14 Manfaat Kayu Jati untuk Bangunan, Kesehatan, dan Lingkungan

Pohon jati dikenal sebagai salah satu penghasil kayu dengan kualitas terbaik. Kayu yang berasal dari pohon jati sering dijadikan sebagai bahan material terbaik untuk membangun rumah. Bukan hanya sebagai bahan material bangunan saja, masih banyak manfaat kayu jati lainnya seperti berikut ini:

Manfaat Kayu Jati Selain untuk Material Bangunan

1. Bahan Baku Material Bangunan

Bahan Baku Material Bangunan

Hingga saat ini, kayu jati masih banyak digunakan sebagai bahan baku material bangunan khususnya untuk membuat konstruksi rumah. Jika Anda berkunjung ke daerah pedesaan maka Anda akan mudah menemukan rumah-rumah yang dibangun dari kayu jati, mulai dari pondasi, dinding, hingga atap.

Rumah yang dibangun dari material kayu jati dinilai lebih awet, apalagi di daerah yang memiliki kondisi tanah tidak stabil. Namun, kini bukan hanya di daerah pedesaan saja terdapat banyak rumah yang dibangun dari kayu jati, sebab konstruksi bangunan dari kayu jati sudah menjadi trend baru.

Kayu jati kini juga banyak digunakan untuk membangun villa dan tempat wisata. Hal tersebut bukan hanya disebabkan semata-mata karena kayu jati dianggap sebagai material bangunan yang awet, namun juga karena kesan natural dan indah dari bangunan dengan material kayu, khususnya kayu jati.

Baca Juga : Karakteristik Kayu Jati Belanda Serta Kelebihan dan Kelemahannya

2. Bahan Pelapis Tangga

Bahan Pelapis Tangga

Rumah berdesain minimalis biasanya banyak yang memiliki dua lantai. Tentu saja untuk bisa naik ke lantai dua, maka Anda membutuhkan tangga. Penggunaan material kayu untuk bahan pembuat tangga akan menciptakan kesan yang lebih elegan dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Tangga yang terbuat dari kayu bukan hanya akan terlihat elegan, namun juga lebih awet sebab tidak akan berkarat seperti tangga dari besi. Kesan mewah akan semakin terasa jika Anda melapisi tangga dengan kayu jati, corak emas pada kayu jati akan membuat tangga rumah terlihat lebih indah.

3. Bahan Pembuat Parket (Lapisan Penutup Lantai)

Bahan Pembuat Parket (Lapisan Penutup Lantai)

Kayu jati juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat lapisan penutup lantai atau yang lebih dikenal dengan sebutan parket. Rumah dengan lantai yang terbuat dari parket akan bisa meningkatkan estetika interior dalam rumah tersebut, selain itu lantai rumah Anda juga tidak terasa licin.

4. Bahan Pembuat Tiang Rumah yang Estetis

Bahan Pembuat Tiang Rumah yang Estetis

Manfaat kayu jati yang berikutnya adalah sebagai bahan pembuat tiang rumah agar sebuah rumah lebih terlihat estetis. Penggunaan kayu jati sebagai penyangga rumah memang akan meningkatkan kesan elegan dan mewah pada sebuah rumah, apalagi jika tiang tersebut diberi sentuhan seni berupa ukiran.

Baca Juga : Harga Kayu Jati Balok, Lembaran, Belanda, Kelas A, Perhutani

5. Bahan untuk Membangun Gazebo

Bahan untuk Membangun Gazebo

Gazebo bisa dijadikan sebagai pemanis halaman rumah sekaligus tempat bersantai keluarga. Umumnya, gazebo terbuat dari bahan kayu, namun jenis kayu yang digunakan harus berkualitas, misal seperti kayu jati agar lebih tahan lama.

6. Bahan Pembuat Dekorasi Luar Ruangan

Bahan Pembuat Dekorasi Luar Ruangan

Salah satu keunggulan kayu jati dibanding jenis kayu lainnya adalah adanya corak emas yang membuat tampilannya semakin terlihat indah. Kayu jati juga termasuk jenis kayu yang akan bisa berubah warna setelah terkena pancaran cahaya matahari dan air hujan secara terus menerus.

Hal itulah yang membuat segala perabotan dan dekorasi berbahan dasar kayu jati itu akan berubah warna menjadi warna perak keabu-abuan.  Oleh sebab itu, dekorasi rumah yang biasanya ditempatkan di luar ruangan banyak yang dibuat dari bahan dasar kayu jati, misalnya seperti kursi taman dan ayunan.

