ukraina, Lithuania dan Moldova.

  • Eropa Selatan

Kemudian pada wilayah selatan terbagi atas 8 negara, yaitu Yunani, Italia, Spanyol, Portugal, Malta, Vatikan, San Marino serta Andorra.

  • Eropa Tengah

Bagian wilayah ini merupakan pecahan dari negara Yugoslavia dan Kosovo

Baca Juga : letak astronomis benua eropa

Bentang Alam Benua Eropa

Setelah mengetahui bagian wilayah serta negaranya, mari simak satu per satu bentang alam yang ada di Benua Eropa dengan keindahan yang tersembunyi di dalamnya.

1.     Lapland Sweden

Lapland Sweden menyuguhkan pemandangan yang tak akan terlupakan. Keindahan alam ini terletak di pendakian jalur Kungsleden. Pada musim panas, Anda akan disuguhkan dengan keindahan aurora yang membentang luas di langit Swedia.

Aurora merupakan fenomena alam yang langka yang terjadi pada musim panas dan dingin. Pada musim dingin, Anda akan ditawari dengan nyamannya rumah pohon sambil menikmati minuman dan makanan hangat. Seru, bukan?

2.     Seaside Rumania

Siapa sangka, pantai di Rumania ini tidak hanya menawarkan keindahan mata berupa bentangan laut dan pasir putih pantai, namun juga terdapat kebun anggur dan monument kuno.

Jadi, Anda bisa berwisata disini dengan mengantongi beberapa manfaat seperti memanen anggur, melirik puing-puing sejarah negara lain, sambil menikmati desiran pasir dan ombak. Untuk Anda yang hobi mengabadikan momen lewat foto maupun video, tempat ini sangat direkomendasikan dan cocok, terlebih saat matahari terbenam.

3.     Kepulauan Frisian

Apabila Anda ingin singgah sementara seperti berkemah sambil menikmati bentang alam yang indah, pulau ini cocok dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi favorit.

Hal ini karena Kepulauan Frisian merupakan daerah pasang surut yang berlumpur sebagai tempat imigrasi bagi burung-burung. Anda juga dapat bersepeda santai disini dengan dimanjakan oleh pemandangan yang menyejukkan mata. Tertarik?

4.     Lembah Hiller

Lembah Hiller yang berlokasi di Austria ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai bentang alam sekaligus tantangan. Mengapa tidak, dengan mengunjungi Lembah Hiller, Anda bisa melakukan kegiatan ekstrim seperti hiking, panjat tebing dan sepeda gunung.

Disamping itu, apabila ingin bersantai, Anda dapat menaiki kereta uap yang ditawarkan di sini. Sebaiknya Anda berkunjung pada musim panas, karena Anda dapat menikmati cerahnya langit, udara yang hangat dan tumbuhan yang terlihat menghijau yang menyejukkan mata.

Bisa dibayangkan bukan bagaimana rasanya berkeliling di lembah ini? Di lembah ini juga terdapat beberapa danau kecil yang jernih. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk berenang di danau ini.

5.     Pegunungan Tatra

Pegunungan yang terletak di Slovakia ini dijamin dapat menyegarkan mata. Panorama bentang alam ini menjadi objek wisata favorit. Di musim panas, akan terasa seru apabila melakukan pendakian.

Sedangkan pada musim dingin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mencoba bermain ski pada lereng gunung ini.

Perlu Anda ketahui, pegunungan ini sebenarnya berada di 2 wilayah. Wayah seluas 610 km² ada di Slowakia. Sedangkan sisanya yakni 175 km², ada di Polandia. Namun, untuk puncak tertingginya berada di wilayah Slowakia, dengan ketinggian hingga 2655 m.

6.     Danau Plitvice

Apabila Anda mencari tempat yang segar, sejuk nan teduh, danau ini cocok Anda jadikan list tujuan objek wisata. Danau ini terletak di selatan Kota Zagreb, Kroasia. Bahkan, danau ini dijadikan sebagai Taman Nasional Plitvice Lakes.

Danau ini juga telah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Keindahan eksotis danau ini juga diikuti dengan panorama air terjun. Sebenarnya, danau ini berasal dari 16 danau kecil yang kemudian menyatu, sehingga tampak jauh lebih luas.

Tidak cukup hanya memandang di pinggiran danau, Anda pun dapat dengan mudah mengitari danau ini dengan berjalan menyusuri jalan kayu.

7.     Taman Nasional Slovak Paradise

Di bagian Eropa Timur, ada ‘harta karun’ yang wajib Anda jelajahi. Adalah Taman Nasional di Slovakia. Disini, Anda dapat memanjakan mata sekaligus menikmati ‘surga tersembunyi’ bagi para pendaki gunung.

Wilayah ini merupakan salah satu bentang alam yang paling indah. Menapaki jalan dari kayu dan rantai menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan adrenalin Anda. Bagi Anda yang menyukai tantangan dan kegiatan outdoor, tempat ini patut Anda coba!

8.     Dataran Tinggi Hungaria

Terletak di Eropa Tenggara, dataran ini dikelilingi oleh pegunungan yang berada di 100 di atas permukaan laut. Pada musim dingin, salju yang turun menjadi lebih lebat karena mengalir dari Pegunungan Alpen dan Carpathian

9.     Danau Titise

Danau unik yang terletak di Eropa Barat, tepatnya di Jerman, seringkali dijadikan objek wisata bagi wisatawan. Tak mengherankan, danau ini dikelilingi oleh hutan Black Forest yang memanjakan mata.

Danau ini memiliki luas kurang lebih 1,3 km2. Tak kalah unik, Anda juga dapat menikmati jajanan khas daerah Titise yaitu kue black forest yang benar-benar original.

10.  Rhine Falls

Air terjun yang mengalir deras pada bulan Juli ini merupakan salah satu pesona bentang alam Eropa yang dijadikan tempat favorit berwisata.

Air terjun indah ini terletak di Schaffhausen, Swiss. Merupakan air terjun dengan lebar 150 dan tinggi 23 meter, membuat objek wisata ini terlihat megah dan menyejukkan.

11.  Keukenhof Garden

Salah satu bentang alam Benua Eropa yang penuh warna-warni ialah kebun bunga yang sangat terkenal di Belanda. Berlokasi 45 menit dari Amsterdam, kebun ini memiliki luas 32 hektar.

Pada musim semi sekitar bulan Maret hingga Mei, lebih dari 7 juta ini akan mekar merekah berwarna-warni dengan beragam jenis bunganya. Saking eloknya, bahkan tempat ini dijadikan sebagai acara festival tertentu.

Selain kesebelas bentang alam Benua Eropa di atas, masih ada banyak lagi ‘harta karun’ tersembunyi di benua tersebut. Memang, alam sangat pandai menyembunyikan surga alam bagi manusia.

Dengan mengetahui dan menikmati pesona alam di negara lain, Anda akan memperoleh pengalaman berlibur yang tidak terlupakan.

Leave a Comment