7. Bahan Pembuat Perabotan Rumah (Mebel) yang Bernilai Tinggi

Bahan Pembuat Perabotan Rumah (Mebel) yang Bernilai Tinggi

Sifat kayu jati itu kuat namun mudah diukir, maka dari itu jenis kayu ini sering dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat furniture dan mebel bernilai tinggi. Rata-rata harga furniture dan mebel yang terbuat dari kayu jati memang dijual dengan harga tinggi, misal seperti lemari, tempat tidur, meja tamu, dll.

8. Penghias Akuarium

Penghias Akuarium

Kayu jati juga bisa dijadikan sebagai penghias akuarium sekaligus dapat menjadi media tumbuh tanaman air. Umumnya, bagian akar dari kayu jati paling sering dijadikan sebagai hiasan aquaspace, sebab bagian tersebut terlihat unik bentuknya, sehingga menimbulkan kesan natural dalam akuarium tersebut.

9. Material Pembuat Rangka Jembatan

Material Pembuat Rangka Jembatan

Manfaat kayu jati bukan hanya untuk kebutuhan konstruksi bangunan dan pembuatan furniture saja, Jenis kayu jati juga bisa dijadikan sebagai material pembuat rangka jembatan.

Saat ini memang semakin banyak jembatan yang rangkanya terbuat dari besi dan beton. Namun, kayu jati terbukti sebagai salah satu pembuat rangka jembatan yang awet, karena hingga sekarang masih ada jembatan berangka kayu jati yang masih bisa digunakan walau usianya sudah lebih dari 20 tahun.

Baca Juga : Jenis Kayu Jati Berdasarkan Kualitas & Ketahanannya (LENGKAP)

10. Bahan Pembuat Bantalan Rel Kereta

Bahan Pembuat Bantalan Rel Kereta

Pada era penjajahan Belanda, semua rel kereta menggunakan bantalan yang terbuat dari kayu jati. Hal tersebut disebabkan karena sifat kayu jati yang tahan lama dan keras. Namun, saat ini kebanyakan bantalan kereta di era modern terbuat dari beton yang memang lebih awet.

11. Bahan Pembuat Gitar

Bahan Pembuat Gitar

Kayu jati juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat gitar. Perpaduan Top Solid Sitka Spruce akan membuat tampilan gitar terlihat lebih garang sekaligus mampu menghasilkan karakter volume yang bervariasi,  mulai dari low bass, bright hingga high.

12. Bahan Baku Pembuat Kapal Laut

Bahan Baku Pembuat Kapal Laut

Pada masa penjajahan Belanda khususnya kapal-kapal VOC banyak yang dibuat dari bahan baku kayu jati. Selain kapal laut, nelayan juga ada yang membuat perahu dengan menggunakan kayu jati, sehingga perahu-perahu mereka lebih tahan lama untuk digunakan menangkap ikan di tengah laut.

13. Bahan Perapian

Bahan Perapian

Kayu jati yang kokoh memang banyak digunakan untuk bahan baku konstruksi bangunan, namun bagian ranting-rantingnya yang ukurannya tidak terlalu besar itu sering dijadikan sebagai bahan bakar perapian. Oleh sebab itu, biasanya banyak pula ranting-ranting pohon jati yang diekspor ke luar negeri.

Biasanya, ranting jati yang diekspor ke luar negeri itu masuk dalam kategori kayu bakar kelas satu. Kualitas ranting pohon jati memang sangat unggul, bahkan dulu lokomotif uap banyak yang menggunakan bahan bakar dari ranting pohon jati.

14. Bahan Pembuat Veneer Kayu

Bahan Pembuat Veneer Kayu

Veneer kayu terbuat dari lembaran kayu yang berasal dari kayu gelondongan. Umumnya, veneer kayu itu diperoleh dari proses pengupasan jenis kayu berkualitas unggul salah satunya adalah kayu jati. Veneer kayu yang ketebalannya antara 0,24 mm – 3 mm itu sering digunakan untuk bahan finishing furniture.

Bukan hanya digunakan untuk bahan finishing furniture, veneer kayu jati juga dapat digunakan sebagai bahan mentah untuk membuat kayu lapis. Selain itu, veneer kayu jati dapat juga berfungsi untuk pelapis parket bahkan juga bisa langsung diaplikasikan untuk menggantikan bahan finishing lainnya.

Manfaat kayu jati yang beraneka ragam itu otomatis juga dapat membantu peningkatan ekonomi Indonesia. Seperti diketahui bahwa salah satu sumber devisa tanah air berasal dari industri furniture termasuk berbagai macam produk furniture yang bahan bakunya berasal dari kayu jati.

Leave a Comment